Sekarang ini sudah ada banyak yayasan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesenjangan sosial semua masyarakat terutama masyarakat yang membutuhkan. Salah satu yang dikenal adalah Yayasan Dompet Dhuafa yang mempunyai asas islam.

Tapi apa anda sudah memahami tentang dompet dhuafa? Jika belum, yuk kenalan dengan yayasan dompet dhuafa dibawah ini.

Apa Itu Dompet Dhuafa?

Dompet dhuafa sendiri adalah sebuah yayasan dengan jenis non-profit yang memiliki asas islam dengan misi sosialnya adalah dapat membantu mengatasi kesenjangan sosial serta pemberdayaan umat atau bisa disebut dengan Empowering People.

Anda sendiri dapat berperan menjadi seorang donatur, bisa itu dengan sumbangan langsung, secara wakaf, melakukan zakat, kurban, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan anda yang dikelola secara modern serta amanah.

Logo Dompet Dhuafa Vector

Logo dompet dhuafa sendiri adalah segitiga, dengan makna yang diasumsikan menjadi mata panah atau mengandung dua pengertian.

Logo Dompet Dhuafa PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Logo Dompet Dhuafa PNG – IfoxSoft.Com
Size : 105 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Pengertian perama dengan maksud ‘berburulah’ dana dari orang yang memiliki kelebihan tapi tetap harus  menjaga norma serta etika, yang kedua yaitu ‘berburulah’ sampai ke pelosok berbagai orang dhuafa yang memang layak untuk diberdayakan, ditolong serta disejahterakan.

Program Dompet Dhuafa

Ada beberapa program yang dilaksanakan dompet dhuafa, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Program Sosial

Keutamaan program dalam layanan sosial ini adalah pada mengoptimalisasi dana zakat dengan selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada mustahik serta kepada masalah keumatan. Dengan kegiatan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan basic masyarakat tersebut.

Terutama dalam sektor kebencanaan, tentunya dompet dhuafa sendiri akan selalu mengupayakan respon yang cepat untuk hadir di medan bencana.

  1. Program Kesehatan

Sejak tahun 2001, Dompet dhuafa sendiri telah  melakukan peran dalam bidang kesehatan untuk selalu melayani keluarga dhuafa. Dengan program Layanan Kesehatan secara Cuma-Cuma atau biasa disebut LKC, berbagai intervensi telah hadir, mau itu dengan sifat promotif, preventif, sampai kuratif.

LKC sendiri telah memberikan beragam akses layanan kesehatan yang sangat optimal dan tentunya layak secara tidak berbayar untuk kaum dhuafa.

LKC sendiri juga telah melayani berbagai pasien dhuafa yang memang membutuhkan rawat inap, pelayanan secara spesialistik, sampai tindakan operatif.

  1. Program Dakwah dan Budaya

Dalam program Dakwah dan Budaya ini, Dompet dhuafa berharap dapat membuka gerbang agar bisa lebih menguatkan di bidang literasi pemahaman islam masyarakat, terutama dalam pelosok negeri, dan juga merawat keberagaman budaya bangsa.

Mengingat negeri ini sendiri menjadi salah satu gerbang dalam masuknya Islam di Nusantara, Sehingga islam yang Rahmatan Lil Alamin dapat terus meluas menggunakan pemahaman terbaik untuk masyarakat.

  1. Program Pendidikan

Sebagai salah satu usaha agar dapat memutus rantai kemiskinan, Dompet Dhuafa sendiri telah menghadirkan beragam program pendidikan yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat prasejahtera dan dhuafa.

Langkah ini dilakukan dengan wujud pendidikan dengan jenis formal, informal, sampai kelas vokasi.

Dengan mimpi agar dimasa depan dapat mencetak banyak insan intelektual yang bisa membangkitkan atau mengangkat keberdayaan dari keluarga mereka.

Karena tentunya dengan insan yang sangat berpendidikan, tentu generasi baru dapat menjadi pemutus masalah ekonomi dari keluarga pra sejahtera dan dhuafa.

  1. Program Ekonomi

Program Ekonomi dari Dompet Dhuafa sendiri telah ditunjukkan agar dapat mengangkat harkat hidup dari dhuafa, mustahik, sampai semua masyarakat prasejahtera dengan menjunjung orientasi peningkatan penghasilan mereka.

Dari program ini, donatur mengharapkan jika para mustahik mempunyai pengetahuan mengenai usaha, mengakses moda, meminimalkan berbagai resiko, mengelola pasar, usaha, sampai dapat mengendalikan aset ekonomi.

Pendiri Dompet Dhuafa

Terdapat 4 pendiri dari layanan Dompet dhuafa ini, yaitu bernama Haidar Bagir, Sinansari E., Erie Sudewo, serta Parni Hadi.

Sejarah Dompet Dhuafa

Pada 2 Juli 1993, pada rubrik dalam Harian Umum Republika, salah satu tajuk dengan nama Dompet Dhuafa ini dibuka. Halaman ini pun mengundang pembaca untuk dapat melakukan gerakan peduli tersebut.

Yang kemudian rubrik di Republika ini pun semakin berjalan efektif dalam pengumpulan dana zakat serta donasi dari pembaca. Tanggal inilah yang sekarang telah menjadi hari jadi dari Yayasan Dompet Dhuafa ini.

Kemudian pada 14 September 1994, Dompet dhuafa dengan logo dompet dhuafa pun memisahkan diri dari Harian Umum Republika dan didirikan menjadi Yayasan Dompet Dhuafa dihadapan notaris dengan 4 orang pendirinya.

Apakah Dompet Dhuafa Terpercaya

Tentunya dompet dhuafa sendiri sudah terpercaya menjadi yayasan dalam membantu semua masyarakat dhuafa di Indonesia.

Visi Misi Dompet Dhuafa

  • Visi:

Untuk dapat mewujudkan masyarakat yang berdaya dengan berbagai pembelaan, pelayanan, sampai pemberdayaan yang memiliki basis dalam sistem dengan keadilan.

  • Misi:

  1. Meningkatkan adanya partisipasi dalam derma masyarakat serta dukungan sumber daya dalam pemberdayaan
  2. Dapat membangun tinggi nilai-nilai kemandirian serta kemanusiaan
  3. Dapat selalu mendorong sinergi pada program serta jaringan dalam organisasi di pemberdayaan masyarakat secara global
  4. Dapat mengembangkan zakat menjadi alternatif untuk pengentasan adanya kemiskinan
  5. Dapat Menumbuhkan dan mendayagunakan beragam aset masyarakat dengan ekonomi yang berkeadilan

Struktur Organisasi Dompet Dhuafa

Untuk struktur organisasinya yaitu,

  • Dewan Pembina: Parni Hadi
  • Ketua Dewan Pengurus 1: Jamil Azzaini
  • Ketua Dewan Pengurus 2: Rahmad Riyadi
  • Ketua Dewan Pengurus 3: Prof. Dr. Amin Suma, SH, MA, MM
  • Dewan Direksi: Bambang Suherman, Etika Setiawati, Ahmad Shonhaji, Prima Hadi P.

Tentunya dengan berbagai informasi diatas termasuk informasi mengenai logo dompet dhuafa, diharapkan yayasan dompet dhuafa bisa terus berkembang dan dapat terus memajukan kehidupan dari masyarakat dhuafa di Indonesia di masa depan.