Membaca bacaan sholawat Nabi seperti allahumma sholli wasallim wabarik’alaih dapat menjadi sebuah amalan baik yang dilakukan dan dimasukkan ke dalam kebiasaan sehari-hari sebagai jawaban dari shollu ‘alan nabi atau juga dengan shollu alaih yang dilakukan dalam khutbah dakwah maupun juga ceramah yang serupa.

Sebagai seorang umat muslim pastinya sudah mengetahui dan memahami bahwa bacaan sholawat sendiri menjadi salah satu bentuk pujian baik yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW yang keberadaannya sendiri sama seperti doa maupun dzikir.

Maka dari itu, perlu untuk tahu dan mengetahui apa sebenarnya arti dari sholawat ini sehingga bisa mengamalkannya dengan baik seperti yang ada berikut ini.

Allahumma Sholli Wasallim Wabari’alaih Artinya

Saat mengamalkan bacaan sholawat seperti allahumma sholli wasallim wabarik’alaih tentunya perlu untuk memahami dan mengetahui dengan baik apa sebenarnya arti di balik kalimat ini sehingga bisa mengamalkannya dengan lebih baik dan juga menyeluruh.

Pada dasarnya, arti dari kalimat tersebut yaitu “Ya Allah, berikanlah rahmat, keselamatan, dan keberkahan kepadanya (Nabi)” yang tentunya memiliki arti yang baik dan mendalam sehingga mampu untuk membawa diri merasa lebih tenang.

Oleh karena itu, bukan menjadi sebuah hal yang baru lagi bahwa membaca dan mengamalkan bacaan sholawat ini memiliki kedudukan yang sama seperti saat mengamalkan dzikir maupun berdoa kepada Allah SWT.

Allahumma Sholli Wasallim Wabarik’alaih PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Allahumma Sholli Wasallim Wabarik’alaih PNG – IfoxSoft.Com
Size : 
63 Kb
Format : 
PNG
Download :
Google Drive

Arti Allahumma Sholli Wasallim Wabarik’alaih Tulisan Arab

Bagi yang selama ini belum mengetahui bagaimana tulisan arab dan juga arti dari allahumma sholli wasallim wabarik’alaih, maka perlu untuk memperhatikan bagian satu ini yang lebih baik. Berikut ini tulisan arab dari bacaan tersebut yaitu

 اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيْهِ 

Arti dari bacaan itu yaitu: “Ya Allah, berikanlah rahmat, keselamatan, dan keberkahan kepadanya (Nabi)”. Sementara untuk bacaan yang lebih lengkap yaitu:

 اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيْهِ 

Arti yang dimiliki untuk yang lebih lengkap dan panjang yaitu: “Ya Allah, berikanlah rahmat, keselamatan, dan keberkahan kepadanya, keluarganya, dan para sahabatnya semuanya”.

Allahumma Sholli Wasallim Wabarik’alaih

Sebagai muslim pastinya sudah tahu dan paham bahwa membaca bacaan sholawat seperti dengan allahumma sholli wasallim wabarik’alaih merupakan salah satu bentuk dari sunnah yang dapat dilakukan agar mendapatkan pahala dan juga syafaat yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW kelak di akhirat nanti.

Keutamaan yang dimiliki dari membaca sholawat Nabi yaitu seperti nantinya akan mendapatkan bantuan dan juga bersama dengan Nabi saat hari kiamat datang yang tentunya menjadi keinginan dari banyak umat muslim.

Apalagi anjuran yang diberikan untuk muslim membaca dan mengamalkan sholawat Nabi ada pada surat Al-Ahzab ayat 56 yang menjadikannya sebagai sunnah yang sebaiknya dijalankan.

Allahumma Sholli Wasallim Wabarik’alih Bahasa Arab

Berbicara mengenai sholawat Nabi seperti bacaan allahumma sholli wasallim wabarik’alaih tentunya bagi umat muslim ingin untuk bisa membacanya dengan baik dan memahami makna yang ada di balik bacaan ini sendiri.

Apalagi sebelum Nabi Muhammad SAW wafat, hal yang paling diingat yaitu mengenai ummatnya karena kecintaan dan juga perhatian yang diberikan kepada para muslim sehingga menjadi alasan semakin kuat mengapa perlu untuk bisa menyempatkan diri dalam membaca dan mengamalkan bacaan sholawat ini.

Tidak perlu khawatir karena bacaan yang diberikan mudah untuk diingat dan bisa dilihat secara lengkap pada pembahasan yang sudah diberikan di bagian sebelumnya.

Itu dia merupakan segala hal yang berkaitan dengan bacaan sholawat Nabi allahumma sholli wasallim wabarik’alaih sebagai salah satu bentuk dari sunnah yang sebaiknya diamalkan untuk umat muslim saat menjalankan kegiatan dan kehidupan sehari-hari agar semakin lancar dan dipermudah segala urusan yang ada.

Akan lebih baik jika membuat jadwal sehingga nantinya senantiasa selalu mengingat Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW dalam setiap langkah yang diambil tentunya bisa membantu untuk mendapatkan pahala yang besar serta keutamaan saat hari kiamat nanti.

Semoga pembahasan sholawat Nabi yang diberikan di atas bisa membawa manfaat dan berkah kepada semua umat muslim yang membaca penuh artikel ini.