GMKI atau Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia merupakan gerakan kemahasiswaan yang diawali dengan berdirinya Christelijke Studenten Vereeniging op Java di Yogyakarta pada 28 Desember 1932.

Organisasi kemahasiswaan ini memiliki logo yang khas dan mudah dikenali. Logo gmki png menjadi salah satu logo format file yang banyak dicari karena fleksibilitas penggunaan dan kualitas gambarnya.

GMKI Adalah

GMKI adalah organisasi kemahasiswaan yang didirikan oleh para mahasiswa Kristen di Indonesia. Organisasi ini menjadi simpul aktivitas dan kegiatan mahasiswa Kristen yang memiliki jaringan hingga di tingkat nasional. Organisasi ini mulai menggunakan nama tersebut sejak 9 Februari 1950.

Singkatan GMKI

GMKI merupakan singkatan dari Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia. Gerakan ini merupakan wadah bagi mahasiswa Kristen dalam berorganisasi dan memberikan kontribusi dalam kehidupan kemasyarakatan di Indonesia.

Logo GMKI PNG

Logo GMKI PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Logo GMKI PNG – IfoxSoft.Com
Size : 
107 Kb
Format : 
PNG
Download :
Google Drive

Logo GMKI memiliki ciri utama berupa bentuk sebuah tameng dan tanda salib pada bagian tengahnya dengan kombinasi warna biru dan putih serta tulisan UT OMNES UNUM SINT pada sisi bawah tameng.

Format logo gmki png menjadi salah satu format yang banyak dicari karena memiliki ukuran yang kecil dengan tetap mempertahankan kualitas ketajaman piksel logo.

Pada Tahun Berapakah Asas GMKI Berubah Menjadi Pancasila

Organisasi GMKI diawali dengan terbentuknya Christelijke Studenten Vereeniging op Java ketika Indonesia masih dalam masa penjajahan Belanda. Organisasi GMKI baru secara resmi terbentuk dan menggunakan nama Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia pada tahun 1950.

Pada saat terbentuk, GMKI menjadikan Alkitab sebagai asas organisasi tersebut dan tercantum dalam Pasal 2 Anggaran Dasar GMKI.

Kemudian pada Kongrens GMKI XX di Palangkaraya pada tahun 1986, terhadi perubahan asas organisasi menjadi Pancasila. Perubahan ini didasari oleh Undang – undang Nomor 8 Tahun 1985 yang mengatur tentang organisasi kemasyarakatan yang wajin menjadikan Pancasila sebagai satu – satunya asas sebagai dasar kehidupan berbangsa, bernegara serta bermasyarakat.

Mars GMKI

GMKI memiliki lagu mars organisasi yang dikenal dengan Mars GMKI. Pecipta lagu mars organisasi ini tidak diketahui, akan tetapi notasi lagu ini pertama kali disusun oleh Catherina W Leimena.

Mars GMKI

Mahasiswa Kristen Semua

Ikutlah GMKI

Gerakan Kita Tuhan Yang Serta

Pada-Nya Kita Berbakti

Agar Bawa Terang Cinta-Nya

Dalam Dunia Mahasiswa

Biar Mereka T’rima Pada-Nya

Dan Hidup Berbahagia

Reff:

Hai, Dengarlah Suara-Nya

Memanggil Kamu

Ikutlah Menangkan Jiwa

Bagi Juru S’lamatmu

Kristuslah Yang Pimpin

Agar S’mua Satu Adanya

Ut Omnes Unum Sint

Itulah Amsal Kita

Apa Konstitusi GMKI

Konstitusi GMKI merupakan landasan hukum yang menjadi dasar dari aktivitas organisasi. Konstitusi GMKI antara lain terdiri dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga GMKI.

Selain itu juga terdapat Peraturan Organisasi GMKI dan statuta cabang yang menjadi landasan aturan mengenai pengelolaan GMKI sebagai sebuah organisasi sosial kemasyarakatan.

Tugas Anggota  GMKI

Anggota GMKI memiliki tugas yang tertuang dalam salah satu pasal misi organisasi berupa mengajak pada pengenalan Yesus Kristus selaku Tuhan dan Penebus serta mengajak untuk memperdalam iman sebagai bekal kehidupan dan pekerjaan sehari – hari.

Tujuan GMKI

GMKI sebagai sebuah organisasi kemahasiswaan memiliki tujuan untuk mengenalkan Tuhan Yesus sebagai Penebus dan mengajak seluruh umat untuk menjadikan bekal iman dalam kehidupan sehari – hari.

GMKI juga memiliki tujuan membina kesadaran mahasiswa sebagai warga gereja yang esa. Sebagai sebuah organisasi, GMKI juga bertujuan untuk mempersiapkan para pemimpin dan penggerak yang memiliki tanggung jawab untuk menjalankan peran di tengah masyarakat.

Peran dan Tanggung Jawab Anggota GMKI

Anggota GMKI memiliki peran dan tanggung jawab sebagai umat yang berjuang untuk mewujudkan keadilan, perdamaian dan kesejahteraan di tengah umat manusia dan alam semesta.

Visi Misi GMKI

 Visi GMKI :

Terwujudnya kedamaian, kesejahteraan, keadilan, kebenaran, keutuhan ciptaan dan demokrasi di Indonesia berdasarkan kasih.

Misi GMKI :

1. Mengajak mahasiswa dan warga perguruan tinggi lainnya kepada pengenalan akan Yesus Kristus selaku Tuhan dan Penebus dan memperdalam iman dalam kehidupan dan pekerjaan sehari-hari.

2. Membina kesadaran selaku warga gereja yang esa di tengah-tengah mahasiswa dan perguruan tinggi dalam kesaksian memperbaharui masyarakat, manusia dan gereja.

3. Mempersiapkan pemimpin dan penggerak yang ahli dan bertanggungjawab dengan menjalankan panggilan di tengah-tengah masyarakat, negara, gereja, perguruan tinggi dan mahasiswa, dan menjadi sarana bagi terwujudnya kesejahteraan, perdamaian, keadilan, kebenaran dan cinta kasih ditengah-tengah manusia dan alam semesta.

Itulah sedikit informasi mengenai Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia, mulai dari logo gmki png hingga visi dan misi organisasi kemahasiswaan tersebut.