Logo Kemendikbud PNG

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) merupakan kementerian yang bertugas untuk menyelenggarakan pemerintahan di bidang pendidikan dan kebudayaan. Kemendikbud memiliki tugas untuk melakukan perumusan dan penetapan kebijakan pendidikan di berbagai jenjang.

Berikut ini ulasan lengkap mengenai makna logo kemendikbud PNG dan informasi tentang kuota belajar gratis dari Kemendikbud.

Makna Logo Kemendikbud

Mungkin Anda telah mengetahui logo kemendikbud vector di berbagai media. Namun, apakah Anda telah tahu makna di balik logo tersebut? Jika Anda penasaran apa makna logo Kemendikbud, baca penjelasan berikut tentang makna bagian-bagian dalam logo tersebut.

Logo Kemendikbud PNG IfoxSoftCom

File Name : Logo Kemendikbud PNG IfoxSoftCom
Size : 188 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

  1. Bidang Segi Lima

Logo kemendikbud PNG ini berbentuk bidang segi lima yang berwarna biru. Hal ini menyimbolkan alam kehidupan Pancasila yang terdiri atas lima sila.

  1. Burung Garuda

Burung garuda di sini melambangkan sifat dinamis, berani, gagah perkasa, dan mandiri mengarungi angkasa yang luas. Jika Anda perhatikan, ekor sayap garuda itu berjumlah lima yang memiliki arti “satu kata pada perbuatan Pancasilais”.

  1. Semboyan Tut Wuri Handayani

Semboyan ini berasal dari Ki Hajar Dewantara yang merupakan tokoh penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Semboyan tersebut digunakan untuk menghormati dan menghargai perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam bidang pendidikan.

  1. Belencong Menyala

Belencong merupakan lampu khusus yang digunakan pada pagelaran wayang kulit. Belencong yang menyala ini menyimbolkan pendidikan yang terus hidup dan menerangi generasi bangsa.

  1. Buku

Buku melambangkan bahwa pendidikan merupakan sumber ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

  1. Warna putih, kuning emas, dan biru muda dalam logo kemendikbud PNG

Warna putih melambangan kecusian, bersih, dan tanpa pamrih. Warna kuning emas melambangkan keagungan dan keluhuran. Warna biru muda melambangkan pengabdian yang tak pernah putus dengan pandangan hidup berdasarkan Pancasila.

Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud

Kuota gratis dari Kemendikbud ini tidak hanya digunakan untuk SMP terbaik di Indonesia menurut Kemendikbud atau SMA terbaik di Indonesia menurut Kemendikbud saja, tetapi dapat digunakan untuk seluruh pelajar di Indonesia dari berbagai institusi pendidikan. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kuota ini, yaitu:

  1. Melapor kepada operator atau pimpinan satuan pendidikan agar Anda dapat diusulkan dengan pengajuan SPTJM melalui link https://kuotadikti.kemendikbud.go.id untuk pendidikan tinggi atau link https://vervalponsel.data.kemendikbud.go.id untuk pendidikan PAUD, pendidikan dasar dan menengah.
  2. Pimpinan satuan pendidikan akan melakukan pemutakhiran data siswa atau mahasiswa, guru dan dosen, termasuk salah satunya yakni nomor telepon yang terdaftar dalam sistem data pokok pendidikan.
  3. Setelah mengetahui data terbaru, pimpinan satuan pendidikan akan mengirimkan SPTJM ke link di atas, dan Anda hanya perlu menunggu beberapa waktu hingga mendapatkan notifikasi SMS pengiriman kuota pada ponsel Anda.

Kegunaan Kuota Kemendikbud

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya perihal ini, sebenarnya kuota Kemendikbud untuk apa saja? Nah, perlu Anda ketahui bahwa kuota belajar ini tidak bisa digunakan untuk mengakses aplikasi secara sembarangan. Seperti namanya, kuota ini tentu hanya bisa digunakan pada aplikasi yang memang digunakan dalam proses pembelajaran, seperti Google, YouTube, WhatsApp, dan beberapa aplikasi belajar lainnya.

Ada pun beberapa aplikasi yang tidak dapat diakses oleh pelajar, seperti TikTok, Facebook, Instagram, dan aplikasi berisi permainan maupun media sosial lainnya. Hal ini ditujukan agar kuota ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pelajar untuk menunjang kegiatan belajar mereka.

Rincian Kuota Kemendikbud

Berdasarkan situs resmi Kemendikbud, kuota belajar ini memiliki rincian sebagai berikut.

  1. Paket kuota internet untuk peserta didik PAUD sebesar 20 GB per bulan, yakni 5 GB untuk kuota umum dan 15 GB untuk kuota belajar.
  2. Paket kuota internet untuk pelajar pendidikan dasar dan menengah sebesar 35 GB per bulan, yakni 5 GB untuk kuota umum dan 30 GB untuk kuota belajar.
  3. Paket kuota internet untuk dosen dan mahasiswa sebesar 50 GB per bulan, yakni 5 GB untuk kuota umum dan 45 GB untuk kuota belajar.

Daftar Aplikasi Belajar dari Kemendikbud

  1. Google Classroom
  2. WhatsApp
  3. Bahaso
  4. Ruang Guru
  5. Aminin
  6. Cakap
  7. Edmodo
  8. Microsoft Education
  9. Zenius
  10. Birru
  11. Ganeca Digital
  12. Quipper
  13. Rumah Belajar
  14. Udemy
  15. Eduka System
  16. Ayoblajar
  17. Mu
  18. Kipin School 4.0
  19. Duolingo

Itulah ulasan lengkap mengenai makna logo Kemendikbud PNG dan informasi seputar kuota Kemendikbud. Bagi Anda yang belum mendapatkan kuota, segera hubungi pihak sekolah atau perguruan tinggi dan manfaatkan fasilitas tersebut sebaik mungkin.