GRC merupakan singkatan dari GlassFiber Reinforced Concrete. GRC menjadi salah satu jenis bahan bangunan yang sangat populer. GRC sering kali disebut juga sebagai beton bertulang dan banyak digunakan pada berbagai contoh rumah dengan dinding GRC.

Sebagai bahan bangunan, GRC memang merupakan bahan yang sangat populer. Biasanya bahan ini digunakan sebagai bahan penunjang. Bahan ini sering kali digunakan sebagai panel beton pada gereja, hunian rumah, bahkan sampai mall.

Alasan banyak orang memilih bahan ini karena keunggulan dan kegunaannya. Apalagi, material ini biasanya memiliki banyak motif yang dapat disesuaikan dengan keinginan penggunanya.

Apa Itu Dinding GRC

Seperti yang disebutkan sebelumnya, GRC merupakan singkatan dari Glassfiber Reinforced concrete. GRC bisa dikatakan sebagai salah satu jenis beton, namun GRC diperkuat dengan adanya serat-serat. Karena itu, GRC juga sering disebut sebagai beton bertulang.

Bahan pembentuk GRC sendiri terdiri dari akrilik, air, serat kaca, semen, polimer, dan juga campuran pasir hals. Selain itu, GRC juga dipadukan dengan serat kaca alkali yang dikenal memiliki ketahanan yang cukup tinggi.

Apa Itu Dinding GRC - ifoxsoft.com

Bahan ini sendiri juga banyak digunakan sejak tahun 1940-an. Namun, kepopulerannya sendiri bisa dibilang baru saja terjadi. Meski terlihat berat di bagian luar, GRC tergolong bahan bangunan yang ringan dibandingkan material sejenisnya.

Apa Itu Papan GRC Untuk Dinding

Papan GRC merupakan salah satu jenis GRC yang secara spesifik berbentuk seperti papan. Karena bentuknya ini, bahan GRC Board banyak diperuntukan untuk pembuatan dinding. Bahan GRC Board dipilih untuk dinding karena memiliki banyak sekali keunggulan.

GRC Board memiliki keunggulan di bobotnya yang sangat ringan. Apalagi, jika dibandingkan dengan bahan-bahan untuk dinding yang lain. Selain itu, papan ini juga cukup kuat karena dikombinasikan dengan beton dan serat fiber.

Soal ketahanan jangan ditanya, pada contoh rumah dengan dinding GRC, papan ini sudah memiliki ketahanan terhadap air maupun api. Dari segi harga, GRC board juga terbilang sangat terjangkau.

Cat yang Bagus Untuk Dinding GRC

Sebenarnya GRC sudah memiliki warna alami yang dapat disesuaikan, namun ada kalanya bahan ini juga perlu dicat. Untuk memilih cat yang bagus untuk dinding GRC, ada baiknya untuk memilih cat yang khusus.

Cat khusus yang dimaksud di sini adalah cat memang dikhususkan untuk mengecat dinding dengan bahan GRC atau gypsum. Jangan menggunakan cat kiloan atau cat biasa. Usahakan cat yang digunakan adalah cat yang water based dan cepat menyerap.

Karena pada dasarnya, material GRC memiliki daya penyerapan air yang lebih rendah. Dinding ini tidak memerlukan perlakuan yang terlalu detail.

Contoh Rumah dengan Dinding GRC

Ada banyak contoh rumah dengan dinding GRC, karena memang GRC merupakan bahan yang populer. Pda perumahan modern dengan desain minimalis, bahan GRC banyak digunakan. Bahkan pada kreasi arsitektur.

Contoh Rumah Dengan Dinding GRC - ifoxsoft.com

Misalnya, pada desain rumah dengan atap miring, rumah dengan atap trap, atau rumah dengan menggunakan setengah dinding GRC.

Berapa ketebalan GRC Untuk Partisi Dinding

Untuk ketebalan GRC sebagai partisi dinding sendiri sebenarnya menyesuaikan dengan kebutuhan pembangunan. Namun, dalam ukuran standar papan GRC sendiri memiliki ketebalan mulai dari 4 mm sampai 20 mm.

Jadi, para pengguna tinggal menyesuaikan saja ketebalan partisi sesuai dengan kebutuhan. Jika memang diperuntukan untuk partisi dinding. Maka ketebalan yang ideal adalah mulai dari 8 mm sampai dengan 15 mm. Ukuran rumah juga perlu dipertimbangkan dalam hal ini.

Harga GRC Dinding

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, harga bahan GRC sebenarnya cukup terjangkau jika dibandingkan dengan bahan sejenisnya. Berikut adalah rincian harga GRC dinding menurut ketebalannya.

  • GRC Board 3.5 mm – Rp44.000
  • GRC Board 6 mm – Rp90.000
  • GRC Board 8 mm – Rp130.000
  • GRC Board 9 mm – Rp135.000
  • GRC Board 15 mm – Rp270.000
  • GRC Board 20 mm – Rp300.000

Itulah penjelasan mengenai pengertian dan contoh rumah dengan dinding GRC. Berikut dengan rincian harganya. Bagi Anda yang ingin membangun rumah atau bangunan lain. GRC bisa menjadi alternatif material yang tepat dan terjangkau untuk Anda.