Ikan merupakan salah satu objek yang sering digunakan dalam menggambar. Ikan sendiri merupakan bagian dari jenis lauk pauk dengan sumber protein yang baik bagi tubuh. Jenis ikan pun ada banyak sekali, baik yang bisa dikonsumsi maupun tidak. Ada pula gambar ikan yang mudah untuk dicontoh.

Terutama bagi anak-anak yang sedang belajar menggambar. Ikan menjadi pilihan yang tepat untuk memulai belajar menggambar. Selain sebagai objek untuk menggambar, manfaat ikan ada banyak sekali.

Ikan Sebagai Objek Gambar yang Mudah

Selain bermanfaat untuk sumber protein tubuh, ikan ternyata juga penting bagi anak-anak yang sedang dalam proses belajar menggambar. Gambar ikan yang mudah bisa menjadi langkah awal dalam belajar untuk menggambar hewan-hewan laut lainnya.

Gambar Ikan Yang Mudah v1 – IfoxSoft.Com

File Name : Cara Menggambar Ikan Hiu dengan Mudah – IfoxSoft.Com
Size :
212 Kb
Format : 
PNG
Download :
Google Drive

Gambar Ikan Yang Mudah v2 – IfoxSoft.Com

 

Download : Google Drive

Cara gambar ikan yang mudah bisa dengan membuat garis melengkung dulu berbentuk oval. Kemudian dibuat sudut pada salah satu ujung sebagai bagian ekornya. Sisanya, tinggal menambah mata, mulut ikan, dan bagian sisik maupun siripnya. Jadilah, gambar ikan yang mudah!

Gambar Ikan Yang Mudah v3 – IfoxSoft

Download : Google Drive

Cara Menggambar Ikan Hiu dengan Mudah

Selain ikan-ikan pada umumnya, gambar ikan yang mudah juga bisa menggunakan objek ikan hiu. Tidak perlu terlalu detail. Cukup memanfaatkan garis-garis saja. Terutama bila masih dalam tahap belajar menggambar untuk anak-anak. Berikut cara menggambar ikan hiu versi simpel.

Cara Menggambar Ikan Hiu dengan Mudah – IfoxSoft.Com

File Name : Cara Menggambar Ikan Hiu dengan Mudah – IfoxSoft.Com
Size : 
161 Kb
Format : 
PNG
Download :
Google Drive

  1. Pertama, buatlah gambar lingkaran. Lalu, di bagian bawah lingkaran tersebut buatlah garis lengkung memanjang. Tarik garis tersebut ke kiri. Kemudian buatlah ujung kerucut.
  2. Pada bagian kanan lingkaran, anda perlu menggambar sudut bersiku tajam.
  3. Gambarlah pola bersudut sebagai bentuk ekor ikan.
  4. Jangan lupa untuk menambahkan sirip ikan hiu dengan bentuk yang tajam dan bersudut.
  5. Berilah gambar lubang hidung beserta mata untuk ikan hiu tersebut. Jangan lupa untuk memberikan alis sebagai kesan lucu.
  6. Selanjutnya, gambar mulut ikan hiu dengan gigi-giginya yang tajam berbentuk segitiga.
  7. Kemudian, dengan bantuan garis tepi, buatlah badan ikan hiu.
  8. Untuk bagian sirip dan ekor berilah warna yang agak gelap.
  9. Jangan lupa menggambar insangnya dengan tiga garis lengkung.
  10. Hapuslah Garis-garis yang mengganggu.
  11. Nah, silakan diwarnai dan gambar jadi.

Itu dia gambar ikan yang mudah menggunakan objek ikan hiu. Gampang bukan? Anda bisa mencobanya di rumah untuk mengisi waktu luang. Teknik ini juga bisa diajarkan untuk anak-anak yang ingin belajar menggambar.

Cara yang Tepat bagi Nelayan untuk Menjaga Kelestarian Ekosistem

Mencari ikan merupakan sumber mata pencaharian bagi nelayan. Mereka bisa menghidupi keluarga dengan mencari ikan. Namun, nelayan pun harus tetap menjaga ekosistem laut supaya ikan bisa tetap hidup dengan baik tanpa mendapat imbas yang buruk.

Ada berbagai cara untuk bisa menangkap ikan. Para nelayan haruslah menggunakan cara yang ramah lingkungan supaya tidak merusak ekosistem dan habitat bagi ikan. Dengan begitu, nelayan juga diuntungkan dengan banyaknya ikan di laut serta ikan-ikan dengan kualitas baik.

Berikut cara-cara menangkap ikan yang tidak merusak ekosistem.

  1. Menggunakan alat penangkap ikan yang ramah lingkungan
  2. Ikan yang ditangkap adalah ikan yang segar serta dalam kondisi hidup
  3. Cukup menangkap ikan-ikan yang ditargetkan saja
  4. Menggunakan alat penangkap ikan yang tidak mengganggu atau merusak habitat ikan
  5. Tidak boleh menangkap ikan yang dilindungi atau yang terancam punah
  6. Ikan yang ditangkap adalah ikan yang tidak teracuni bahan-bahan kimia berbahaya

Itu dia cara-cara yang tepat untuk menangkap ikan sekaligus untuk melestarikan ekosistemnya. Menjaga alam adalah bagian dari tugas kita sebagai sesama makhluk hidup. Boleh memanfaatkan alam, tetapi juga harus merawat dan melindungi alam. dengan begitu, simbiosis mutualisme akan tetap terjaga.

Mengenal Teknik Menangkap Ikan dengan Cara yang Sederhana

Ternyata, cara menangkap ikan dengan teknik yang mudah dan sederhana sudah dikenal pada zaman purba, yaitu zaman mesolitikum. Pada zaman ini, teknologi dari perkembangan manusia sudah dikenal. Manusia purba yang hidup di zaman ini sudah tidak lagi nomaden atau berpindah-pindah tempat.

Di zaman mesolitikum, manusia sudah mengenal tempat tinggal dengan menetap di gua atau di pinggir pantai maupun daerah pinggir sungai. Mereka mulai mengenal cara menangkap ikan dan bercocok tanam. Nah, pada zaman ini pula cara menangkap ikan dengan sederhana sudah mulai dikenal dan dipelajari.

Manfaat dari Memelihara Ikan Hias

Memelihara ikan hias banyak dilakukan orang-orang sebagai hobi mereka. Namun, siapa sangka ternyata memelihara ikan hias juga memiliki manfaat bagi kesehatan anda. Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa anda peroleh bila memelihara ikan hias di rumah.

  1. Mampu menurunkan tekanan darah dan detak jantung
  2. Mampu meningkatkan kreativitas dan fokus diri
  3. Mengurangi tekanan dan stres yang dirasakan
  4. Memperbaiki kualitas tidur

Manfaat-manfaat di atas bisa anda dapatkan dengan mudah, yaitu memelihara ikan hias di rumah anda. Dengan begitu, anda bisa merasakan manfaatnya secara langsung. Ternyata, selain sebagai hobi, ikan hias juga membawa pengaruh yang baik.

Mengenal 10 Ikan yang Paling Banyak Dimakan di Dunia

Berikut ini anda akan berkenalan dengan 10 ikan yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia.

  1. Ikan Tuna
  2. Ikan Trout
  3. Ikan Herring
  4. Ikan Salmon
  5. Ikan Nila
  6. Ikan Lele
  7. Ika Sarden
  8. Ikan Alaska Pollock
  9. Ikan Cod
  10. Ikan Patin

Nah, itu dia 10 ikan yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Kalau anda paling menyukai ikan yang mana untuk anda konsumsi?

Ikan yang Baik bagi Perkembangan Otak Janin

Selain ikan yang banyak dikonsumsi, anda perlu tahu beberapa ikan yang sangat bagus bagi perkembangan otak janin dalam kandungan. Terutama bila anda sedang dalam kondisi hamil, silakan memperbanyak konsumsi ikan berikut ini.

  1. Ikan Mujair
  2. Ikan Tongkol
  3. Ikan Lele
  4. Ikan Salmon
  5. Ikan Teri
  6. Ikan Sarden

Nah, ikan-ikan di atas bisa menjadi rekomendasi yang baik bagi anda yang sedang hamil. Selain itu, ikan-ikan tersebut juga tidak sulit dicari, bahkan anda bisa menemukannya di pasar-pasar atau supermarket.

Mengenal Sistem Pernapasan pada Ikan

Setelah membahas tentang manfaat ikan, tidak ada salahnya memahami tentang cara hidup ikan. Ikan dominan bernapas menggunakan insang. Nah anda bisa melihat letak insang tersebut di bawah siripnya atau pada bagian di bawah kepalanya. Anda akan menemukan semacam celah. Nah, celah tersebut yang dinamakan insang.

Insang digunakan untuk bernapas oleh ikan. Namun, ternyata ada pula ikan yang tidak bernapas menggunakan insang. Salah satunya adalah paus.paus bernapas menggunakan paru-paru.

Jenis Ikan yang Hidup di Air Payau

Ada banyak sekali jenis ikan air payau. Ini beberapa ikan yang hidup di air payau dan bisa untuk dikonsumsi.

  1. Ikan Kakap Putih
  2. Ikan Bandeng
  3. Ikan Mujair
  4. Ikan Belanak

Nah, itu dia beberapa ikan air payau yang bisa dan baik untuk anda konsumsi. Ternyata, tidak hanya ikan laut saja yang baik kandungannya. Melainkan ikan air payau juga. Jadi, anda bisa mengonsumsi jenis air laut maupun air payau.

Itu dia beberapa hal seputar ikan. Mulai dari gambar ikan yang mudah, manfaat ikan, jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil, dan lain sebagainya. Mengulik hal-hal seputar ikan memang tidak ada habisnya. Jangan lupa untuk sering mengkonsumsi ikan!