Indonesia memiliki berbagai macam kesenian tradisional yang sangat menarik, salah satunya adalah Reog Ponorogo. Kali ini, Kami akan ajak Anda untuk mengenal kesenian yang berasal dari Jawa Timur ini.

Ciri Khas Tari Reog Ponorogo

Ciri khas dari tari Reog Ponorogo ini adalah gerakannya yang halus, cekatan dan juga terlihat lincah. Gerakan tersebut juga didukung oleh irama yang disebut ngracik.

Cara Gambar Reog Ponorogo Animasi

Jika Anda ingin tertarik untuk coba membuat gambar reog Ponorogo animasi, maka Anda bisa mencoba untuk melihat caranya di internet.

Gambar Reog Ponorogo Animasi – ifoxsoft.com

File Name : Gambar Reog Ponorogo Animasi – ifoxsoft.com
Size : 
490 Kb
Format : 
PNG
Download :
Google Drive

Cerita Reog Ponorogo Singkat

Jika Anda belum pernah menyaksikan pertunjukkan reog Ponorogo, mungkin akan bingung dengan cerita yang disampaikan dalam pertunjukkan tersebut.

Secara singkat, reog Ponorogo menceritakan kisah dari Raja Kelana Suwandana yang hendak melamar putri dari kerajaan Kediri yang bernama Putri Sanggalangut atau Dewi Ragil Kuning. Dalam perjalanan, ia dihadang oleh raja dari Kediri yang membawa pasukan burung merak dan singa.

Pertarungan inilah yang ditunjukkan dalam pertunjukkan reog Ponorogo.

Dalam Tari Reog Ponorogo Busana yang Dikenakan Penari Menyerupai

Dalam pagelaran tari Reog Ponorogo, para penari akan memakai busana yang indah. Busana tersebut dibuat menyerupai singa dan merak. Sebab, pertunjukkan Reog Ponorogo menunjukkan adegan pertarungan antara Raja Kediri yang menghalangi Raja Kelana Suwandana yang hendak menikahi putri dari kerajaan Kediri.

Tarian Reog Ponorogo Berasal dari

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tarian Reog Ponorogo berasal dari  Ponorogo

Tarian Reog Ponorogo Berasal dari Daerah

Tarian Reog Ponorogo berasal dari Ponorogo yang berada di daerah Jawa Timur.

Keunikan Tarian Reog Ponorogo

Untuk selanjutnya, Kita akan bahas apa saja keunikan dari tarian Reog Ponorogo. Point pertama yang membuatnya unik adalah sejarahnya yang sebenarnya menceritakan pertarungan antara dua buah kerajaan.

Keunikan tarian Reog Ponorogo yang berikutnya adalah gerakannya yang terbagi atas empat jenis yaitu Jathil, Bujang Ganong, Klana Sewandana dan Dasar merak. Selain gerakannya, tokoh yang ditampilkan dalam tarian ini juga merupakan salah satu faktor yang membuatnya unik.

Misalnya karakter prajurit berkuda, warok, barongan atau dadak merak, Klono Sewandana serta Bujang Ganong.

Fungsi Tarian Reog Ponorogo

Fungsi dari tarian Reog Ponorogo adalah sebagai hiburan rakyat yang umumnya ditampilkan pada acara-acara besar. Contoh acara besar yang kerap menampilkan tarian Reog Ponorogo adalah Kemerdekaan Republik Indonesia, pernikahan, Maulid Nabi sampai berbagai macam acara syukuran.

Makna Tarian Reog Ponorogo dari Jawa Timur

Makna dari tarian Reog Ponorogo adalah untuk tidak selalu menuruti kehendak orang lain, terutama jika memberikan pengaruh yang tidak baik.

Pengertian Tari Reog Ponorogo

Arti kata Reog pada Reog Ponorogo adalah Khusnul Khotimah yang diambil dari kata riyokun.

Bagaimana Cara Mengenalkan Kesenian Reog Ponorogo

Tidak bisa dipungkiri kalau menjaga kesenian tradisional di masa ini merupakan sebuah tantangan yang berat. Tapi kemajuan teknologi seperti media sosial tetap bisa dijadikan sebagai media untuk mengenalkan berbagai macam budaya tradisional Indonesia termasuk salah satunya adalah Reog Ponorogo.

Metode lain yang bisa digunakan adalah dengan membuat gambar reog Ponorogo animasi yang bisa lebih membuat banyak orang tertarik untuk mengenalnya.

Jenis Properti Tari yang Digunakan pada Tari Reog Ponorogo Adalah

Beberapa properti yang dibutuhkan dalam setiap pertunjukkan tari Reog Ponorogo adalah bulu-bulu merak yang disebut dadak merak. Ada juga kain stagen berwarna merah yang bernama stagen cinde,Udheng yang diikatpan pada bagian kepala dari penari Jathilan

Terdapat juga sabuk yang terbuat dari bahan beludru yang disebut epek timpang dan hiasan yang dikenakan di sekitar bahu penari bernama Srempang dan masih ada beberapa properti lainnya. Properti ini perlu diperhatikan secara detail ketika Anda ingin membuat gambar reog Ponorogo animasi

Ciri Gerakan Tari Reog Ponorogo.

Ciri khas dari gerakan tari Reog Ponorogo adalah cekatan dan lincah tetapi halus. Gerakan tersebut dipadukan dengan musik yang lugu atau kerap disebut mlaku.

Itulah informasi tentang tarian Reog Ponorogo yang bisa Anda kenalkan dengan cara membuat gambar reog Ponorogo animasi.