Kelinci adalah binatang lucu yang bisa dipelihara oleh siapa saja, kelinci juga binatang yang diternakan untuk beberapa tujuan. Desain ukuran kandang kelinci untuk ternak tentu saja berbeda dengan kelinci peliharaan di rumah.

Kandang Kelinci Bertingkat Untuk Peternakan Pada Umumnya Terbuat dari Bambu dan Posisinya Berada

Desain ukuran kandang kelinci ternak membutuhkan beberapa perhatian lebih, seperti tinggi dan tempat menaruhnya. Untuk kandang kelinci yang terbuat dari bambu, ukuran kandangnya haruslah simetris agar gerak kelinci di dalam kandang bisa lebih nyaman.

Dibuat dengan cara menyusun bambu dengan rapi, usahakan tidak ada celah pada susunan dan kuatkan susunan bambu dengan paku.

Pastikan juga menyediakan ventilasi sebagai siklus udara kelinci di dalam kandang. Kandang kelinci dengan bahan bambu bisa diletakan di luar ruangan, seperti di halaman belakang rumah.

Kandang Kelinci yang Baik

Pemeliharaan kandang kelinci sangat lah penting, karena kelinci adalah binatang yang cukup sensitif dengan sekitarnya. Selain desain ukuran kandang kelinci, cara pemeliharaan pada kandang juga perlu diperhatikan, hal ini menghindarkan kelinci dari stres dan penyakit.

Cara memelihara kandang kelinci yang baik adalah:

  • Tidak menaruh kandang dekat  tumpukan sampah atau selokan
  • Taruh kandang tidak terlalu jauh dari rumah agar mudah kontrol kandang dan sekitarnya
  • Taruh kandang di tanah mendatar
  • Pastikan kandang kelinci terkena sinar matahari pagi, tapi terlindungi dari terik panas matahari siang
  • Untuk menghindari stress, buat kandang sealami mungkin dengan tumbuhan hijau di sekitar kandang
  • Jaga tingkat kelembaban kandang kelinci
  • Suhu yang nyaman untuk kelinci adalah sekitar 15 – 22 derajat celcius

Desain Ukuran Kandang Kelinci

Ada beberapa desain ukuran kandang kelinci, penggunaan tipe-tipe kandang ini tergantung besar, jenis dan jumlah kelinci yang akan diternakan. Di bawah ini jenis-jenis desain kandang kelinci.

1. Kandang Galvanis

Desain Ukuran Kandang Kelinci Kandang Galvanis

Kandang ini biasa disebut dengan kandang kawat baja. Kandang galvanis ini lebih tahan lama dan tidak repot. Tapi jika kandang galvanis dibiarkan terkena air terus menerus akan mudah berkarat.

2. Kandang Bambu

Desain Ukuran Kandang Kelinci Kandang Bambu

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, kandang bambu butuh ketelitian saat membuatnya. Celah dan suhu kandang harus tetap terjaga, jangan lupa dengan sistem ventilasi kelinci.

3. Kandang Kayu

Desain Ukuran Kandang Kelinci Kandang Kayu

Kandang kayu mudah untuk diletakan di luar ruangan, sama seperti bambu jangan lupa menambah tumbuhan hijau sekitar kandang. Kandang kayu juga lebih mudah dibuat dengan berbagai jenis desain dan ukuran.

4. Kandang dengan Taman

Desain Ukuran Kandang Kelinci Kandang Umbaran Dengan Taman

Jenis kandang terakhir adalah kandang dengan konsep taman dan dedaunan hijau. Jika memiliki halaman yang luas, bisa menggunakan desain ukuran kandang kelinci jenis ini. Kandang dengan taman ini juga membuat kelinci lebih nyaman karena dapat bergerak dengan luas.

Ukuran Ideal Kandang Kelinci

Walaupun kelinci  yang dimiliki masih berukuran kecil, buatlah desain ukuran kandang kelinci yang setara dengan kelinci dewasa.

Hitungannya dua ekor kelinci ringan, buatlah kandang dengan ukuran 120 x 75 x 40 cm. Untuk kelinci berat, ukuran kandang yang disarankan adalah 180 x 75 x 50 cm.

Jangan lupa untuk membuat pintu kandang yang cukup besar, agar mempermudah kelinci keluar masuk serta tempat makan dan minum tidak memakan space yang banyak. Ukuran pintu ideal kira-kira 35 x 40 cm.

Ukuran Kandang Kelinci Buat Indukan

Untuk desain ukuran kandang kelinci indukan atau  yang sedang menyusui anakan sebaiknya berukuran panjang 60 cm , lebar 50 cm dengan tinggi kurang lebih 70 cm. Bahan untuk kandang bisa menggunakan material gabungan dari jenis-jenis kandang yang sudah disebutkan sebelumnya.

Misal mengkombinasikan dari bahan kandang galvanis, bahan kandang dari bambu, kawat ram dan bahan dari kayu.

Ukuran Kandang Kelinci Rex Indukan

Untuk desain ukuran kandang kelinci rex indukan tidak jauh berbeda dengan ukuran indukan lainnnya, yaitu panjang 60 cm , lebar 50 cm dengan tinggi kurang lebih 70 cm.

Kandang Kelinci Umbaran di Tanah

Untuk desain ukuran kandang kelinci umbaran di tanah punya beberapa kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dengan melepas kelinci di tanah, kekurangannya adalah tidak dapat membuat urin yang sudah terserap tanah dan punya potensi merusak tanaman di sekitar kandang.

Lalu dengan mencampur banyak kelinci meningkatkan perkelahian kelinci jantan dan bisa punya resiko luka yang parah.

Itulah tadi apa saja yang jenis desain ukuran kandang kelinci untuk ternak. Selalu perhatikan kondisi kelinci walaupun sudah punya kandang yang luas merawat dengan hati-hati.