Apakah disini Anda sedang mencari logo nahdlatul ulama HD? Seperti sudah kita ketahui Nahdlatul Ulama atau lebih dikenal dengan sebutan NU merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia. Sejak awal berdirinya ternyata mempunyai peran sekaligus kontribusi terhadap pembangunan dan selalu terlihat dari waktu ke waktu.

Tidak sampai disitu saja, peran dari NU di berbagai bidang kehidupan sekaligus keterlibatannya di ranah politik ternyata membuatnya semakin banyak dikenal dan diperhitungkan di mata masyarakat. Untuk anda yang ingin mengenalnya, maka bisa menyimak ulasan berikut.

Berdirinya Nahdlatul Ulama

Di tahun 2022, NU sendiri sudah menginjak usia ke 96 tahun. Berdasarkan dengan laman NU Online, Nahdlatul Ulama (NU) ternyata telah berdiri pada 31 Januari 1926 silam atau bertepatan pada 16 Rajab 1344 Hijriah. Agar semakin mengenal organisasi islam satu ini maka penting untuk mengetahui bagaimana sejarahnya.

Sejarah Lahirnya Nahdlatul Ulama

Sejarah dari NU sendiri digagas oleh para kiai dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Madura ketika sedang melakukan pertemuan di rumah KH Abdul Wahab Hasbullah di Surabaya. Pertemuan itulah ternyata digagas oleh beberapa orang seperti KH. Abdul Wahab Hasbullah dan KH. Hasyim Asy’ari.

Lahirnya Nahdlatul Ulama ini ternyata merupakan sebuah respon terhadap berbagai macam permasalahan agama, kebangsaan sosial masyarakat serta meneguhkan mazhab.

Sebelum NU terbentuk, KH Abdul Wahab sebenarnya sudah pernah mendirikan organisasi dengan nama Nahdlatul Wathon dimana mempunyai arti kebangkitan Tanah Air pada 1916 silam.

Kehadirannya berkembang cukup pesat hingga mempunyai madrasah serta Gedung di Surabaya. Selain itu telah mempunyai beberapa cabang di Malang, Gresik, Jombang, Semarang dan Masih banyak lagi. Selain itu, Beliau juga mendirikan Nahdlatul  Tujjar atau Kebangkitan Para Pedagang di tahun 1918.

Sesudah muncul beberapa organisasi itulah akhirnya memunculkan inisiatif buat menggabungkannya dengan tujuan agar organisasi lebih kuat sekaligus cakupannya lebih luas. Akhirnya disepakati berdirinya Nahdlatul Ulama atau kebangkitan para ulama dan KH Hasyim Asy’ari dipercaya sebagai Rais Akbar.

Bisa dibilang bahwa NU sendiri merupakan lanjutan dari komunitas atau organisasi yang telah berdiri sebelumnya tetapi cakupan serta segmennya jauh lebih luas.

Hingga 96 tahun berdiri itulah, NU sudah berkembang cukup pesat mulai dari pesantren, sekolah, rumah sakit hingga universitas yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air.

Berikut ini gambar logo nahdlatul ulama HD yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi.

Logo Nahdlatul Ulama HD PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Logo Nahdlatul Ulama HD PNG – IfoxSoft.Com
Size : 392 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

 

Logo NU Putih PNG HD : Google Drive

Situs Nahdlatul Ulama

https://nu.or.id

Bagaimana Peran Nahdlatul Ulama Pada Masa Reformasi

Di masa reformasi, Nahdlatul Ulama sendiri ternyata mempunyai peran yang sangat penting. Organisasi Islam terbesar di Indonesia itulah ternyata melebarkan focus aktivitasnya guna mendorong pemerintah supaya lebih akuntabel serta transparan.

Seperti sudah diketahui, masa reformasi sendiri menjadi tanda bahwa berakhirnya kekuasaan pemerintah order baru menjadi momen bagi NU untuk melakukan pembenahan diri. Mengingat selama rezim order baru berkuasa, maka NU cenderung dipinggirkan oleh para penguasaan pada saat itu.

Tidak hanya itu saja, ruang gerak mereka juga cenderung dibatasi terutama dalam hal aktivitas politik. Nah, di masa reformasi itulah menjadi peluang emas bagi NU dalam memainkan peran pentingnya di Indonesia. Terlebih lagi mereka juga mempunyai peran cukup penting dan tanggung jawab moral agar menjaga reformasi dapat berjalan kearah lebih tepat.

Tidak hanya itu saja, mereka juga berpendapat bahwa reformasi sebaiknya jangan pernah berhenti di tengah jalan sehingga dapat membentuk tatanan baru dalam kehidupan berbangsa sekaligus bernegara.

Organisasi Islam Nahdlatul Ulama Didirikan Oleh

KH Hasyim Asy’Ari dimana merupakan kakek dari mantan presiden Indonesia, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Tauhid Menurut Nahdlatul Ulama

Tauhid sendiri merupakan pengetahuan bahwa sesuatu itu saja. Sedangkan dalam agama mempunyai makna ilmu yang mengaji tentang penetapan aqidah keamanan dan menggunakan dalil-dalil yang meyakinkan.

Adapun belajar tauhid sendiri memang menjadi kewajiban agar dapat terhindar dari pengaruh aqidah menyeleweng dari kebenaran.

Nahdlatul ulama merupakan salah satu organisasi islam terbesar yang ada di Indonesia. Adapun kehadirannya mempunyai peran sangat penting termasuk juga dalam masa reformasi. Diatas adalah contoh logo nahdlatul ulama hd.