Perlu diketahui bahwasanya di Indonesia terdapat organisasi Islam yang bernama Nahdlatul Ulama yang memiliki organisasi otonom yang berdana Barisan Ansor serbaguna atau Banser berikut adalah penjelasannya.

Sejarah Banser

Banser atau dikenal dengan Barisan Ansor serbaguna merupakan salah satu Gerakan Pemuda dari organisasi Nahdlatul Ulama. Banser berdiri sejak tahun 1934, dalam sejarahnya Banser sudah cukup lama berkontribusi bagi Negara dari masa kemerdekaan RI hingga saat ini.

Tidak hanya berkontribusi dalam kemerdekaan, Banser juga terlibat dalam pengamanan gereja untuk memastikan ibadah berjalan tanpa adanya gangguan.

Siapa Pendiri Banser

Pendiri Banser merupakan salah satu tokoh yang berpengaruh di organisasi islam Nahdlatul Ulama, beliau bernama Muhammad Zainuddin Kayubi. Tidak hanya sebagai pendiri Muhammad Zainuddin Kayubi juga merupakan komandan pertama Barisan Ansor serbaguna atau Banser yang lahir di Ponorogo tepatnya di Desa Pengkol, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo pada tanggal 1 Januari 1926.

Logo Banser PNG

Banser memiliki logo PNG yang bisa Anda download secara gratis di google. Logo yang dimiliki oleh Banser tentunya memiliki filosofi yang sangat bermakna atas berdirinya Gerakan Pemuda otonom dari NU. Apabila Anda ingin mendownload Logo Banser PNG, Anda bisa membuka link berikut:

Logo Banser PNG IfoxSoftCom

File Name : Logo Banser PNG IfoxSoftCom
Size : 97 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Logo Banser PNG Terbaru

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi logo banser mengalami transformasi, namun demikian transformasi yang dilakukan pada logo banser tidak mengubah filosofi pada logo pertama banser.

Berapa Gaji Banser Perbulan

Menjadi garda terdepan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat tidaklah mudah. Pasalnya untuk menjadi anggota Banser maka Anda perlu mengikuti beberapa proses mulai dari pendaftaran hingga latihan fisik hingga baris-berbaris dan tali temali.

Namun pernahkan Anda mengira berapa gaji banser perbulan?

Umumnya masyarakat yang mendaftar menjadi anggota Banser merupakan pemuda-pemudi pedesaan. Namun tidak memungkiri bahwasanya terdapat pemuda kota yang mendaftar menjadi anggota Banser. Dalam praktik lapangannya anggota banser jarang memperdulikan mengenai Gaji Anggota Banser.

Hal ini tentunya sebuah hal yang wajar karena pada dasarnya Banser merupakan sebuah organisasi yang membantu masyarakat dalam menjaga dan menertibkan keamanan.

Namun demikian para anggota Banser tetap dibayar setelah menjaga keamanan suatu acara.Pada dasarnya setiap daerah gaji banser perbulan akan berbeda-beda ada yang sekali tugas mendapatkan bayaran Rp 20.000 hingga Rp 60.000.

Cara Daftar KTA Banser

Untuk mendaftarkan diri sebagai Banser Anda memerlukan beberapa persyaratan dokumen. Setelah Anda memenuhi syarat dan dokumen Anda Bisa mendaftarkan diri secara online melalui website kta.ansor.id.

Setelah itu Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah selanjutnya mulai dari mengisi biodata, dan mengunggah berkas kemudian Anda bisa langsung Klik menu submit. Maka Anda perlu menunggu beberapa saat kemudian Anda akan mendapatkan notif dari email yang berisikan password dan username.

Panglima Tertinggi Banser dari organisasi otonom Banser dari gerakan Pemuda Ansor adalah Yaqut Cholil Qoumas.

Cara Menjadi Banser, tidaklah sulit karena Anda hanya perlu memperbanyak silaturahmi dengan masyarakat sehingga tokoh yang berpengaruh di organisasi Banser Ansor hingga NU. Untuk menjadi anggota Banser Anda hanya perlu mendatangi kader atau pengurus GP Ansor di tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC) atau kecamatan setempat.

Adapun persyaratan untuk mendaftar menjadi Banser adalah minimal berusia 20 tahun dan maksimal berusia 40 tahun. Anda juga akan mengikuti serangkaian pelatihan Kepemimpinan Dasar dan latihan Dasar untuk Banser.

Harga Seragam Banser Nasional

Harga seragam banser memiliki variasi di setiap daerah, umumnya Harga Seragam Banser Nasional bisa Anda dapatkan dengan harga yang ramah di kantong yaitu Rp 250.000

Atribut Seragam Banser

Banser memiliki penampilannya rapi mulai dari sepatu, pakaian, topi, dan atribut lainnya. Banser dilatih mengenai materi kependidikan tentang baris-berbaris, latihan lompat dan lari, angkat beban, pioner, dan latihan fisik lainnya.

Kenapa Banser Pakai Loreng

Alasan mengapa Banser memakai loreng karena pada saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, banyak masyarakat dari berbagai kalangan hingga ras agama ikut memperjuangkan kemerdekaannya. Kemudian Ulama memiliki pasukan yang bernama laskar Hizbullah yang menjadi cikal bakal Banser.

Kemudian seiring berjalannya waktu pemerintah mendirikan Tentara Keamanan Rakyat yang anggotanya kebanyakan dari Laskar Hizbullah sehingga TNI DAN Banser tidak dapat dipisahkan.

Saat ini organisasi Gerakan Pemuda Ansor ini berkembang dengan baik dan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat terutama untuk menjaga keamanan dan teketrtimban