Anda pasti pernah mendengar tentang kota Palu, selain terkenal dengan kerajinan tenunnya, kota yang satu ini, juga terkenal dengan kerajinan kayu hitam dengan beragam bentuk unik dan menarik. Tapi apakah Anda mengetahui tentang logo kota Palu, dan hal hal lain tentang kota yang satu ini.

Sebelum membahas lebih dalam tentang logo kota Palu dan hal hal lainnya, ada baiknya jika Anda mengenal tentang kota Palu itu sendiri. Tidak lain adalah sebuah kota yang ada di tepi laut, yang terletak di Sulawesi Tengah.

Kawasan yang satu ini berbatasan langsung dengan kabupaten Donggala di sebelah Barat dan juga Utara, kabupaten Parigi Moutong di bagian Timur, kabupaten Sigi di bagian Selatan.

Sungai Yang Melintasi Kota Palu

Seperti halnya kota lainnya, Kota Palu juga mempunyai sungai, tepatnya sungai yang membelah kota Palu. Panjangnya sekitar 90 km, yang mengalir dari bagian tenggara ke barat laut. Adapun hulu dari sungai ini, ada di Pegunungan Kulawi yang ada di kabupaten Sigi.

Logo Kota Palu

Berikutnya adalah logo kota Palu, dimana logo tersebut terdiri atas beberapa gambar dengan arti yang berbeda, yaitu :

Logo Kota Palu PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Logo Kota Palu PNG – IfoxSoft.Com
Size : 175 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

  • Bintang bersudut lima, dengan warna kuning keemasan

Mempunyai arti rakyat kota Palu yang menjunjung tinggi serta mengamalkan nilai nilai yang ada pada Pancasila.

  • Untaian padi 27 butir dan rangkaian bunga kapas 9 buah

Melambangkan tanggal dan juga bulan lahir dari kota Palu.

  • Rumah adat Sou Raja, dengan warna coklat, dengan 12 tiang dan 10 anak tangga

Melambangkan tanggal dan bulan peresmian dari kotamadya daerah tingkat II Palu. Selain itu rumah adat tersebut sebagai tempat tinggal raja dan tempat musyawarah bagi para wakil rakyat.

  • Alur 2 garis lengkung dengan warna putih

Menggambarkan tentang kota Palu yang mempunyai beberapa sungai, lembah dan lokasi geografis dari kota yang diapit oleh 2 buah pegunungan.

  • Garis ombak berwarna biru muda, yang terdiri dari 7 dan 8 gelombang

Mempunyai arti tahun kelahiran kota Palu.

  • Garis vertikal warna hijau muda sebanyak 5 buah, dan pita warna putih dengan tulisan “MALIU NTINUVU”

Yang artinya kota Palu adalah daerah tingkat II, yang ke 5 di Sulawesi Tengah.

  • Garis Lurus Vertikal warna hitam

Menggambarkan tekad yang kuat, tegar dan kokoh dalam melakukan pembangunan.

  • Pita warna putih, dekat pada tangkai padi dan kapas, dengan tulisan “MALIU NTINUVU”

Artinya mempersatukan semua unsur atau potensi yang ada.

Kota Yang Hilang Di Palu

Sebenarnya tidak bisa disebut dengan kota yang hilang, namun lebih dikenal dengan kota gaib. Masyarakat kota Palu sendiri menyebutnya dengan kota Wentira, berasal dari kata Ngata Uwentira, atau kota tidak kasat mata.

Sementara lokasinya sendiri ada di pegunungan antara Palu dan juga kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Gempa Yang Terjadi Di Kota Palu Dan Donggala Termasuk Gempa

Jika ditarik secara garis besar, gempa yang terjadi di Palu dan Donggala tersebut adalah gempa Supershear. Dimana gempa yang satu ini adalah gempa yang mempunyai kecepatan gelombang geser seismic, dan kemudian menyebabkan ledakan seismic, atau dengan kata lain termasuk salah satu fenomena gempa yang cukup langka.

Palu Kota Apa

Adapun kota yang satu mempunyai beberapa julukan, mulai dari kota 5 dimensi, karena kota ini terdiri atas lembah, lautan, sungai teluk dan pegunungan. Selain itu, kota ini juga disebut sebagai “Mutiara Khatulistiwa” dimana julukan tersebut diperoleh dari Bung Karno yang berkunjung pada 10 Oktober 1957.

UMR Kota Palu

Besaran UMR atau UMK yang ada di kota Palu adalah sekitar Rp 2.000.000 hingga Rp 3.000.000.

Ibu Kota Palu

Palu sendiri adalah sebuah kota yang lokasinya di tepi laut, sekaligus ibukota dari provinsi Sulawesi Tengah.

Hari Ulang Tahun Kota Palu

Ulang tahun kota Palu sendiri diperingati setiap tanggal 27 September. Dimana hal tersebut merujuk pada penetapan kota Palu sebagai kota Administratif di tahun 1978.

Ultah Kota Palu

Walaupun diperingati pada tanggal 27 September, namun berdasarkan PP no 18 tahun 1978, pembentukan kota Administratif Palu sendiri, yaitu tanggal 1 Juli 1978.

Oleh Oleh Khas Kota Palu

Bertandang ke kota palu, pastinya tidak lengkap jika tidak membawa oleh oleh. Adapun oleh oleh khas dari Palu sendiri antara lain Coklat Banua, olahan Ikan Roa, olahan Daun Kelor, kue Bagea, sarung Donggala, dan juga kerajinan kayu hitam.

Tidak hanya mempunyai logo kota Palu yang unik, namun julukan, tanggal ulang tahun kota Palu juga terbilang unik. Jangan lupa beli oleh oleh khas Palu, ketika Anda mengunjungi kota dengan julukan 5 dimensi tersebut.