Kata organisasi tentu tidak asing dan sering kita dengar baik di lingkungan masyarakat hingga lingkungan sekolah. Menurut profesor Dr. Sondang P. Siagin, organisasi merupakan suatu persekutuan antara dua orang atau lebih yang kemudian bekerja sama secara formal demi keberlangsungan tujuan visi misi yang sama dan sudah disepakati bersama.

Tahukah anda mengenai organisasi dharma wanita? Tentu anda dapat menemukan logo dharma wanita png di situs website. Kali ini kita akan mengulas mengenai organisasi dharma wanita yang ada di Indonesia.

Pengertian Dharma Wanita

Dharma wanita merupakan organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia yang beranggotakan istri dari pegawai negeri sipil (PNS).

Didirikan pada tanggal 5 agustus 1974 tepatnya pada masa pemerintahan orde baru, dibentuk oleh ketua dewan Pembina KORPRI. Saat ini dharma wanita merubah nama menjadi dharma wanita persatuan (DWP).

Arti Logo Dharma Wanita PNG

Seperti yang anda ketahui banyak gambar logo dharma wanita di situs website. Anda dapat mengetahuinya dengan membuka laman pencarian yang ada di gadget anda. Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari logo dharma wanita png.

Logo Dharma Wanita PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Logo Dharma Wanita PNG – IfoxSoft.Com
Size : 319 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive 1. Bunga melati putih dengan kelopak 5 berlatar belakang bendera Indonesia:

Kedudukan wanita yang merupakan aset bangsa. Warna putih berarti lambang kesucian dna keluhuran budi wanita. Putik kuning berjumlah lima berarti cita-cita dan perintis mewariskan sifat kemurnian dna kesetiaan terhadap bangsa. Warna kuning berarti cita-cita luhur.

2. 15 butir padi dan 6 buah kapas

melambangkan cita-cita dan tujuan DWP yakni memakmurkan dan mensejahterakan bangsa. Gambar padi merupakan simbol ekonomi, dan kapas merupakan simbol sosial budaya.

3.15 gambar rantai melambangkan persatuan dan persaudaraan yang erat.

4. Gambar buku melambangkan kegiatan di bidang pendidikan.

Jika anda mencari logo dharma wanita png, anda dapat download logo dharma wanita  melalui internet. Melalui internet anda dapat menemukannya dengan sangat mudah.

Dengan adanya logo tersebut yang merupakan salah satu simbol dharma wanita persatuan, patut dibanggakan. Banyak makna terkandung dalam logo tersebut yang mana merupakan simbol dari tujuan dari terbentuknya DWP.

Profil Dharma Wanita Persatuan

Seperti penjelasan di atas, DWP merupakan ormas yang beranggotakan wanita atau istri PNS. Tujuan dari dibentuknya DWP adalah meningkatkan kualitas sumber daya keanggotaan keluarga PNS demi tercapainya kesejahteraan nasional.

Tugas pokok dari anggota DWP adalah pembinaan mental spiritual anggota, dengan harapan dapat menjadi manusia yang bertaqwa, berkepribadian, serta berbudi luhur.

Anggota Dharma Wanita

Organisasi wanita terbesar di Indonesia ini beranggotakan semua istri PNS, istri pejabat negara, istri pensiunan PNS, Janda PNS, istri dan pegawai BUMN/BUMD, istri pensiunan/janda pegawai BUMN/BUMD, istri kepala perwakilan daerah dan luar negri, istri perangkat desa, istri TNI, istri POLRI, dan pensiunan PNS wanita.

Program Kerja Bidang Sosial Budaya Dharma Wanita

Pada dasarnya program kerja yang direncanakan dharma wanita tiap daerah berbeda-beda, sesuai dengan permasalahan di masyarakat daerah tersebut.

Pada dharma wanita di daerah Surabaya mempunyai program kerja yakni meningkatkan ketahanan keluarga dengan cara menumbuhkan keselarasan kesehatan jasmani dan rohani serta keselarasan lingkungan sekitar masyarakat.

Dengan program kerja tersebut, kegiatan dharma wanita bidang sosial budaya daerah Surabaya diantaranya adalah mengikuti senam PERWOSI, kegiatan jalan sehat, kunjungan sosial, donor darah, lomba, dan masih banyak lagi.

Atribut Dharma Wanita Persatuan

Selain logo dharma wanita persatuan yang merupakan simbol dari DWP. Organisasi ini juga mempunyai atribut diantaranya adalah lambang, panji, vandal, bendera olahraga, papan nama, hime, mars, lencana, dan seragam.

Gedung Dharma Wanita Pusat

Organisasi DWP terbagi dalam beberapa wilayah di Indonesia. Meskipun begitu, DWP mempunyai kantor pusat yang bertempat di Jl. Pedurenan Masjid Kav. F01, RT.16/RW.04, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Demikian penjelasan mengenai organisasi dharma wanita persatuan di Indonesia. Perlu anda ketahui juga, konsep doa kegiatan rapat rutin dharma wanita wajib dibaca semua anggota. Pada akhir doa tersisipkan doa untuk para suami agar selalu setia terhadap istrinya.