Islam merupakan agama terbesar yang diyakini oleh masyarakat Indonesia. Hal ini sangat berpengaruh terhadap maraknya organisasi masyarakat berbasis Islam. Berikut kita akan ulas mengenai berdirinya dan sejarah dari Ormas Al Jamiyatul Washliyah.

Apa Arti Al Washliyah

Suatu perkumpulan yang saling menyatukan atau menghubungkan. Baik itu hubungan antara manusia dengan Sang Khalik atau Sang Pencipta, sekaligus hubungan antar manusia dan lingkungan alam sekitarnya.

Kapan Lahirnya Organisasi Ikatan Pelajar Al-Washliyah

Al Washliyah  dibentuk dan didirikan di Medan, Sumatera Utara, pada 30 November 1930. Organisasi Masyarakat yang berdiri guna menyebarkan kebaikan sesuai ajaran agama Islam kepada sesama manusia, menjalankan ketakwaan kepada Allah SWT dan peduli atas lingkungan alam sekitarnya.

Sebuah organisasi masyarakat berbasis ajaran Islam yang bergerak dalam bidang pendidikan, dakwah dan sosial.

Ormas ini semakin berkembang dan bergema hingga ke sejumlah daerah lain selain di Medan, yakni memiliki cabang di provinsi Aceh, Riau, hingga Jawa Barat.

Logo Al Washliyah PNG

Adapun logo atau lambang dari Ormas Al Washliyah adalah bergambar bulan sabit berbintang lima dengan didalamnya perisai berpucuk lima dengan tulisan: Al Janiyatul Washliya dalam aksara Arab Sulus berwarna putih dan hijau sebagai warna dasar.

Logo Al Washliyah dalam format png bisa diunduh di:

Logo Al Washliyah PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Logo Al Washliyah PNG – IfoxSoft.Com
Size : 
520 Kb
Format : 
PNG
Download :
Google Drive

Sejarah Berdirinya Al Washliyah

Al Washliyah merupakan sebuah organisasi klasik yang berdiri sebelum Indonesia merdeka di tahun 1945. Menjelang tahun 1930’an, di kota Medan, Sumatera Utara, keberadaan murid-murid dari Maktab Islamiyah Tapanuli (MIT) menjadi bagian penting yang berperan dengan berdirinya ormas Al Washliyah tersebut.

Bermula dari adanya kegiatan bernama perhimpunan pelajar Debating Club, atau Klub Debat di tahun 1928 yang dipimpin oleh Abdurrahman Syihab. Aktivitas mereka yang begitu menggebu dan sangat bersemangat telah mencetuskan sebuah organisasi bernama Al Jamiyatul Washliyah di tahun 1930.

Tentu saja tidak begitu saja organisasi itu muncul dan disetujui. Semua harus ada ijin, para pelajar meminta masukan dari para gurunya, sampai melakukan Sholat Istikharah untuk mendapatkan petunjuk Sang Khalik tentang kebenaran. Termasuk meminta saran dan masukan dari Syekh Yunus yang mencetuskan nama ormas itu.

Lalu, Siapakah Tokoh yang Memberi Nama Al Jamiyatul Washliyah atau Siapa yang Memberi Nama Al Jamiyatul Washliyah? Maka Nama Al Jamiyatul Washliyah merupakan pemberian dari seorang guru bernama  Syeikh Muhammad Yunus .

Beliau adalah sosok ulama yang sangat dihormati di lingkungan Al Jamiyatul Washliyah, dan dikenal sebagai tokoh pimpinan Maktab Islamiyah Tapanuli (MIT) dan guru di ormas pendidikan tersebut.

Visi dan Misi Al Washliyah

Adapun Visi dan Misi dari Organisasi Masyarakat Al Washliyah, yakni Visinya adalah sebagai sebuah lembaga pendidikan bergaya modern sekaligus menanamkan benih dan nilai-nilai Rahmatan Lil’alamin, yakni berguna buat banyak orang dan lingkungan sekitarnya.

Dari ormas ini pula, Misi yang digerakkan adalah menciptakan para pelajar dan manusia-manusia berkarakter Islam demi mewujudkan negara yang menjalankan Baldatun Toyyibatun Warabbun Ghafur.

Sekaligus juga Ormas Al Washliyah menggerakkan misi guna meningkatkan Iman kepada Allah, Berilmu dan Beramal. Serta menjalin Silaturahiim atau kerjasama antar organisasi Islam di Indonesia dan dunia guna memajukan Islam.

Lalu saling melindungi dan menjaga keberadaan anggota organisasi dimanapun berada, dan bebas dari keterbelakangan. Selain itu, memberikan sumbangsih dan kontribusi menjaga stabilitas ketertiban dan keamabab bangsa, termasuk umat Islam secara adil, damai dan sejahtera.

Terakhir, misi dari Ormas Washliyah adalah tetap semangat menjalin kerjasama dengan sesama aktifis dan warga Al Washliyah, sekaligus dengan organisasi lain serta pemerintah yang berwenang.

7 Macam Organisasi Al Washliyah

  1. Organisasi Perempuan (Muslimat Al Washliyah)
  2. Organisasi Pemuda (GPA)
  3. Organisasi Pelajar (Ikatan Pelajar Al Washliyah/IPA)
  4. Organisasi Puteri (APA)
  5. Organisasi Mahasiswa (HIMMAH)
  6. Organisasi Sarjana (ISARAH)
  7. Organisasi Guru (IGA)

Perguruan Tinggi Al Washliyah yang Pertama Berdiri adalah

Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah atau UMN Al Washliyah berdiri berawal dari ‘sekedar’ Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang ada di Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan. Seiring waktu, UNIVA Medan berubah status menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al Washliyah Medan.

Perubahan dan dinamika terjadi pada perguruan tinggi tersebut, hingga pada 15 Agustus 2002 nama sekolah itu berubah dari nama Universitas Muslim Nusantara (UMN) di Medan, hingga akhirnya menjadi nama Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah.

Portal UMN Al Washliyah

Untuk mengetahui secara detail apa dan bagaimana aktifitas civitas akademisi di UMN Al Washliyah, maka bisa dilihat dari website resmi UMN Al Washliyah, yakni

umnaw.ac.id

Demikian ulasan mengenai Organisasi Masyarakat (Ormas) Al Washliyah, dari sejarah, visi dan misi hingga bagaimana bisa mengunduh Logo Al Washliyah di sejumlah website penyedia aneka logo, serta keberadaan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah.

Ormas Al Washliyah hingga saat ini tetap berdiri tegap dan aktif menjalankan tujuan, visi dan misinya sebagai organisasi masyarakat berakidah Islam yang bersifat sosial dan terus menyebarkan kebaikan antar sesama demi kebahagiaan dunia dan akhirat.