Istilah TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan tentunya tidak asing lagi bagi sebagian anak muda, apalagi siswa SMK dan STM. Umumnya, gambar teknik komputer dan jaringan digunakan sebagai salah satu jurusan yang dipelajari pada jenjang pendidikan SMK dan STM.

Jurusan ini juga termasuk salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat, karena bisa belajar tentang informasi dan teknologi terkini yang ada pada saat ini. Namun, umumnya mayoritas yang memilih jurusan TKJ adalah laki-laki.

Akan tetapi, bukan berarti wanita tidak cocok untuk jurusan ini. Akhir-akhir ini sudah banyak wanita yang tertarik untuk belajar teknologi.

Apa Itu Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan?

Teknik komputer jaringan dikenal sebagai salah satu program pembelajaran yang menggabungkan teknik elektro dan ilmu komputer. Ini berguna untuk mengembangkan sistem perangkat keras, perangkat lunak, dan  jaringan komputer.

Selain itu, gambar teknik komputer dan jaringan juga mempelajari terkait bagaimana cara instalasi PC, instalasi LAN, memperbaiki PC dan mempelajari program-program PC. Teknik komputer jaringan sudah termasuk dalam salah satu program belajar yang fokusnya pada desain dan konstruksi komputer.

Pelajaran Teknik Komputer Dan Jaringan

Ada beberapa hal yang dipelajari dalam bidang ini tidak hanya mengenai perangkat keras, perangkat lunak, serta sistem komunikasi saja. Selain itu, juga mempelajari tentang interaksi dari seluruh perangkat yang saling terhubung.

Lambang Teknik Komputer Dan Jaringan

Lambang Teknik Komputer Dan Jaringan Baru- ifoxsoft.com

File Name : Lambang Teknik Komputer Dan Jaringan Baru – ifoxsoft.com
Size : 
165 Kb
Format : 
PNG
Download :
Google Drive

Teknik gambar teknik komputer dan jaringan termasuk salah satu program keahlian jurusan yang sering ditemui pada jenjang pendidikan SMK atau STM.

Program keahlian ini berguna membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, perilaku agar kompeten dalam merakit, menginstall program, merawat, serta memperbaiki komputer serta jaringannya

Gambar Teknik Komputer Dan Jaringan

Beberapa materi yang bisa dipelajari dalam program jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan antara lain yakni:

Gambar Teknik Komputer Dan Jaringan - ifoxsoft.com

File Name : Lambang Teknik Komputer Dan Jaringan – ifoxsoft.com
Size : 
100 Kb
Format : 
PNG
Download :
Google Drive

Gambar teknik komputer dan jaringan tentunya tidak akan lepas dari materi perakitan komputer. Dalam hal ini bisa merakit komputer juga memerlukan pengetahuan dan tidak boleh asal-asalan.

Oleh sebab itu, adanya jurusan TKJ menjelaskan terkait komponen penyusun komputer, cara merakit komputer yang  baik dan benar, cara mengkonfigurasi komponen komputer, serta terakhir cara menguji hasil perakitan. Sesudah merakit, dilanjutkan dengan menginstall sistem operasi.

Dasar-dasar Teknik Komputer Dan Jaringan

Pembelajaran sistem operasi bisa berkaitan dengan pengembangan sistem operasi, arsitektur, partisi disk, instalasi sistem operasi, dan cara mengelola sistem operasi untuk digunakan.

Tulisan TKJ Keren

Teknik Komputer Jaringan (TKJ) memiliki fungsi dan tujuan utama guna mengembangkan sistem perangkat keras, perangkat lunak, serta  jaringan komputer. Selain itu TKJ juga dapat mempelajari tentang bagaimana cara instalasi PC, instalasi LAN, memperbaiki PC, dan mempelajari program-program PC lainnya.

Dari beberapa hal yang dihadapi, tentunya Anda tidak perlu cemas karena mempelajari Teknik Komputer Jaringan juga memiliki banyak manfaat yaitu:

  • Nantinya lebih peka dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini.
  • Mampu menciptakan serta mengembangkan perangkat lunak (software).
  • Mampu menciptakan serta mengembangkan perangkat keras (hardware).
  • Dapat memperbaiki perangkat komputer yang rusak secara mandiri.
  • Mampu menjadi ahli pada bidang komputer dan jaringan.
  • Peluang lapangan pekerjaan yang sangat banyak bagi seluruh lulusan TKJ.

Sejarah Teknik Komputer Dan Jaringan

Sejarah gambar teknik komputer dan jaringan dimulai sejak tahun 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat U.S Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk melakukan penelitian bagaimana  menghubungkan komputer untuk membentuk jaringan organik. Program penelitian ini terkenal sebagai ARPANET.

Sekal tahun 1970, lebih dari 10 komputer berhasil dihubungkan dan dikomunikasikan satu sama lain untuk membentuk jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson telah berhasil menyempurnakan email yang ia ciptakan setahun kemudian untuk ARPANET.

Sejak tahun 1973, jaringan komputer ARPANET telah mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Selanjutnya, telah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.

Itu saja beberapa informasi terkait gambar teknik komputer dan jaringan yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi yang sudah tersampaikan dapat membuat Anda.