Lambang psikologi mungkin tak banyak diketahui oleh orang karena psikologi meskipun merupakan hal yang umum namun tidak semua orang mampu untuk melihat dan merasakannya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Psikologi

Sebelum membahas tentang lambang psikologi, Sebaiknya anda perlu mengetahui terlebih dulu tentang definisi dari psikologi itu sendiri. Pada dasarnya psikologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang cara berpikir atau pola pikir manusia, sehingga pola pikir tersebut dapat berpengaruh atau mempengaruhi karakter maupun perilaku dari manusia tersebut.

Apa Arti Psikologi

Dari apa yang telah dijelaskan di atas sebenarnya sudah bisa dijadikan sebagai gambaran tentang apa itu psikologi. Namun selain apa yang telah dijelaskan diatas, psikologi juga bisa diartikan sebagai ilmu yang mengajari seseorang untuk dapat mempelajari karakter atau sifat orang lain berdasarkan pengamatan perilaku serta kebiasaan dari orang lain tersebut.

Atau bisa disimpulkan bahwa ketika anda mempelajari psikologi maka anda akan memiliki kemampuan untuk menganalisa karakter atau sifat seseorang tanpa harus mengenal lama orang tersebut. Hal ini karena anda memiliki kemampuan analisis karakter yang bisa diamati melalui cara berbicara, gestur tubuh maupun faktor lainnya.

Berdasarkan penjelasan di atas tak heran rasanya jika psikologi sangat dibutuhkan dalam beberapa aspek. Salah satu contohnya yaitu dibutuhkan oleh HRD sebuah perusahaan di mana nantinya HRD tersebut memiliki kemampuan untuk menganalisa calon karyawan yang melamar pekerjaan.

Psikologi juga ada di hampir semua rumah sakit di mana nantinya pasien yang mengalami gangguan yang telah bisa melakukan konsultasi kepada poly psikologi tersebut.

Lambang Psikologi Vector PNG IfoxSoft

File Name : Lambang Psikologi ifoxsoft
Size : 37 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Makna Lambang Psikologi

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa psikologi tak hanya sekedar ilmu yang berisi materi saja namun juga memiliki lambang. Psikologi sendiri memiliki lambang ???? (trisula).

Dan ternyata pemilihan lambang trisula tersebut bukan tanpa alasan karena lambang tersebut memiliki makna yang cukup mendalam.

Pada dasarnya lambang ???? (trisula) sendiri berasal dari alphabet Yunani. Dimana alphabet ini merupakan urutan yang ke 23 serta memiliki nilai numerik 700.

Trisula sendiri memiliki 3 cabang dimana setiap cabang tersebut memiliki makna yaitu :

  • Id
  • Ego
  • Superego

Arti Lambang Psikologi

Disamping itu, kata ” Psi ” pada psikologi  sebenarnya berasal dari kata Yunani yaitu ” Psyche ” dimana kata tersebut memiliki makna pikiran dan jiwa. Sehingga dari kesimpulan makna di atas maka bisa dikatakan bahwa psikologi memang ilmu yang mempelajari tentang analisis pikiran dan jiwa melalui Analisa terhadap perilaku sikap dan juga cara berbicara.

Lambang Psikologi

Dari apa yang telah dijelaskan di atas maka Kesimpulannya adalah bahwa lambang psikologi merupakan definisi tentang 3 aspek sifat atau karakter manusia terhadap lingkungannya, serta memiliki lambang berupa ???? (trisula) yang memiliki makna filosofis tentang pikiran dan jiwa manusia.

Perbedaan Psikiater Dan Psikologi

Mungkin selama ini banyak yang beranggapan bahwa antara psikiater dan psikologi merupakan hal yang sama. Emang keduanya merupakan ilmu yang mempelajari tentang pikiran dan jiwa manusia hanya saja secara luas memiliki tujuan dan teks yang berbeda.

Bedanya Psikologi Dan Psikiater

Meskipun memiliki ruang lingkup yang sama dan saling berkaitan, namun antara psikologi dan psikiater ini memiliki beberapa perbedaan yaitu :

  • Psikologi

Merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan perasaan seseorang yang dapat dianalisa melalui gestur dan cara bicara. Psikologi bersifat konseling dan non kedokteran.

  • Psikiater

Sedangkan untuk psikiater sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang kesehatan mental atau jiwa seseorang dan biasanya disertai dengan pemberian obat maupun terapi lainnya sesuai dengan kondisi pasien masing – masing.

Fakta Psikologi Jika Kita Memikirkan Seseorang Apakah Dia Memikirkan Kita Juga

Pasti banyak yang pernah mengalami di mana sedang memikirkan seseorang dan mempertanyakan pada diri sendiri apakah orang tersebut juga memikirkannya?

Dalam dunia psikologi sebenarnya hal tersebut tidaklah benar. Faktanya adalah ketika anda memikirkan seseorang dan menganggap bahwa orang yang anda pikirkan tersebut juga memikirkan anda maka hal tersebut hanyalah merupakan manifestasi dari pikiran anda sendiri.

Mungkin saja anda memiliki masa lalu dengan orang tersebut serta memiliki permasalahan yang belum diselesaikan. Biasanya pikiran tersebut akan muncul ketika anda sedang merasakan kesepian dan membutuhkan seseorang. Hingga secara otomatis otak akan memutar memori tentang seseorang yang pernah hadir di dalam kehidupan anda.

Kampus Yang Ada Jurusan Psikologi

Setelah membahas tentang lambang psikologi di atas ternyata bisa disimpulkan bahwa psikologi memiliki makna dan arti yang sangat luas dan juga mendalam. Ilmu psikologi tersebut diperlukan dalam beberapa hal di kehidupan manusia.

Sehingga hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa saat ini cukup banyak kampus atau universitas yang memiliki jurusan psikologi.

Macam – macam Gangguan Psikologi

Sebenarnya mengenai jenis gangguan psikologis sendiri sangatlah banyak. Diantaranya adalah :

  • Depresi (merasa tidak berguna dan tidak memiliki harapan hidup)
  • Gangguan kecemasan (mengalami kecemasan tanpa alasan yang jelas secara berlebihan)
  • OCD (munculnya pikiran atau bisikan untuk melakukan sesuatu dan tidak bisa dikendalikan)
  • Gangguan Narsistik (selalu ingin jadi pusat perhatian dan ingin dipuji)
  • Fobia Sosial (mengalami kecemasan dan ketakutan saat berada di keramaian dan sulit bersosialisasi)
  • Kepribadian Ganda

Psikologi Mengatakan Ketika Seseorang Muncul Dalam Mimpimu Maka Sebenarnya Orang Itu Ingin Melihatmu

Lambang psikologi juga menggambarkan tentang sifat ego seseorang di mana akibat sifat tersebut akhirnya memunculkan pikiran agar orang yang diinginkan bisa ada di depannya. Sebenarnya hal tersebut sudah cukup jelas bahwa ada kalanya ujung Obsesi berlebihan untuk memunculkan sosok yang sesuai dengan apa yang ada di dalam imajinasinya.

Kombinasi tersebut bisa muncul akibat beberapa faktor seperti :

  • Memiliki masalah yang belum terselesaikan dengan orang tersebut
  • Mengalami penolakan terhadap realita yang terjadi

Kedua faktor di atas terakumulasi menjadi sebuah harapan sehingga menciptakan imajinasi agar bisa terjadi sesuai dengan apa yang diharapkan.

Itu tadi penjelasan mengenai apa itu psikologi serta makna dibalik lambang psikologi. Maka informasi yang disampaikan.