Elpiji atau LPG merupakan sumber bahan bakar yang lazim digunakan untuk kehidupan sehari hari. Liquified Petroleum Gas atau gas minyak cair merupakan kombinasi antara propana dan butana dengan sedikit kandungan etana dan pentana.

Mengenal lebih dekat tentang bahan bakar ini dapat dimulai dari logo elpiji png hingga sifat kimianya ketika digunakan sebagai bahan bakar.

Pengertian Gas Elpiji

Elpiji atau gas minyak cair merupakan bahan bakar gas yang diubah bentuknya menjadi cair. Metode ini dilakukan dengan tujuan kemudahan pengemasan gas agar lebih mudah didistribusikan dan digunakan.

Perubahan bentuk ini terjadi karena gas minyak dilakukan penurunan suhu dan peningkatan tekanan gas.

Logo Elpiji PNG

Produk elpiji dari Pertamina yang diedarkan untuk masyarakat umum memiliki beberapa format kemasan. Kemasan berupa tabung tersebut memiliki tiga varian berupa tabung 12 kg, 5 kg dan 3 kg.

Logo Elpiji PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Logo Elpiji PNG – IfoxSoft.Com
Size : 
99 Kb
Format : 
PNG
Download :
Google Drive

Setiap tabung memiliki logo elpiji yang sama berupa tulisan ELPIJI pada bagian bawah dan bentuk api pada bagian atasnya. Format logo elpiji png menjadi format digital logo yang memiliki ukuran kecil dengan kualitas resolusi baik.

Sifat Kimia yang Menyebabkan Gas Elpiji Dimanfaatkan Sebagai Bahan Bakar di Rumah Tangga adalah

Salah satu alasan pengguna elpiji sebagai sumber bahan bakar di tingkat rumah tangga adalah sifat kimia yang dimiliki. Sifat kimia ini yang paling utama adalah mudah terbakar.

Sifat kimia lain yang membuat elpiji ideal sebagai bahan bakar komersial adalah mudah dikemas dalam tabung bertekanan karena berubah menjadi cair ketika diturunkan suhu dan disimpan dalam kondisi bertekanan.

Gas Elpiji Digunakan Sebagai Sumber Energi Panas Sehingga Dapat Dimanfaatkan untuk

Elpiji dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk berbagai tujuan, mulai dari memasak makanan atau memanaskan air dalam penggunaan tingkat rumah tangga hingga digunakan untuk keperluan industri.

Gas epliji dapat digunakan sebagai sumber energi untuk oven pemanas hingga digunakan sebagai sumber bahan bakar pada sistem las besi.

Jelaskan Perubahan Energi pada Gas Elpiji saat Digunakan untuk Memasak

Elpiji memiliki kandungan energi kimia yang akan berubah menjadi panas ketika dinyalakan. Proses perubahan energi inilah yang terjadi ketika elpiji digunakan untuk memasak.

Selain itu juga terjadi perubahan wujud dari bentuk cair di dalam tabung menjadi gas ketika disalurkan keluar dan mengalami perubahan suhu menjadi suhu ruangan serta penurunan tekanan saat keluar dari tabung.

Syarat Jadi Agen Gas Elpiji

Sebagai bahan bakar yang menjadi kebutuhan masyarakat luas, elpiji diedarkan melalui agen – agen yang tersebar di berbagai tempat. Syarat untuk menjadi agen gas elpiji antara lain adalah :

  • Berbentuk badan usaha berupa koperasi, perseroan terbatas atau badan usaha lain.
  • Menyiapkan dokumen identitas pribadi dan badan usaha berupa KTP, akta pendirian badan usaha, npwp badan usaha, SIUP.
  • Dokumen bukti penguasaan lahan dan dokumen lahan serta IMB.
  • Bukti saldo rekening badan usaha.

Komponen Gas Elpiji yang Dipergunakan untuk Bahan Bakar Kompor adalah

Komponen isi gas elpiji yang terdiri dari beberapa jenis gas berupa propana (C3H8) dan butana (C4H10) sebagai kandungan utamanya. Selain itu juga terdapat sedikit kandungan hidrokarbon ringan lain seperti etana (C2H6) dan pentana (C5H12).

Cara Menghemat Pemakaian Gas Elpiji

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan gas elpiji seperti :

  • Atur nyala api sesuai dengan kebutuhan, hindari penggunaan api yang terlalu besar.
  • Matikan kompor begitu selesai memasak.
  • Matikan kran regulator ketika gas tidak digunakan.

Tanda Gas Elpiji Habis

Ketika gas yang ada di dalam tabung elpiji habis maka akan ditandai dengan nyala api yang semakin meredup dan akhirnya mati meski regulator tabung dan kompor dalam posisi mengalir atau menyala.

Pada penggunaan regulator yang dilengkapi dengan jarum penunjuk isi gas, jarum akan berada di posisi minimal atau paling kiri ketika gas habis.

Tinggi Tabung Gas Elpiji 15 kg

Salah satu kemasan elpiji berukuran besar yang dapat ditemukan adalah tabung dengan volume 12 kg, yang memiliki berat kosong tabung 15 kg. Spesifikasi ukuran tabung ini adalah diameter tabung 28 cm dan tinggi tabung 74 cm.

Itulah beberapa informasi penting mengenai gas elpiji, mulai dari logo elpiji png hingga kandungan gas yang ada di dalamnya hingga tips untuk menghemat penggunaan gas tersebut.