Dalam masyarakat terdapat banyak organisasi, baik itu yang menaungi profesi atau kesamaan misi visi hingga kesamaan hobi dan lain sebagainya. Di Indonesia ada organisasi IGTKI lengkap dengan logonya. Bagaimana logo IGTKI, berikut ini pembahasannya.

Apa itu IGTKI

IGTKI adalah singkatan dari Ikatan Guru Taman Kanak- Kanak Indonesia IGTKI.

Apa itu IGTKI PGRI

PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia adalah pembina organisasi IGTKI, yang menaungi organisasi IGTKI.

Logo IGTKI Vector

IGTKI memiliki logonya dalam versi vektor yang bisa diunduh dengan secara gratis. Tersedia untuk file format CDR, dan AI, juga Encapsulated PostScript (EPS), dan CorelDraw (CDR), serta Adobe Illustrator (Ai) dan SVG, juga PNG HD, U tinggal pilih sesuai kebutuhannya.

Logo IGTKI PNG [IfoxSoft.Com]

 

File Name : Logo IGTKI PNG IfoxSoft.Com
Size : 515 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Bisa search di google atau mesin pencari yang lainnya.

Logo IGTKI

Sebagai suatu organisasi maka IGTKI memiliki logo. Berikut ini ciri khas dari logo IGTKI itu.

1. Bentuk

Logo IGTKI berbentuk Segi Lima

2. Kombinasi Warna

Kimbinadi warnanya ada Hitam, dan Kuning, juga Hijau, dan Merah serta Putih

3. Tulisan

Lalu yang juga menjadi ciri khas logo IGTKI itu adalah adanya tulisan yang berbunyi, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia

4. Lambang IGTKI PGRI

Pada logo IGTKI itu juga memuat lambang dari Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia. Terdapat gambar atau lukisan simbol sebagai berikut.

5. Lukisan Bunga Padma

Pertama ada gambar bunga padma pada logo IGTKI. Perlu diketahui bahwa bunga padma ini menjadi  bunga lambang atau simbol pendidikan. Ciri khas bunga padma lambang pendidikan ini adalah dengan adanya 5 buah lembar daun yang bermakna lambang pendidikan yang tak lepas dari asas lima sila pancasila.

6. Lukisan Bunga Yang Masih Kuncup

Lalu selain itu adapula gambar bunga kuncup dengan kelopaknya dan 2 lembar daun. Hal ini melambangkan kanak-kanak yang dalam bimbingan orang tua serta para guru.

7. Lukisan Padi

Kemudian ada juga gambar padi yang melambangkan kemakmuran. Sebagaimana salah satu tujuan organisasi IGTKI yakni agar para anggotanya bisa mencapai kemakmuran dan tidak terlantar dan hidup menderita, namun senantiasa tercukupi dan sejahtera.

8. Tulisan

Lalu ada tulisan melingkar dalam warna hitam di atas dasar berwarna putih, bertuliskan IKATAN GURU TAMAN KANAK-KANAK INDONESIA. Hal ini merupakan perlambang akan kesiapsiagaan untuk memelihara dan memberi pendidikan yang mantap.

Makna Warna Logo IGTKI

Logo IGTKI terdiri dari komposisi beberapa warna, yang masing-masing memiliki artinya sendiri-sendiri, sebagai berikut.

1. Hitam

Pertama ada warna hitam. Warna ini melambangkan Kemantapan, dan Keteguhan serta Kekekalan.

2. Kuning

Lalu ada warna kuning yang melambangkan Keluhuran yang bijaksana serta cendekia.

3. Hijau

Kemudian ada pula warna hijau yang melambangkan do’a, dan harapan serta kepercayaan.

4. Merah

Ada juga warna merah yang melambangkan keberanian yang gagah perkasa.

5. Putih

Ada pula warna putih yang melambangkan  Kesucian yang bersih tanpa pamrih.

6. Makna Secara Keseluruhan

Secara keseluruhan maka logo IGTKI itu memiliki arti bahwa anggota IGTKI PGRI yang bernaung di bawah lambang Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia tersebut selalu setia pada Pancasila dan hendaknya selalu memiliki watak dan sifat sebagai berikut.

1. Memiliki niatan suci, dan setia serta sepi ing pamrih rame ing gawe yaitu suci, dan setia serta tidak mengharap imbalan juga rajin bekerja

2. Ikhlas dan rela juga bijaksana serta cendekia.

3. Penuh bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

4. Selalu siaga dan berusaha menunaikan tugas sebaik mungkin dengan amalan yang bermanfaat, sehingga cita-cita luhur IGTKI yang dijiwai oleh keTuhanan Yang Maha Esa bisa tercapai dengan tidak meninggalkan unsur gotong-royong.

Apa itu Organisasi IGTKI

Organisasi IGTKI adalah merupakan suatu wadah dari perkumpulan para pendidik Taman Kanak-kanak (TK)  se Indonesia. Selain itu ada juga GOP TKI yakni Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia yang merupakan wadah para Penyelenggara TK seperti Aisyiyah, dan Muslimat Nahdlatul Ulama NU, dan Perwari, juga Wanita Indonesia, serta Taman siswa dan sebagainya.

Struktur organisasi IGTKI Ini hampir sama dengan GOP TKI. IGTKI terdiri dari Pembina, dan Dewan Pimpinan Pusat, serta Dewan Pimpinan Daerah, juga Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten Kota, serta Dewan Pimpinan Kecamatan.

Adapun pergantian kepengurusan IGTKI dilaksanakan tiap 5 tahun sekali, dengan Pertemuan anggota yang umumnya dilaksanakan saat Rapat Kerja Nasional yang diselenggarakan tiap tahun sekali.

Itulah yang dimaksud dengan logo IGTKI tersebut.