Ijazah Paket C Asli

Pada beberapa bidang pekerjaan, ijazah SMA menjadi salah satu yang disyaratkan. Namun tidak semua orang memiliki ijazah SMA, bisa karena memang tidak mengikuti pendidikan formal,  tidak lulus UN, putus sekolah atau alasan lainnya.

Meskipun tidak memiliki ijazah SMA, Anda masih bisa mendapatkan ijazah Paket C dengan mengikuti program pendidikan penyetaraan.

Cara Mendapatkan Ijazah Paket C

Ijazah Paket C setara dengan ijazah SMA, bagi Anda yang tidak mengikuti proses pembelajaran formal di sekolah atau tidak lulus UN dan lainnya, maka bisa mengikuti program pendidikan penyetaraan dan mengikuti ujian kesetaraan. Tidak ada batasan usia untuk mengikuti program penyetaraan, yang mana pada tingkat SMA ini disebut Paket C.

Baik ijazah Paket C atau ijazah SMA, keduanya memiliki manfaat yang sama, yang membedakan hanyalah siapa yang menandatanganinya. Jika ijazah SMA ditandatangani oleh sekolah, ijazah Paket C ditandatangani oleh kepala dinas pendidikan di kabupaten atau kota setempat.

Perbedaan Ijazah Paket C Asli dan Palsu

Ijazah paket merupakan dokumen resmi yang membuktikan bahwa seseorang telah menyelesaikan suatu jenjang pendidikan penyetaraan, namun sayangnya ada saja orang yang menyalahgunakan hal ini. Alih-alih mengikuti semua proses pembelajaran hingga ujian Paket C, ada oknum yang mencoba cara instan dengan membuat ijazah palsu dan seakan-akan institusi resmi yang mengeluarkannya.

Tindakan pemalsuan ijazah Paket C tersebut termasuk dalam tindakan pidana yang pelakunya bisa dijatuhi hukuman sesuai dengan pasal yang berlaku tentang pemalsuan data otentik, namun tetap saja ada oknum bandel yang terus melakukan pemalsuan ijazah ini.

Ijazah Paket C Asli

Maka dari itu, Anda perlu tahu perbedaan ijazah yang asli dan palsu dengan melihat bentuk fisiknya, hal tersebut terlihat dari

  1. Ketebalan Kertas

Ijazah asli dibuat menggunakan kertas yang lebih tebal dan memiliki tekstur yang berbeda dari kertas pada umumnya. Kertas ijazah ini hanya diproduksi oleh Perum Peruri, jadi sangat tidak mungkin bisa digunakan untuk memalsukan ijazah.

  1. Hologram Permanen

Pada ijazah asli terlihat hologram permanen yang menyatu dengan kertas dan tidak mudah dilepas

  1. Nomor Seri Khusus

Nomor ini hanya diterbitkan oleh instansi pendidikan terkait, jadi kalau ada ijazah tanpa nomor seri khusus, sudah dipastikan itu palsu.

Selain dengan melihat kondisi fisiknya, Anda juga bisa mengecek keaslian ijazah tersebut secara online, melalui situs resmi dari kemendikbud. Anda coba ambil contoh ijazah Paket C 2021, kemudian masukan beberapa data pada situs tersebut, seperti NISN dan nama ibu kandung, jika memang ijazah tersebut asli, nantinya akan ditampilkan data dari NISN yang terdaftar.

Perbedaan Ijazah Paket C Asli dan Palsu

Ijazah Paket C Asli

Apakah ijazah Paket C bisa digunakan seperti ijazah SMA pada umumnya? Tentu saja bisa, selama ijazah Paket C tersebut merupakan ijazah yang asli, kegunaannya sama saja seperti ijazah SMA, Anda bisa menggunakannya untuk mendaftar pekerjaan ataupun melanjutkan pendidikan di jenjang perkuliahan.

Hanya saja, tidak semua perusahaan dan instansi pendidikan menerima ijazah Paket C sebagai salah satu persyaratannya.

Hampir semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta bisa menerima ijazah Paket C, namun untuk PTN Anda hanya bisa mendaftar melalui jalur SBMPTN dan jalur mandiri saja. Jadi Anda hanya perlu mendaftar ke universitas yang menerima ijazah Paket C.

Apakah Ijazah Paket C Bisa Daftar CPNS

Tentu saja, salah satu persyaratan untuk mendaftar CPNS adalah memiliki ijazah SMA, jadi Anda bisa menggunakan ijazah Paket C untuk mendaftar CPNS, status ijazah ini sudah sama dengan ijazah yang Anda dapatkan melalui UN (Ujian Nasional), jadi tidak ada yang perlu dipermasalahkan.

Untuk perusahaan yang menerima ijazah Paket C mungkin sedikit lebih sulit, karena ada beberapa pertimbangan yang membuat perusahaan tidak semudah itu menerima ijazah Paket C, Jadi Anda hanya perlu melihat persyaratan yang diberikan perusahaan tersebut, apakah memperbolehkan menggunakan ijazah Paket C atau tidak.

Apakah ijazah Paket C bisa kuliah kedokteran?

Sayangnya tidak bisa, berdasarkan kebijakan terkait jurusan kedokteran yang ada di semua PTN, menyatakan bahwa ijazah Paket C tidak bisa digunakan untuk mendaftar kuliah ke prodi kedokteran umum dan juga prodi pendidikan dokter. Jadi, saat akan kuliah Anda perlu memastikan bahwa universitas dan prodi yang dipilih bisa menerima ijazah Paket C.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait ijazah Paket C asli, jangan sampai Anda terkecoh dengan ijazah palsu yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.