Pernahkah Anda mendengar istilah Adiwiyata di sekolah? Program Adiwiyata merupakan suatu program pendidikan lingkungan hidup. Program ini adalah suatu wadah yang baik untuk diterapkan di lingkungan sekolah. Lalu apa sebenarnya Adiwiyata? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Adiwiyata Menurut Para Ahli

Kata Adiwiyata asalnya berasal dari Bahasa Sansekerta, yaitu Adi yang berarti agung, besar, baik, ideal, dan sempurna, sedangkan kata Witya berarti tempat seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, etika, dan norma dalam menjalankan kehidupan sosial.

Adiwiyata juga diartikan sebagai tempat baik dan ideal untuk memperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai etika yang menjadi dasar hidup manusia, sehingga tercipta kesejahteraan hidup dan menuju cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Logo Adiwiyata

Logo Adiwiyata ini bergambar pohon dengan akar pohon berwarna coklat dan batang serta ranting pohon berwarna hijau. Di bagian bawah pohon terdapat buku terbuka yang menopang pohon, dan terdapat tulisan ADIWIYATA di bagian atas pohon.

Jika dilihat secara seksama, makna Logo Adiwiyata ini sangat sesuai dengan pengertian kata Adiwiyata itu sendiri, dimana buku terbuka menunjukan tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika, yakni sekolah. Gambar pohon berupa akar dan batang menunjukan lingkungan hidup yang sehat, dan hijau.

Logo Adiwiyata PNG IfoxSoftCom

File Name : Logo Adiwiyata PNG IfoxSoftCom
Size : 328 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Logo Adiwiyata vector atau Logo Adiwiyata terbaru ini bisa dengan mudah Anda dapatkan karena lisensi gambar tersebut bebas dan gratis untuk digunakan ulang, tidak juga diperlukan atribusi dan retribusi, serta bisa Anda gunakan baik secara komersil maupun non-komersil.

Arti Sekolah Adiwiyata

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dengan lingkungan sehat, bersih, dan hijau. Dengan adanya program Adiwiyata di sekolah ini, diharapkan seluruh masyarakat yang ada di sekolah dan sekitarnya menyadari pentingnya lingkungan hijau yang sehat dan memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh.

Program Adiwiyata ini juga dikenal sebagai Green School yakni salah satu program dari Kementerian Lingkungan Hidup yang diadakan dalam rangka mendorong pengetahuan dan kesadaran warga sekolah pada setiap upaya pelestarian lingkungan hidup.

Visi misi Sekolah Adiwiyata yang cukup terkenal adalah sekolah yang Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Sekolah memiliki kebijakan dalam mengembangkan pendidikan lingkungan hidup. Program Adiwiyata ini memiliki beberapa prinsip dasar, yaitu

  1. Edukatif

Mendidik pelaksana program Adiwiyata untuk mengedepankan nilai pendidikan dan pembangunan karakter dari peserta didik, sehingga dapat mencintai lingkungan hidup tidak hanya di sekolah, tetapi juga di rumah dan di masyarakat secara luas.

  1. Partisipatif

Adanya keterlibatan dari komunitas sekolah pada keseluruhan proses mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sesuai dengan tanggung jawab dan perannya masing-masing.

  1. Berkelanjutan

Semua kegiatan lingkungan hidup yang dilaksanakan harus dilakukan secara terencana dan berkelanjutan atau terus menerus secara berkesinambungan.

Yel Yel Adiwiyata SMP

Sama halnya dengan sekolah pada umumnya, sekolah Adiwiyata juga biasanya memiliki yel-yel tersendiri saat menjalankan suatu program lingkungan hidup, yel-yel ini digunakan sebagai media komunikasi dan memicu semangat setiap peserta yang sedang menjalankan kegiatan atau program.

Biasanya yel-yel ini dibuat dengan nada yang semangat dan tempo yang cepat, sehingga membuat pendengarnya memiliki emosi yang positif, membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga terjadi peningkatan adrenalin. Hal ini membuat peserta kegiatan tidak mudah lelah dan semakin meningkatkan semangat saat berkegiatan.

Lirik yang digunakan dalam pembuatan yel-yel ini juga cukup penting dan perlu diperhatikan dengan baik agar pesan yang akan disampaikan bisa diterima oleh khalayak. Dalam program Adiwiyata ini, pesan yang biasanya disampaikan berkaitan dengan lingkungan hidup dan pentingnya kebersihan lingkungan.

Kata Kata Mutiara Adiwiyata

Selain yel-yel, terkadang digunakan juga kata mutiara yang berisi pesan kepada masyarakat secara luas, sehingga  bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup dan pelestarian ekosistem.

Contoh slogan Adiwiyata diantaranya adalah “Menanam satu pohon, menyelamatkan ribuan makhluk hidup”. Contoh slogan lainnya adalah “Menjaga Lingkungan bukan hanya angan-angan, tetapi tindakan”. Anda bisa membuat slogan-slogan lainnya yang berisikan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup bagi kehidupan semua makhluk yang ada di bumi.

Itulah beberapa hal terkait logo Adiwiyata beserta program sekolah Adiwiyata yang sangat penting dan bermanfaat bagi keberlangsungan lingkungan hidup dan pembentukan karakter siswa.