Air minum merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi semua orang. Salah satu sumber untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dari PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum. Logo PDAM dari berbagai daerah di seluruh Indonesia berbeda – beda karena setiap daerah memiliki perusahaan yang dikelola sendiri.

PDAM itu Apa

PDAM merupakan perusahaan milik pemerintah daerah tertentu yang memiliki tugas spesifik berupa melayani kebutuhan air minum bagi warga daerah tersebut. Perusahaan daerah ini memanfaatkan sumber daya air setempat untuk diolah sebagai air minum dan didistribusikan kepada warga yang membutuhkan.

PDAM Singkatan Dari

PDAM merupakan singkatan atau kependekan dari Perusahaan Daerah Air Minum. Singkatan tersebut umumnya diikuti oleh nama daerah yang menunjukkan pemerintah daerah pemilik perusahaan air minum tersebut.

Logo PDAM

Logo PDAM setiap daerah berbeda – beda karena masing – masing tidak saling berkaitan mengingat setiap perusahaan tersebut merupakan milik dan dikelola oleh pemerintah daerah setempat. PDAM dari semua daerah dan perusahaan penyedia air minum lain memiliki organisasi nasional bernama PERPAMSI atau Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia.

Logo PDAM PNG IfoxSoftCom

File Name : Logo PDAM PNG IfoxSoftCom
Size : 111 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Logo PDAM PNG

Logo PDAM dalam format PNG untuk masing – masing daerah dapat dicari, salah satunya dengan membuka situs resmi Perusahaan Daerah Air Minum setempat atau membuka situs pemerintah daerah setempat.

Visi Misi PDAM

Setiap PDAM memiliki visi dan misi yang berbeda – beda. Akan tetapi pada umumnya memiliki visi memberikan pelayanan akan kebutuhan air minum bagi warga daerah setempat. Sedangkan untuk misi, umumnya memiliki fokus pada pelayanan yang baik dalam memberikan produk air minum berkualitas yang sehat, cukup secara kuantitas dan kontinyu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Golongan Air PDAM

Terdapat beberapa golongan yang membedakan kriteria pelanggan atau konsumen yang dilayani oleh PDAM. Secara umum golongan – golongan ini dibagi ke dalam beberapa golongan utama berikut :

  • Sosial yang meliputi rumah ibadah, kamar mandi umum, hidran umum, sekolah, panti asuhan, layanan kesehatan, organisasi sosial dan terminal air.
  • Non Niaga yang meliputi rumah tangga, instansi pemerintah dan kantor perwakilan asing.
  • Niaga yang meliputi konsumen Niaga Kecil seperti usaha mikro, umkm, koperasi. Konsumen Niaga Sedang seperti toko, perkantoran, BUMN, hotel, perguruan tinggi, rumah sakit swasta / klinik tipe D. Konsumen Niaga Besar yang meliputi mall, rumah sakit swasta tipe A – C, kolam renang, gedung pameran, restoran dan kantor bank.
  • Industri yang meliputi kategori industri kecil seperti kerajinan, konveksi, peternakan kecil dan industri kecil selain UMKM. Kategori industri besar meliputi pabrik, pertambangan dan peternakan besar.
  • Niaga khusus yang penetapan tarifnya berdasar kesepakatan khusus seperti pelabuhan dan bandara.

Cara Melihat Tagihan PDAM

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat tagihan PDAM dan membayarnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan transaksi ATM. Cara ini cukup mudah karena hampir semua bank terkemuka memiliki menu pembayaran tagihan PDAM setempat. Cukup dengan membuka menu transaksi lainnya, memilih membayar tagihan PDAM dan memasukkan nomor ID pelanggan maka besarnya tagihan bisa diketahui.

Cara Cek Tagihan PDAM Online Lewat HP

Ada beberapa cara untuk melihat tagihan PDAM milik pelanggan. Salah satunya adalah dengan membuka situs resmi PDAM setempat. Cara ini bisa dilakukan dengan membuka menu informasi tagihan dan memasukkan nomor ID pelanggan untuk melihat besarnya tagihan yang harus dibayar.

Cara Mengecek Tagihan PDAM Lewat HP

Cara lain untuk mengecek tagihan PDAM lewat hp adalah dengan menggunakan aplikasi marketplace. Hampir semua aplikasi marketplace sudah memiliki fitur layanan pembayaran tagihan PDAM. Cara ini bisa menjadi alternatif yang memudahkan mengecek tagihan sekaligus melakukan pembayaran.

Cara Mengecek Tagihan PDAM Bulan Sebelumnya

Cara mengetahui tagihan PDAM pada bulan sebelumnya bisa dilakukan dengan mengakses situs PDAM setempat. Buka menu tagihan dan masukkan nomor ID pelanggan, maka besarnya tagihan hingga 3 bulan sebelumnya akan terlihat.

Batas Pembayaran Air PDAM

Setiap bulannya, tagihan pembayaran PDAM akan jatuh tempo setiap tanggal 20. Karena alasan itulah pembayaran tagihan PDAM sebaiknya dilakukan sebelum tanggal tersebut.

Itulah beberapa hal penting terkait layanan kebutuhan air minum dari PDAM, mulai dari Logo PDAM yang berbeda – beda untuk tiap daerah hingga cara – cara melakukan pembayaran tagihan. Pelanggan PDAM sebaiknya menggunakan air secara hemat dan tidak terlambat melakukan pembayaran demi kemudahan bersama.