Pati menjadi salah satu kota kecil yang berada di daerah Pantura, Jawa Tengah. Meskipun kecil, namun kota ini menyimpan keunikannya sendiri yang bahkan tidak dimiliki oleh kota lainnya yang ada di Pulau Jawa. Salah satunya adalah logo Kota Pati  yang mempunyai arti tersendiri bagi masyarakat Pati khususnya.

Simbol Kota Pati

Simbol Kota Pati berupa keris rambut pinutung dan kuluk kanigara. Bentuk dan logo ini menyerupai perisai yang artinya digunakan sebagai bentuk perlindungan dan pertahanan.

Adanya bintang bersudut lima dengan warna kuning artinya adanya hasrat dari para masyarakat Pati dalam mengamalkan makna Pancasila, serta selalu bertaqwa pada Tuhan YME.

Kemudian ada rantai bulat dan persegi yang bermakna hasrat masyarakat Pati dalam menghayati kehidupan nya sepenuh hati.

Semboyan Kota Pati Jawa Tengah

Untuk semboyan Kota Pati sendiri dikenal dengan Bumi Mina Tani.

Artinya bahwa Kota Pati mempunyai area persawahan yang luas dan bisa dikatakan sebagai akronim atau singkatan dari kata Berdaya Upaya Menuju Identitas Makmur, Ideal, Normatif, Adil, Tertib, Aman, Nyaman dan Indah. Kata-kata tersebut akhirnya disingkat menjadi Bumi Mina Tani.

Logo Kota Pati

Logo Kota Pati PNG – ifoxsoft.com

File Name : Logo Kota Pati PNG – ifoxsoft.com
Size : 217 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Seperti yang disebutkan di atas jika logo Kota Pati mempunyai bentuk perisai yang artinya petahana. Ada juga bintang sudut lima dan rantai. Nah, logo Kota Pati sendiri masih menyimpan filsafat di baliknya, seperti kayu jati artinya sebagai kota menjadi penghasil kayu jati.

Ada pula pita merah artinya keberanian dan kesucian. Gambar pohon beringin artinya hasrat pengayoman dari pemerintah kabupaten Pati pada rakyatnya.

Kemudian ada pula gambar kepala banteng sebagai pemerintah daerah untuk melaksanakan kewajiban dalam menjunjung asas berdasarkan kepentingan rakyat.

Asal Usul Kota Pati Dalam Bahasa Jawa

Asal usul Kota Pati dalam bahasa jawa sendiri mempunyai makna yang sangat dalam. Berasal dari penguasa yang disebut Adipati yang kekuasaanya dikenal dengan sebutan kadipaten. Ada dua penguasa di zaman tersebut seperti kadipaten Paranggaruda dan Kadipaten Carangsoka.

Untuk mengembangkan pembangunan dan pusat pemerintahan, Raden Tambranegara memindahkan pusat pemerintahan yang sebelumnya di Kemiri menuju Pesantenan yang diganti menjadi Kadipaten Pati.

Jalan jalan di Kota Pati yang termasuk bagian dari jalan Anyer Panarukan adalah

Jalan Raya Pos dibangun sepanjang kira-kira lebih dari seribu kilometer di Pulau Jawa yang memang membentang luas dari Anyer hingga Panarukan. Jalan Pos Raya yang melewati Pati terbentang hingga Juwana sampai Rembang.

Menurut Penelitian, di Juwana lalu berlanjut hingga melewati Sungai Juwana sampai Rembang. Keberadaan jalan Pos Raya ini membuat Pati menjadi salah satu wilayah modern sebagai kota bisnis sekaligus pusat administrasi.

Kota Pati Sekarang

Meskipun sebagian besar wilayah Kota Pati ada di dataran rendah, namun ada beberapa wilayah Pati yang ada di lereng Gunung Muria. Hal tersebut membuat Kota Pati mempunyai beberapa destinasi wisata alam yang patut anda kunjungi seperti hutan pinus, air terjun, dan beberapa waduk yang ada di lereng pegunungan.

Kota Pati sendiri sekarang sudah dipadati dengan beberapa pusat perbelanjaan yang cukup besar dan banyak destinasi hiburan lainnya.

Kode Pos Kota Pati

Untuk kode pos sendiri bergantung pada daerah atau desa yang ada di Pati, seperti untuk Sukoharjo, kode posnya 59163, untuk Wangunrejo 59163 dan masih banyak lainnya.

Wisata di Kota Pati

Seperti yang sudah disebutkan di atas jika Pati mempunyai berbagai destinasi wisata yang indah, dari wisata alamnya hingga wisata religi. Untuk wisata alam seperti Air Terjun Grejengan Sewu, Air Terjun Tedunan dan masih banyak lainnya.

Tempat Wisata Kota Pati

Ada banyak wisata alam yang bisa anda kunjungi, namun ada pula wisata religi yang jangan anda lewatkan saat mengunjungi pati seperti Masjid Syekh Ahmad Mutamakkin, ada pula Petilasan Syekh Jangkung, dan lainnya.

Wisata Kota Pati Jawa Tengah

Anda bisa melakukan wisata alam sekaligus wisata religi. Bahkan anda juga bisa mendapatkan hiburan menarik di Kota Pati yang sudah ramai ini.

Makanan Khas Kota Pati Jawa Tengah

Ada banyak kuliner dari Kota Pati, salah satunya Nasi Gandul yang menyajikan daging dan jeroan sapi dengan guyuran kuah yang nikmat. Ada pula Sego tewel atau sayur nangka yang dilapisi dengan daun pisang atau jati. Selain banyak keunikan dari tempatnya, ternyata Pati juga mempunyai logo Kota Pati yang unik.