Logo dana desa tergambar seperti bunga yang akan mekar dengan tangkai yang menyerupai tangan yang sedang memegangnya agar terlihat jelas dan kuat, serta paduan warna merah sekaligus hijau memberikan warna yang mencolok, sehingga sangat terlihat jelas.

Pengertian Dana Desa

Dana Desa sendiri merupakan dana yang berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara, di mana anggaran tersebut  diperuntukkan bagi Desa yang akan ditransfer melalui anggaran pendapatan dan belanja milik daerah kabupaten atau kota dan akan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Dana desa memiliki tujuan untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat desa setempat, sehingga dapat membantu dalam  mengentaskan kemiskinan di desa, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa, dan memperkuat partisipasi masyarakat desa dalam pelaksanaan pembangunan desa.

Untuk adanya dana desa tersebut, diharapkan dapat membantu dalam proses pembangunan desa agar desa mampu serta mandiri dalam melakukan atau melaksanakan pembangunan sesuai harapan masyarakat.

Logo Dana Desa

Logo Dana Desa PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Logo Dana Desa PNG – IfoxSoft.Com
Size : 
94 Kb
Format : 
PNG
Download :
Google Drive

Dibuat sesuai dengan penggambaran mengenai adanya bantuan yang digunakan untuk membantu masyarakat desa dalam melakukan berbagai kegiatan desa yang dapat menunjang kesejahteraan dan memajukan masyarakat desa tersebut.

Adanya dana desa pastinya dilakukan untuk  memajukan Indonesia, melalui pengembangan dan pembangunan berbagai desa, pengembangan sumber daya manusia atau pembangunan infrastruktur secara berkala. Hal ini dilakukan juga untuk mengurangi terjadinya kemiskinan agar ekonomi merata.

Pengaruh dana desa terhadap kemiskinan termasuk positif, di mana bantuan bagi masyarakat tersebut, dapat membantu dalam menyejahterakan masyarakat, meskipun dalam proses dan waktunya tidak berjalan bersamaan, yaitu bertahap.

Dalam pembuatan format laporan realisasi dana desa biasanya ada tahapan tertentu yang harus Anda ikuti sesuai urutan agar laporan tersebut dapat terbaca dengan rapi. Hal yang perlu dilakukan adalah penulisan dana desa sesuai dengan semester berapa, jumlah total yang diturunkan, anggaran pada tahun berapa.

Kemudian rincian pada penyaluran tahap berapa, hingga pada tahap rincian kegiatan apa saja yang dilakukan dan untuk di akhir menuliskan jumlah sisa dana desa yang ditambahkan dengan jumlah sisa anggaran tahun sebelumnya.

Untuk penyaluran dana desa biasanya dilakukan secara bertahap, dalam  mekanisme penyaluran dana desa ini terbagi menjadi 2 tahap, yaitu   menggunakan tahap mekanisme transfer APBN dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan ada tahap mekanisme transfer APBD dari RKUD ke kas desa secara langsung.

Ada dana desa digunakan sebagai salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi kemiskinan dan mengurangi kesenjangan, membantu meningkatkan kualitas perencanaan,  penganggaran pembangunan tingkat desa dan pemberdayaan masyarakat desa, membantu untuk mendorong pembangunan infrastruktur pedesaan yang adil dan penuh kearifan lokal, membantu meningkatkan pengamalan nilai-nilai keagamaan, sosial, budaya, dan masih banyak lagi.

Apakah alokasi dana desa untuk karang taruna diperbolehkan? Tentu saja boleh, selama pembagian atau persentase untuk kegiatan karang taruna tersebut, diatur dalam peraturan daerah (perda) atau pada peraturan bupati (perbup) sesuai dengan daerah masing-masing.

Bagaimana Peran Dana Desa Untuk Kesehatan?

Peran dana desa untuk kesehatan menjadi salah satu upaya pemerintah untuk melakukan peningkatan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan yang dapat diwujudkan melalui keaktifan Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM) sebagai wahana pemberdayaan masyarakat yang dibentuk atas dasar kebutuhan masyarakat, dikelola oleh, dari, untuk dan bersama masyarakat.

Selain itu, adanya dana desa yang digunakan untuk kesehatan pastinya bertujuan agar masyarakat mampu mengatasi permasalahan kesehatan secara mandiri dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan lingkungan sehat, serta kondusif.

Apa Saja Aturan Untuk Proyek Dana Desa?

 Adanya proyek dana desa jika dilakukan untuk kegiatan pembangunan wajib swakelola.

  1. Anggaran untuk perencanaan kegiatan desa ada pembagiannya sesuai dengan yang sudah diatur dalam penggunaannya.
  2. Fokus pada prioritas desa.

Ada berbagai tujuan dari yang digambarkan pada logo dana desa tersebut. Dalam logo menunjukkan bahwa adanya dana desa dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik dari pendidikan, pangan, dan kesehatan.