Siapa yang suka melihat Paskibraka saat upacara? Mungkin Anda suatu saat bisa menjadi salah satu dari mereka, bukan hanya menjadi penonton saja. Walaupun memang akan terdapat seleksi yang cukup ketat, dengan niat, usaha, dan doa, Anda bisa saja menjadi salah satu dari mereka.

Nah, bagi Anda yang tertarik, yuk baca ulasan di bawah ini agar lebih paham,

Motivasi Mengikuti Paskibraka

Ada banyak motivasi dalam bergabung menjadi Paskibraka, diantaranya adalah,

  1. Dapat Melatih Sifat Kedisiplinan
  2. Bisa Lebih mengasah Jiwa Kepemimpinan seseorang
  3. Dapat Membantu Melatih Kekuatan Fisik
  4. Bisa Belajar untuk Mengatur Waktu

Lambang Lambang Paskibraka

Dalam Paskibraka sendiri diketahui ada dua lembaga, yaitu lambang Paskibraka yang digambarkan dengan dua pemuda pemudi paskibraka yang menengok arah kanan menggunakan seragam PDU.

Lambang Paskibraka PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Lambang Paskibraka PNG – IfoxSoft.Com
Size : 
196 Kb
Format : 
PNG
Download :
Google Drive

Lalu lambang kedua adalah lambang Purna Paskibraka Indonesia yang digambarkan dengan dengan adanya daun serta bunga teratai.

Arti Lambang Paskibraka

Untuk arti lambang paskibraka, berikut penjelasan lengkapnya,

1. Tiga helai dari daun teratai yang tumbuh menuju atas yang artinya adalah seorang murid paskibraka harus dapat belajar, bekerja, serta selalu berbakti.

2. Tiga helai dari daun teratai yang tumbuh mendatar atau ke samping yang artinya adalah seorang paskibra harus bisa selalu aktif, disiplin, juga dapat bergembira.

3. Untuk lebih rinci, arti dari beberapa lambang dalam paskibra tersebut adalah setiap dari anggota paskibraka pasti akan mempunyai jiwa yang diketahui pasti sangat mulia

Sementara, paskibraka sendiri juha dilambangkan sebagai bunga teratai dikarenakan mempunyai makna jika setiap anggota Paskibraka termasuk pemuda serta pemudi yang akan tumbuh atau asalnya dari orang biasa, yang kemudian semakin bermekar dan berkembang.

Kemudian terdapat mata rantai yang berarti persaudaraan yang akrab di antara sesama generasi muda atau sebagai penerus bangsa Indonesia yang berasal dari berbagai wilayah tanah air ini.

Lihat juga : Logo Paskibraka PNG

Visi Dan Misi Menjadi Seorang Paskibraka

Visi dan misi paskibra ini tentunya perlu dibentuk dengan tujuan yang jelas, seperti,

  • Visi

Akan Menjadikan anggota paskibra untuk menjadi lebih disiplin, bermoral dan juga berakhlak mulia. Serta dapat memberikan banyak pengetahuan serta ilmu yang bermanfaat bagi setiap anggota dan dapat mengarahkan setiap anggota untuk terus menjadi pribadi yang lebih berkualitas dengan adanya pembelajaran dasar dari baris berbaris.

  • Misi

  1. Dapat Meningkatkan kemampuan dalam Dasar baris-berbaris
  2. Melaksanakan berbagai Tugas yang diberikan Dengan Penuh Tanggung Jawab yang besar
  3. Terus Meningkatkan beragam kreativitas serta dapat membangun sikap kepemimpinan anggota

Sejarah Tentang Paskibraka

Paskibraka sendiri diketahui pertama dilaksanakan saat Jumat, 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta, pada jam 10.00 pagi. Bendera dikibarkan dengan dua pemuda bernama Latief Hendraningrat serta Suhud.

Namun, saat 4 Januari 1946, Belanda diketahui masih ingin menguasai Negara Indonesia yang membuat Soekarno serta Hatta perlu untuk meninggalkan Jakarta menuju Yogyakarta. Kemudian ibu kota Republik Indonesia sendiri juga sempat dipindahkan ke daerah Yogyakarta.

Gagasan Paskibraka sendiri saat itu berasal dari Mayor Husein Mutahar yang saat itu disuruh oleh Presiden Soekarno untuk langsing mempersiapkan upacara kenegaraan dalam peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI saat 17 Agustus 1946 yang berlokasi di halaman Istana Presiden yang saat itu berada di Gedung Agung Yogyakarta.

Agar dapat terus menumbuhkan rasa persatuan dari bangsa, pengibaran Bendera Pusaka pun dilakukan dengan para pemuda Indonesia, menurut saran dari Mayor Mutahar.

Dikarenakan memang sedang dalam keadaan darurat Indonesia, Mayor Mutahar pun langsung menunjuk sekitar lima pemuda yang terdiri dari 3 putri serta 2 putra untuk menjadi perwakilan daerah yang ada pada di Yogyakarta untuk dapat mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

Setelah selesai menjalani sebuah misi untuk penyelamatan sang Bendera Pusaka, Mayor Mutahar pun tidak lagi menangani masalah pengibaran dari Bendera Pusaka tersebut. Lalu dia pun menjabat menjadi Direktur Jenderal Urusan Pemuda dan Pramuka pada Departemen Pendidikan serta Kebudayaan.

Presiden Soeharto kemudian kembali memanggil Mayor Mutahar untuk menangani Bendera Pusaka. Setelah itu, Paskibraka pun mulai terdiri dari tiga kelompok, ada kelompok 17 yang menjadi pengiring di depan, kelompok 8 yang menjadi pembawa bendera, serta kelompok 45 yang menjadi pengawal.

Angka itu juga menjadi simbol dari tanggal Proklamasi Indonesia. Itulah Sejarah terbentuknya paskibraka secara singkat. Untuk penjelasannya sejarah sampai arti lambang paskibraka sama seperti penjelasan sebelumnya.

Syarat Masuk Paskibraka

Beberapa syarat yang perlu diketahui jika ingin masuk paskibraka yaitu,

  1. Murid yang masih Tingkat 1 dari Sekolah Tersebut
  2. Telah Memenuhi Tinggi anggota Minimal yang ditentukan
  3. Telah Sehat Jasmani Rohani
  4. Memiliki Fisik tubuh Kuat
  5. Mengikuti Pelantikan serta Pendidikan yang sudah ditentukan
  6. Berpenampilan yang Rapi
  7. Memiliki Jiwa yang Disiplin
  8. Mempunyai Mental yang Tangguh
  9. Memiliki Solidaritas yang Tinggi sesama anggota
  10. Memiliki Jiwa Nasionalisme yang tinggi

Atribut Paskibra SMP

Terdapat banyak atribut dalam Seragam paskibraka, misalnya adalah seperti berikut,

  1. Tanda pada topi serta lambang Garuda
  2. Lambang Keanggotaan
  3. Lencana pengukuhan merah putih serta Garuda
  4. Lambang daerah asal anggota
  5. Lambang korps
  6. Nama di dada

Peraturan Baris Berbaris Paskibraka

Peraturan Baris Berbaris (PBB) sendiri diketahui bertujuan untuk dapat selalu menumbuhkan sikap jasmani anggota yang tegap juga tangkas, meningkatkan rasa persatuan, disiplin, tangkas melakukan sesuatu, menumbuhkan sifat disiplin, loyalitas yang semakin tinggi, kebersamaan serta rasa tanggung jawab yang besar, sehingga dapat senantiasa untuk mengutamakan kepentingan tugas di atas berbagai kepentingan individu yang dimiliki.

Harga Baju Pdu Paskibraka

Harga baju pdu paskibraka sendiri berbeda-beda, tapi biasanya untuk harga baju pdu paskibra dengan atribut adalah sekitar Rp400.000, sedangkan baju pdu setelan untuk paskibra pria serta wanita adalah sekitar Rp600.000

Motivasi Menjadi Paskibraka

Untuk motivasi, sama dengan apa yang sudah dijelaskan di awal.

Tahapan Seleksi Paskibraka Nasional

  1. Terdapat Tes Seleksi Parade
  2. Melakukan Tes Peraturan Baris Berbaris atau PBB
  3. Tes Psikotest
  4. Tes Samapta atau Kemampuan dari fisik Jasmani
  5. Tes kesehatan serta kebugaran tubuh
  6. Tes wawancara
  7. Seleksi kesenian daerah masing-masing
  8. Tes Pengetahuan Umum

Honor Paskibraka Nasional

Pada tahun 2021 silam diketahui setiap anggota telah memperoleh tabungan yang berasal dari Bank Mandiri dengan masing-masing anggota mendapat berjumlah 1 juta rupiah serta mendapat kartu elektronik khusus.

Sedangkan pada tahun 2019 silam, para anggota Paskibraka yang dipilih diketahui telah memperoleh tabungan besar dari Britama yang jumlahnya sekitar 241 juta Rupiah.

Sedangkan berdasarkan data dari yang ada pada tahun 2020, tiap anggota Paskibraka juga memperoleh bonus lain seperti dapat Masuk Akpol ataupun Akmil, Liburan di Dalam Negeri maupun liburan di Luar Negeri.

Kata Kata Pengukuhan Paskibraka

Tujuan dari melakukan pengukuhan paskibraka ini adalah agar dapat meresmikan keanggotaan dari semua pasukan pengibar bendera pusaka yang sebelumnya adalah seorang calon pasukan pengibar bendera pusaka untuk dapat menjadi pasukan pengibar bendera pusaka yang tepat saat Hari Ulang Tahun Kemerdekan Republik Indonesia.

Nama Tim Paskibraka

Nama tim paskibraka sendiri biasanya sudah ditentukan dan berbeda tiap tahunnya.

Setelah mengetahui penjelasan paskibraka, tahapan seleksi, sampai penjelasan arti lambang paskibraka, mungkin memang tampak cukup sulit, tapi dengan selalu berusaha dan berdoa, mimpi anda menjadi anggota paskibraka tersebut pasti bisa tercapai.