Penggunaan name tag dalam beberapa acara sangat penting. Hal ini berguna untuk membedakan panitia dengan pengunjung yang lain. Tidak hanya itu, name tag juga bisa digunakan sebagai tanda pengenal.

Biasanya pembuatan name tag ini dilakukan oleh pelajar yang baru memasuki sekolah, kuliah, ataupun tempat kerja. Ada banyak bentuk yang bisa dibuat. Nah, untuk itu ikutilah cara membuat name tag kreatif dari karton yang akan dijelaskan berikut ini.

Apa itu Name Tag?

Sebelum ke proses pembuatannya, ada baiknya mengenal apa itu name tag. Name tag sendiri adalah media yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai identitas seseorang yang mengikuti acara tertentu.

Penggunaan name tag ini berguna untuk mengenali pihak penyelenggara acara dengan orang lain. Dalam pembuatannya name tag akan disertai logo sebuah komunitas atau perusahaan. Dengan adanya name tag ini, orang akan lebih mudah untuk saling mengenal atau mengetahui dari tempat mana seseorang tersebut berasal.

Name tag sendiri bisa dibentuk berbagai macam. Bahkan ukurannya bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan.

Ukuran Kertas Name Tag

Sebelumnya, ukuran name tag bisa disesuaikan  berdasarkan kebutuhan. Namun, tahukah Anda bahwa, ada beberapa standar ukuran name tag yang bisa dipilih? Nah, kali ini akan dibahas beberapa ukuran yang sering digunakan.

Standar name tag bisa sesuai dengan ukuran KTP.  Namun, ada pula yang lebih besar. Dalam sebuah perusahaan name tag yang digunakan itu berukuran 80 mm x 53 mm dan 90 mm x 55 mm.

Background Name Tag Panitia

Membuat background name tag pada panitia harus menyesuaikan warna garis dan tulisan. Hal ini karena warna akan berpengaruh pada proses pembacaan.  Selain itu, latar dan objeknya juga harus selaras.

Selanjutnya, perhatikan jarak antar objeknya agar bisa dilihat dengan jelas. Pastikan ukuran objek dengan benar. Besar kecilnya huruf juga bisa berpengaruh pada keselarasan. Terakhir, pemilihan jenis huruf harus mudah dibaca. Dengan begitu backgroundnya akan terlihat sempurna. Salah satu cara membuat name tag kreatif dari karton harus menyelaraskan hal-hal tersebut.

Bentuk Name Tag

Ada beragam bentuk name tag yang bisa Anda buat. Namun, secara standar bentuk name tag itu persegi Panjang. Apalagi name tag ini yang biasa digunakan panitia. Ukurannya jauh lebih besar dari biasanya.

Cara Membuat Name Tag Kreatif - ifoxsoft.com

Bentuk dari name tag bisa berbeda bila disesuaikan dengan acaranya. Ada yang berbentuk bulat, oval, bunga-bunga, atau bentuk lainnya. Biasanya bentuk-bentuk name tag ini akan disesuaikan dengan keinginan dari panitianya.

Bila Anda ingin menggunakan bentuk formal, sesuaikan dengan bentuk KTP Anda. Meskipun kecil, di sana sudah banyak tertera berbagai informasi.

Cara Membuat Name Tag Kreatif Dari Karton 4 Bentuk - ifoxsoft.com

Format : PNG
Download : 
Bintang Bunga Roket Merah Lingkaran Malam

Cara Membuat Name Tag Kreatif Dari Karton

Untuk membuat name tag ini, siapkan alat dan juga bahannya.

  1. Kertas karton sesuai dengan kebutuhan.
  2. Kertas putih secukupnya.
  3. Lem untuk perekat.
  4. Gunting untuk pemotong.
  5. Alat jangka, tali ukur, dan penggaris.

Setelah itu ikutilah cara-cara pembuatannya.

1. Menyiapkan bahan karton baik yang berwarna ataupun tidak. Selanjutnya, buatlah bentuk name tag sesuai keinginan. Kali ini, akan dibuat bentuk lingkaran.

2. Alat jangka tadi untuk membuat lingkaran dengan sempurna.

3. Setelahnya, gunting atau potong karton sesuai dengan garis hingga berbentuk lingkaran.

4. Menyiapkan kertas karton putih untuk  membuat garis lingkaran.

5. Potong juga gambar pada kertas karton putih sesuai dengan bentuknya.

6. Kemudian lekatkan dua buah karton berbentuk lingkaran yang sudah dipotong dengan lem.

7. Pastikan setiap sisi dari karton putih melekat dengan karton berwarna supaya lebih rapi.

8. Selanjutnya, gunting dua karton berwarna membentuk persegi Panjang dan bentuk menjadi pita.

9. Tempelkan bentuk pita di bagian belakang kertas karton yang berbentuk lingkaran tadi dan buatlah lubang untuk memasang talinya.

10. Supaya lebih aman, name tag yang sudah Anda buat tadi harus delaminating. Tapi ingat, sebelum delaminating, tambahkan foto dan informasi diri yang diperlukan.

11. Terakhir, pasang tali kur dan name tag siap digunakan.

Di atas sudah dijelaskan tentang cara membuat name tag kreatif dari karton. Pastikan Anda membuatnya dengan rapi, pasting name tag Anda jauh lebih bagus.