Islam merupakan suatu agama mayoritas di Indonesia, yang berarti sebagian besar masyarakat Indonesia memeluk agama Islam. Hal itu membuat pendidikan di Indonesia pun banyak yang berpilar kepada kurikulum ajaran Islam, yakni adanya Sekolah Islam Terpadu atau SIT di  berbagai wilayah di negeri ini.

Adapun pengertian dari sistem Sekolah Islam Terpadu yakni pendidikan yang mengajarkan Islam secara menyeluruh termasuk berbagai hal kehidupan yang diajarkan dalam agama Tauhid ini. Jadi bukan sekedar bisa membaca dan menghafal Al Qur’an saja, sekaligus mendidik generasi Islam di Indonesia menjalani perintah Allah Subhahana Wata’ala dan akhlak karimah yang dicontohkan oleh Rasulullah Sallahu Alaihi Wassalam, beserta Nabi-nabi dengan segala suri tauladannya.

Sekaligus juga dalam Sekolah Islam Terpadu memberikan pengajaran yang bersifat umum dan berlaku dalam kurikulum Indonesia. Seperti materi belajar mengenai sejarah dan kewarganegaraan Indonesia, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Bahasa asing lainnya, juga materi belajar pendidikan sosial dan budaya yang turut memberi kelengkapan di dalam pengajaran di sekolah-sekolah Islam Terpadu tersebut.

Demi mewujudkan pendidikan berbasis Islam yang benar sekaligus memiliki tenaga pengajar dan para guru sekaligus pemberdaya umat di Sekolah Islam Terpadu, maka dibentuklah sebuah Jaringan Sekolah Islam Terpadu atau yang dikenal dengan singkatan JSIT.

JSIT berarti organisasi pendidikan yang bersifat nirlaba, tidak mengambil keuntungan materi, melainkan bertujuan mulia sebagai penggerak dan pemberdayaan pendidikan di Indonesia. Juga ingin turut serta memajukan kegiatan bidang pengajaran dan pendidikan di Indonesia dengan basis kurikulum Islam yang sesuai ajaran Kitab Al Quran dan As Sunnah yang diimplementasikan di sekolah-sekolah Islam terpadu di Indonesia.

Logo JSIT

Logo JSIT ifoxsoftcom

File Name : Logo JSIT ifoxsoftcom
Size :
306 Kb
Format : 
PNG
Download :
Google Drive

Dengan adanya Organisasi JSIT ini diharapkan kurikulum pembelajaran di sekolah-sekolah Islam Terpadu di seluruh Indonesia bisa berkembang dan berjalan sesuai aturan yang sudah ditentukan, dan tidak melenceng ke ajaran yang dilarang di Indonesia. Ini merupakan visi dan misi mulia dari keberadaan JSIT Indonesia.

Adapun mengenai logo JSIT, melambangkan suatu arti dan makna yang sangat berarti. Logo JSIT sudah terdaftar dalam Depkumham dengan Nomor IDM000745560 tertanggal 19 Mei pada tahun 2020 sebagai merek paten.

Dari logo JSIT, kita akan melihat adanya tulisan “JSIT Indonesia” yang dicetak dengan model huruf Futura Bold Condensed BT dengan ukuran 27 berwarna biru berkode 262262.

Sedangkan moto atau tagline dari JSIT yang tercantum di logonya bertuliskan: “Empowering Islamic Schools” yang berarti Pemberdayaan Sekolah Islam yang dicetak dengan huruf miring dengan model huruf Mistral berukuran 24 dengan kode warna 262262.

Dari logo JSIT juga terdapat gambar selembar bulu berwarna hijau berkode 008B4B, 3 jejak bulan sabit berbaris berwarna emas berkode C99601, dan sebuah bayangan berwarna abu-abu lembut berkode warna D1D3D5.

Hingga kita dapat menangkap semangat yang membara dari JSIT guna berperan serta sebagai penggerak dan pemberdaya serta mengatur sistem pendidikan Islam di Indonesia secara baik, juga menghasilkan generasi Islam berakhlak sholeh dan bermanfaat buat agama sekaligus negara bangsa Indonesia.

Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia

Sekolah-sekolah Islam Terpadu yang ada di seluruh wilayah Indonesia sudah banyak yang tergabung dan berhimpun dalam JSIT Indonesia, atau organisasi pendidikan Islam bernama Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia. Sudah ada 2171 sekolah Islam Terpadu yang tergabung dalam JSIT, serta ada 40ribu lebih guru dan siswa/i yang dibina sebanyak lebih dari 400ribu orang.

Logo JSIT Indonesia

Seperti yang dijelaskan diatas mengenai logo JSIT, yang berarti pemberi semangat dan pemberdaya kurikulum pendidikan berbasis Islam di Indonesia secara baik dan benar, sesuai ajaran Islam dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di sistem pendidikan Indonesia.

Lirik Lagu Mars JSIT

Mari kita simak bagaimana mars JSIT yang begitu bersemangat dalam mendidik generasi Islam di Indonesia, yakni:

Ha ha ha ha 

Ha ha ha ha ha 

Ha ha ha ha 

Ha ha ha ha ha 

Dengan Berbekal Semangat Kami Melangkah 

Menjalin Ukhuwah dengan Tekad Membaja

Menuju Mutu Pendidikan Indonesia

Melahirkan Generasi Cerdas Mulia

Dengan Berbekal Semangat Kami Melangkah

Menjalin Ukhuwah dengan Tekad Membaja

Menuju Mutu Pendidikan Indonesia

Melahirkan Generasi Cerdas Mulia

Kami Jaringan Sekolah Islam Terpadu

Sambut Masa Depan Wajah Indonesia Baru

Bersama Tinggikan Martabat dan Citra Guru

Indonesia Pasti Maju

Disinilah Tempat Kami Berkarya

Menggapai Harapan Meraih Cita Cita

Sebagai Penggerak dan Pemberdaya Bangsa

Wujudkan Masyarakat Adil dan Sejahtera

Disinilah Tempat Kami Berkarya

Menggapai Harapan Meraih Cita Cita

Sebagai Penggerak dan Pemberdaya Bangsa

Wujudkan Masyarakat Adil dan Sejahtera

Kami Jaringan Sekolah Islam Terpadu

Bangkit Serentak Menyongsong Peradaban Baru

Bulatkan Tekad dan Cita Membangun Bangsa

Indonesia kan Berjaya

Kami Jaringan Sekolah Islam Terpadu

Bangkit Serentak Menyongsong Peradaban Baru

Bulatkan Tekad dan Cita Membangun Bangsa

Indonesia kan Berjaya

Indonesia kan Berjaya

Ha ha ha ha

Ha ha ha ha ha

Ha ha ha ha

Ha ha ha ha ha

Kurikulum JSIT Indonesia Lengkap

Kurikulum JSIT merupakan sebuah kurikulum yang mengkombinasikan dan menyatukan materi bahan belajar lokal dengan materi bahan pelajaran pendidikan Islam, ditambah dengan kurikulum kegiatan kepramukaan dan kurikulum keahlian.

Kurikulum JSIT dibuat khusus sebagai kurikulum belajar yang dikelola dan dibuat untuk sekolah-sekolah Islam Terpadu yang ada di wilayah Indonesia.

Demikian mengenai JSIT dan makna dalam dari logo JSIT, Semoga Bermanfaat.