Pencak silat adalah sebuah seni bela diri tradisional yang berasal dari Nusantara. Seni bela diri yang satu ini sekarang sudah mulai banyak dikenal di berbagai penjuru dunia.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali perkumpulan pencak silat, salah satunya adalah Pagar Nusa yang dimiliki oleh Nahdlatul Ulama (NU). Kali ini kita akan membahas seluk beluk dari pencak silat pagar nusa, logo pagar nusa vector png dll.

Apa Itu Pagar Nusa ?

Pagar Nusa sendiri adalah sebuah olahraga pencak silat yang didirikan oleh organisasi besar NU.  Pagar Nusa ini sebenarnya mempunyai nama resmi yaitu Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPS-NU), lalu berubah menjadi Pencak Silat NU (PSNU).

Nama Pagar Nusa sendiri itu sendiri adalah singkatan dari Pagar NU dan juga Bangsa.

Logo Pagar Nusa Vector

Logo pagar nusa vector ini diciptakan oleh KH. Mujib Ridwan yang merupakan anak dari pencipta lambang NU KH. Ridwan Abdullah.

Logo Pagar Nusa Vector PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Logo Pagar Nusa Vector PNG – IfoxSoft.Com
Size : 170 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Pada logo pagar nusa ini di dominasi warna hijau dan putih dengan kurva segi lama dengan tiga garis tepi yang di dalamnya terdapat Lafadz Laa Ghaaliba Illa Billah yang melingkari bola dunia dengan senjata trisula di atasnya, 9 bintang.

10 Arti Lambang Pagar Nusa

Sebenarnya lambang dari pagar nusa ini memiliki banyak sekali arti, diantaranya adalah :

  1. Persaudaraan
  2. Keislaman
  3. Material dan Spiritual
  4. Idealis dan cita – cita yang tinggi
  5. Kemerdekaan
  6. Keadilan
  7. Persaudaraan
  8. Keseimbangan
  9. Persaudaraan.
  10. Kejujuran dan kebenaran

Makna Lambang Pagar Nusa

Berikut ini adalah a makna dari lambang atau logo pagar nusa :

Bingkai segi lima Rukun Islam dan asas Pancasila
Garis 3 dengan warna putih Imam, Islam dan Ihsan
Warna utama hijau Kesejahteran, kejujuran dan kesuburan
9 Bintang Induk organisasi yang dimiliki NU dan penghormatan kepada para walisanga dan merupakan angka yang paling terbesar
Trisula Lambang khusus dari pencak silat
Tulisan Arab Tidak ada kemenangan kecuali dari Allah SWT.

Arti Lambang Pagar Nusa Lengkap

Berdasarkan dari 10 arti lambang pagar nusa yang ada di atas dapat digabungkan menjadi pencak silat itu harus selalu mengutamakan keadilan, kejujuran, persaudaraan, kebenaran dan juga berdasarkan keislaman.

Selain itu harus bisa mencapai kemuliaan beserta tidak akan ada yang menang kecuali dari pertolongan Allah SWT.

Arti Simbol Tangan Pagar Nusa

Simbol tangan Pagar Nusa ini mempunyai arti “Hablum Minallah” (Hubungan makhluk dengan Allah SWT) dan “Hablum Minannas” (Hubungan baik antara manusia yang satu dengan lainnya).

Arti Sakral Pagar Nusa

Arti sakral Pagar Nusa yang berwarna hitam itu berarti menjalin silaturahmi, persaudaraan terutama di pencak silat pagar nusa dan umumnya untuk pencak silat yang ada di seluruh nusantara.

Desain kerah berdiri menunjukkan anggota dari Pagar Nusa harus benar – benar muslim dan dimanapun kita berada harus menunjukan bahwa seorang santri harus taat kepada para ulama. Kancing sebelah kiri memiliki makna yang sama dengan kerah berdiri tadi.

Sejarah Pencak Silat Pagar Nusa

Sejarah Pagar Nusa ini diawali dari hasil musyawarah 27 September 1985, oleh KH Suharbillah dan KH Mustofa Bisri yang menemukan KH Agus Maksum Jauhari maupun Gus Maksum (tokoh ilmu bela diri) untuk bisa berkumpul di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Jurus – jurus Pagar Nusa

Pagar Nusa setidaknya memiliki 9 jurus, bila nantinya hanya bisa hafal satu jurus tidak akan menjadi masalah.

Kata – kata Bijak Pendekar Pagar Nusa

Kata – kata bijak Pagar Nusa “Berbakti kepada nusa dan bangsa, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan”.

2 Pondok Pesantren yang Menjadi Sejarah Berdirinya Pagar Nusa

Dua pondok pesantren yang ada di Jawa Timur yang menjadi saksi berdirinya pencak silat Pagar Nusa ini adalah Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang dan Pondok Pesantren Lirboyo.

Artis indonesia yang Ikut Pencak Silat Pagar Nusa

Ada beberapa artis terkenal di Indonesia yang juga mengikuti pencak silat Pagar Nusa diantaranya, Iwan Fals, Rhoma Irama, Noe Letto dan Didi Kempot.

Itulah seluk beluk tentang makna logo pagar nusa vector dan sejarah yang ada di dalamnya. Pencak silat Pagar Nusa ini memang mempunyai tujuan untuk melatih kejujuran, menambah persaudaraan, idealis dan memiliki cita – cita yang tinggi dan tidak keluar dari kaidah dalam agama Islam.