Contoh catatan guru dirapot Tk kira-kira bagaimana ya contohnya? Dan seperti apa bentuknya? Apakah catatan seperti itu harus sesuai panduan? Apakah ada manfaatnya jika adanya catatan pada raport?

Ada beragam contoh catatan untuk para guru Paud maupun TK tentunya, agar dapat memudahkan pekerjaan menjadi seorang guru, tentu membuat catatan guru di raport TK itu tidak begitu mudah, harus ada berbagai panduan untuk para guru, sehingga guru dapat memberikan catatan yang sempurna, terstruktur dan rapi.

Contoh Catatan Guru Di Raport TK

Hal ini juga menjadi suatu kewajiban bagi para guru untuk membuat catatan tersendiri untuk para siswanya sehingga para guru dapat memantau perkembangan pada masing-masing siswa.

Contoh Catatan Guru Di Raport Paud

Ketika menjadi seorang guru kamu harus mengetahui terutama dalam hal membuat catatan untuk siswa terkhusus di raport Paud,  selain kamu membuat absensi, catatanpun juga perlu kamu buat seperti:

Suatu Jenis Catatan Yang Memberikan Semangat Pada Anak Paud

Dengan adanya ucapan semangat dari kamu, maka anak didik kamu akan lebih memiliki jiwa untuk bangkit dari kegagalan,  karena seorang anak biasanya itu akan lebih semangat jika mendapat suatu pujian.

Contoh:

Tetap selalu semangat yah anak didik tersayang, kamu hebat sudah berani tampil didepan kelas, jangan sedih ya, walaupun kamu tidak mendapatkan juara tapi kamu tetap menjadi juara di hati ibu.

Suatu Catatan Motivasi Yang dapat Anda Berikan pada anak Paud Kamu.

Motivasi itu harus kamu berikan pada anak didik khususnya Paud, karena usia anak Paud masih sangat dini, dan hatinya pun masih sensitif, jadi bicara dan bertindaklah dengan tutur kata yang lembut, agar anak didik  menyayangi dan dekat dengan kamu.

Contoh :

  1. Senyum kamu sangat indah,  tetap selalu tersenyum yah!
  2. Teruslah pertahankan prestasi kamu nak,  prestasi kamu luar biasa tetap selalu belajar untuk dapat menggapai masa depan kamu.
  1. Catatan Memberikan Saran Pada Anak Didik Kamu.

Dalam menunjang perkembangan anak didik dibutuhkan kesabaran yang ekstra, dan harus benar-benar menjaga hati anak didik agar tidak tersinggung jika kamu memberikan saran terhadap anak didikmu. Saran yang dapat kamu berikan itu dapat berupa penyemangat agar lebih baik lagi kedepannya.

Contoh:

Prestasi kamu menurun pada semester ini, kurangi main agar prestasi kamu naik.

Contoh Catatan Guru Di Raport TK

Dalam catatan guru di raport Tk penting untuk dicantumkan sebuah catatan, agar dapat lebih memotivasi siswa agar memiliki semangat untuk terus belajar. Contoh catatan guru di raport TK yang harus kamu ketahui antara lain:

  1. Catatan Dalam Hal Fisik Motorik

Hal ini dapat kamu lakukan dalam melakukan proses pencatatan pada siswa kamu,  dalam hal perkembangan ini anak dapat melakukan sesuatu yang berkaitan dengan fisik,motorik terbagi menjadi 2 yaitu :

1.Motorik halus, ini biasa terjadi pada anak TK dimana anak dapat melakukan sesuatu seperti menulis, menggambar, menyanyi, menjaga kesehatan pada diri anak pribadi,  dan anak dapat menyebutkan dengan jelas nama-nama dari anggota badan.

2. Motorik kasar, ini biasa dilakukan anak dalam hal berlari, menggerakkan tangannya sehingga dapat menggenggam sesuatu bahkan dapat melompat dan menendang baik itu bola ataupun lainnya.

  1. Catatan Dalam Hal Agama Dan Moral

Sebagai seorang guru kamu harus dapat memahami perkembangan dari siswa kamu, terutama dalam hal karakter seperti agama dan moral, yang penting untuk dapat ditanamkan pada setiap siswa, bagaimana caranya menghargai dan berterima kasih juga merupakan catatan moral tersendiri yang harus kamu dimiliki sebagai seorang guru.

Dalam hal agama kamu dapat mengamati siswa kamu mengenai rasa syukurnya kepada sang pencipta dan dapat bertanggungjawab.

Hal diatas adalah berbagai catatan yang harus dimiliki oleh para guru agar dapat menunjang perkembangan anak didik, baik itu catatan dalam hal motivasi, saran, semangat maupun perkembangan anak didik dari fisik motorik maupun dalam hal agama dan moral sopan santun,  yang harus ditanamkan pada usia dini.