Universitas Sumatera Utara banyak dijadikan incaran para lulusan baru. Apalagi, USU memiliki target untuk menjadi bagian dari 500 universitas terbaik di dunia pada 2024. Pas banget untuk Anda yang mengejar pendidikan Sarjana, terutama di USU. Maka, ketahui lambang USU serta seluk beluknya berikut:

Profil Universitas Sumatera Utara dan Sejarah Universitas Sumatera Utara

Universitas yang disebut USU ini berdiri dari 20 November 1957. Didasari oleh tekad warga Sumatra Utara untuk mempunyai perguruan tinggi di daerah tercintanya. Maka, Pada tanggal 31 Desember 1951 dibentuklah panitia pendiri yang dipelopori oleh Dr. Soemarsono.

Hasilnya, jurusan-jurusan di USU mulai dibangun, meliputi Fakultas Kedokteran pada 1952, Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat pada 1954, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tahun 1956, dan Fakultas Pertanian pada 1956.

Sementara itu, mulai diresmikan sebagai perguruan tinggi negeri ke-7 di Indonesia pada 20 November 1957 oleh Presiden Soekarno. Bahkan, terus melakukan perkembangan dengan membuka fakultas baru.

Sampai tahun 2003, statusnya berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Milik Negara (PTN BHMN). Bahkan peringkat universitas Sumatera Utara termasuk dalam perguruan tinggi kelima di Indonesia dengan status tersebut.

Selain itu, mereka melakukan kolaborasi bersama lembaga asing, meliputi UMC Goettingen Jerman, University of Twente Belanda, London School of hygiene & tropical Medicine, UNESCO, Newton Fund, Erasmus+, dan JICA Japan. Untuk melakukan pertukaran pelajar, pertukaran pengajar, konferensi internasional bersama, dan penelitian bersama.

Lambang USU

Lambang USU Universitas Sumatera Utara PNG – IfoxSoftCom

File Name : Lambang USU Universitas Sumatera Utara PNG – IfoxSoftCom
Size : 400 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Lambang USU bisa Anda dapatkan tombol di atas

Akreditasi Universitas Sumatera Utara

Terkait akreditasi, lambang USU Mendapatkan akreditasi A pada 2018 sesuai Surat Keterangan Nomor 23/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2018 yang berlaku hingga 27 Februari 2023.

Daftar Jurusan USU

1. Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran USU hanya satu jurusan S1, yaitu Pendidikan Dokter yang meraih akreditasi Unggul BAN-PT.

2. Fakultas Hukum

Fakultas Hukum hanya mempunyai jurusan Soshum di USU, yang akreditasi fakultas USU tersebut A.

3. Fakultas Pertanian

Program studi Agroekoteknologi memiliki akreditasi B, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian akreditasi B, Agribisnis akreditasi B, Keteknikan Pertanian akreditasi B.

Ilmu dan Teknologi Pangan akreditasi A, Manajemen Sumber Daya Perairan akreditasi B, Agroteknologi akreditasi B, dan Peternakan akreditasi A.

4. Fakultas Teknik

Program studi Teknik Mesin akreditasi, Unggul, Teknik Kimia akreditasi Unggul, Teknik Industri akreditasi Unggul, Arsitektur akreditasi Unggul.

Teknik Sipil akreditasi Baik Sekali, Teknik Elektro akreditasi A, Teknik Lingkungan akreditasi Baik Sekali

5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Program studi Akuntansi memiliki akreditasi A, Ekonomi Pembangunan akreditasi A, Manajemen akreditasi A dan D3 Akuntansi terakreditasi A.

6. Fakultas Kedokteran Gigi

Dengan Akreditasi prodi USU A.

7. Fakultas Ilmu Budaya

Program Studi Sastra Inggris terakreditasi A, sastra Indonesia akreditasi B, Sastra Batak akreditasi B, Sastra Melayu akreditasi B, Ilmu Sejarah akreditasi B.

Etnomusikologi akreditasi A, Bahasa Mandarin B, Sastra Jepang akreditasi Baik Sekali, Sastra Arab A, Perpustakaan dan Sains Informasi A.

8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Program studi Matematika akreditasi B, Kimia akreditasi Unggul, Biologi akreditasi A, dan akreditasi Fisika B.

9. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Program studi Ilmu Komunikasi akreditasi A, Ilmu Administrasi Publik akreditasi A, Sosiologi akreditasi A, Ilmu Administrasi Bisnis akreditasi A.

Ilmu Politik akreditasi A, Ilmu Kesejahteraan Sosial akreditasi A, Antropologi Sosial akreditasi A.

10. Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan akreditasi A.

11. Fakultas Keperawatan

S1 Keperawatan USU memiliki akreditasi A, sedangkan D3 Keperawatan USU terakreditasi B.

12. Fakultas Kehutanan

Program Studi Teknologi Hasil Hutan akreditasi C, Budidaya Hutan akreditasi C, Manajemen Hutan akreditasi B, dan Kehutanan akreditasi B.

13. Fakultas Psikologi, jurusan S1 Psikologi akreditasi B.

14. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Program studi Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, keduanya terakreditasi A.

15. Fakultas Farmasi

Farmasi memiliki akreditasi A.

Lokasi universitas Sumatera Utara berada di Jalan Dr. T. Mansur No.9, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

Untuk daftar jurusan USU, Anda dapat mengunjungi website universitas Sumatera Utara di

www.usu.ac.id

Demikian ulasan mengenai lambang USU. Semoga bermanfaat.