Memiliki BPJS memang cukup penting sebagai jaminan dari hal tidak terduga yang bisa terjadi kapan saja, apalagi jika resiko tersebut terjadi di tempat kerja, maka dari itu sangat diperlukan bagi setiap pekerja untuk memiliki BPJS Ketenagakerjaan.

Apa itu BPJS Ketenagakerjaan? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Penjelasan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah suatu badan hukum yang menyelenggarakan program jaminan pensiun, jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kehilangan pekerjaan, dan jaminan kematian.

BPJS Ketenagakerjaan memang dibuat untuk memberikan perlindungan kepada pekerja yang ada di Indonesia.

Tentunya BPJS Ketenagakerjaan tidak sama dengan BPJS Kesehatan, terdapat beberapa perbedaan yang begitu terlihat, inilah perbedaan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan yang perlu Anda ketahui,

  1. Tujuan

BPJS Ketenagakerjaan dibuat dengan tujuan untuk memberikan perlindungan sosial kepada tenaga kerja di Indonesia, sedangkan BPJS Kesehatan bertujuan melindungi kesehatan secara mendasar bagi rakyat Indonesia.

  1. Peserta program

Peserta program BPJS Ketenagakerjaan adalah penerima upah, pekerja migran Indonesia, bukan penerima upah, dan jasa konstruksi. Sedangkan untuk BPJS Kesehatan peserta programnya adalah bukan pekerja, pekerja bukan penerima upah, penerima bantuan iuran jaminan kesehatan, dan pekerja penerima upah dari pemerintah daerah.

  1. Waktu Operasi

BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi pada 1 Juli 2015, sedangkan BPJS Kesehatan sudah beroperasi sejak 1 Januari 2014.

Logo BPJS Ketenagakerjaan Vector

Logo BPJS Ketenagakerjaan Vector – IfoxSoft.Com

File Name : Logo BPJS Ketenagakerjaan Vector – IfoxSoft.Com
Size : 28 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Logo BPJS Ketenagakerjaan png cukup unik, terdiri dari tiga bentuk yang memiliki warnanya masing-masing yaitu hijau, kuning, putih dan biru. Warna-warna tersebut memiliki arti tersendiri, diantaranya adalah,

  • Hijau menjadi simbol kesejahteraan, merepresentasikan nilai-nilai kesegaran, harmoni, pertumbuhan, stabilitas dan keamanan.
  • Putih melambangkan integritas, merepresentasikan kemurnian, kesempurnaan, dan kebersihan, bahkan digunakan juga sebagai simbol kebaikan.
  • Kuning berarti optimisme, dan mampu merepresentasikan kebahagiaan, pencerahan, dan memberikan harapan untuk masa depan yang jauh lebih baik.
  • Biru menjadi lambang keberlanjutan yang mampu merepresentasikan kebijaksanaan, kesetiaan, kepercayaan, keahlian dan ketahanan dalam jangka panjang.

Apakah BPJS Ketenagakerjaan bisa untuk berobat? Bisa, BPJS Ketenagakerjaan memiliki biaya berobat yang terbagi menjadi 4 jenis, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, dan terakhir Jaminan Pensiun.

Hanya saja besaran biaya berobat tersebut bergantung pada risiko yang diderita.

Cara Melihat Nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan

Jika memang sudah terdaftar sebagai peserta program BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda akan mendapat kartu BPJS beserta nomor BPJS-nya dan nomor tersebut harus disimpan dengan baik.

Anda bisa melihat nomor tersebut di kartu BPJS, jika kartu hilang maka Anda bisa melihat nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan di HRD tempat bekerja, mengecek sendiri di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, atau menggunakan aplikasi BPJSTKU.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi

Selain mengecek nomor BPJS, Anda juga bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, tidak perlu menggunakan aplikasi karena bisa dilakukan menggunakan NIK saja, cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK tersebut bisa dilakukan dengan mendaftar terlebih dahulu melalui SMS ke 2757.

Anda hanya perlu mengetikan format

DAFTAR SALDO#NO_KTP#TANGGAL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL.

Setelah Anda terdaftar kirimkan SMS lagi ke 2757 menggunakan format SALDO (spasi) nomor peserta. Setelah itu Anda akan mendapatkan SMS yang isinya adalah rincian saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Cek Bantuan BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP

Jika mendapatkan bantuan BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa mengeceknya hanya menggunakan KTP di situs https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id atau bisa juga melalui webkemnaker.go.id. Anda hanya perlu mengikuti arahan dari website tersebut.

Bantuan BPJS Ketenagakerjaan tersebut juga bisa Anda ambil, asalkan memenuhi syarat ambil BPJS Ketenagakerjaan.

Syarat mencairkan BPJS Ketenagakerjaan langsung ke kantor yang perlu dibawa bergantung pada kasus yang dialami, apakah karena mengundurkan diri, terkena PHK, mencapai usia pensiun, meninggalkan NKRI, atau kasus lainnya. Lebih baik Anda pelajari dulu persyaratan ambil BPJS Ketenagakerjaan dengan baik.

Tempat pencairan BPJS Ketenagakerjaan ini bisa dilakukan secara langgung di kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan lokasi Anda. Pastikan Anda membawa persyaratan yang diperlukan, dan ikuti tahapan seleksi BPJS Ketenagakerjaan dengan baik.

Itulah penjelasan terkait logo BPJS Ketenagakerjaan vector serta persyaratan dan pencairan BPJS Ketenagakerjaan. Kunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan info lebih lanjut.