PNG merupakan format penyimpanan citra dengan metode pemadatan sehingga tidak menghilangkan bagian citra tersebut. Jadi, logo PGRI Png merupakan logo yang disimpan dengan format Png. Berikut penjelasan mengenai filosofi lengkap logo PGRI.

Apa itu PGRI?

PGRI adalah organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia yang berdiri sejak tahun 1945 tepatnya setelah 100 hari Indonesia merdeka. Organisasi ini beranggotakan guru, dosen, tenaga pendidik swasta maupun negeri di seluruh Indonesia.

Kepengurusan PGRI tersebar dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, desa dan sekolah. PGRI juga memiliki lembaga pendidikan mulai dari pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi.

Sebagai sebuah organisasi profesi, PGRI memiliki fungsi sebagai wadah kebersamaan dengan rasa kepedulian terhadap masing-masing anggota. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan beberapa hal berikut:

  1. Mewujudkan keberadaannya di lingkungan masyarakat
  2. Memperjuangkan segala aspirasi dan kepentingan profesi
  3. Menetapkan standar perilaku profesional
  4. Melindungi seluruh anggota
  5. Meningkatkan kualitas kesejahteraan
  6. Mengembangkan kualitas pribadi dan profesi

Logo PGRI

PGRI memiliki logo dengan bentuk dasar yang sangat umum yakni bulat. Logo organisasi tersebut juga didominasi oleh warna merah dan hijau. Anda bisa melihat gambar logo png PGRI dengan seksama untuk mengenali setiap komponennya.

Logo PGRI PNG IfoxSoftCom

File Name : Logo PGRI PNG IfoxSoftCom
Size : 1,41 Mb
Format : PNG
Download : Google Drive

Terdapat gambar obor atau pelita pada bagian tengah logo dan buku yang tersusun di bagian kiri dan kanan. Penjelasan mengenai makna logo PGRI  dapat disimak pada penjelasan selanjutnya.

Makna Logo PGRI

Bentuk lingkaran atau bulat yang digunakan sebagai logo PGRI png melambangkan cita-cita luhur serta pengabdian yang tulus terus menerus dari setiap anggotanya. Bagian pinggir lingkaran diberi warna merah yang melambangkan pengabdian dengan landasan kemurnian dan keberanian demi kepentingan rakyat.

Sementara tulisan Persatuan Guru Republik Indonesia diberi warna putih agar lebih kontras dengan melambangkan pengabdian seorang guru yang berlandaskan kesucian dan cinta kasih.

Paduan antara warna merah dan putih pada bagian pinggir melambangkan wujud dari pengabdian mereka bagi negara, nusa, bangsa dan tanah air Indonesia.

Pelita, obor atau suluh diberi warna kuning dengan corak 4 garis putih tegal disertai nyala apinya berwarna merah dengan posisi tegak. Makna suluh dasar warna kuning dengan 4 garis tegak melambangkan guru dengan perannya mendidik dan mengabdikan diri pada 4 jenjang pendidikan yakni, prasekolah, SD, SMP/SMA dan Perguruan Tinggi.

Sementara untuk nyala api dengan lima sinar merahnya melambangkan pancasila dan melambangkan semangat, cipta, rasa, karsa dan karya generasi. Buku yang mengapit suluh dengan posisi tegak dan mendatar diberi warna putih.

Hal itu melambangkan sumber ilmu yang memuat nilai moral, pengetahuan, keterampilan dan akhlak bagi lembaga prasekolah, dasar, menengah dan tinggi. Warna hijau pada bagian tengahnya melambangkan kemakmuran generasi.

Implementasi Logo Terhadap Peran PGRI

Keseluruhan elemen yang terdapat dalam logo PGRI memiliki makna bahwa guru Indonesia memberikan pengabdian yang suci serta tumbuh keberanian, keluhuran jiwa dan cinta kasih berdasarkan itikad dan kesadaran diri. Guru juga harus senantiasa menjalankan profesinya sesuai dengan darma bakti pada tanah air, negara, nusa dan bangsa sebagai pendidik budi, cipta, rasa, karsa dan karya generasi.

Tujuannya agar bangsa ini menjadi bangsa yang taat pancasila, bermoral, berilmu pengetahuan an memiliki keterampilan serta akhlak yang mulia. Hal itulah yang membuat peran PGRI dibutuhkan untuk menjadi penerang jalan pendidikan di Indonesia.

Cara Daftar Anggota PGRI

Langkah yang harus dilakukan untuk daftar anggota PGRI, yakni:

  1. Buka situs web resmi PGRI di pgri.or.id.
  2. Lanjut masuk ke menu Registrasi.
  3. Pilih salah satu menu selanjutnya tergantung kondisi Anda seperti Registrasi Anggota Baru, Update atau Mutasi.
  4. Isi formulir lengkap dengan benar.
  5. Setelah seluruh data dipastikan benar, lalu klik tombol Kirim.

Dasar Jati Diri PGRI

Dasar jati diri PGRI meliputi dasar historis, dasar ideologis politik dan sosiologi iptek. Tujuan dan fungsi jati diri adalah menegakkan keberadaan PGRI, tumbuhnya rasa bangga dan rasa ikut memiliki.

Tercapainya loyalitas, dedikasi, disiplin dengan kemampuan profesional yang tinggi dalam tugas pokok serta fungsinya. Memiliki kemampuan guna antisipasi setiap perubahan yang diakibatkan perkembangan masyarakat, teknologi dan ilmu.

Sekian penjelasan mengenai logo PGRI png dan beberapa hal terkait PGRI. Semoga bermanfaat.