Apakah ingin belajar serba – serbi seputar Posyandu? Ingin tahu perkembangan bentuk logo posyandu PNG? Anda akan dapat penjelasannya pada artikel ini. Berikut adalah bahasannya!

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda harus tahu apa itu Posyandu. Hal ini adalah program pemerintah untuk membantu menjaga kesehatan di masyarakat. Awalnya, program ini ditujukan untuk anak – anak, namun sekarang, cakupan layanannya sudah lebih banyak.

Macam – Macam Posyandu

Posyandu dapat dibedakan menjadi 4 jenis yang masing – masing memiliki bentuk layanan tersendiri. Berikut adalah penjelasannya:

1 Posyandu Pratama.

Posyandu ini adalah jenis yang paling rendah karena tidak tetap dan belum memiliki manajemen baik. Biasanya diadakan sebagai kegiatan social sebuah organisasi.

2 Posyandu Madya.

Posyandu ini diadakan paling tidak 8 kali per tahun dan memiliki 5 petugas tetap. Pelayanan yang di dapat di sini lebih fokus untuk selesaikan masalah kebutuhan gizi dan imunisasi.

3 Posyandu Purnama.

Jenis yang ini sudah rutin dilakukan lebih dari 8 kali setahun dan memiliki management yang lebih terpadu. Selain itu, ada program – program kesehatan khusus tersedia di sini, antara lain layanan KB, KIA, bantuan gizi dan juga imunisasi. Mereka bahkan menyediakan Dana Sehat juga.

4 Posyandu Mandiri.

Jenis ini adalah posyandu yang diadakan rutin tiap bulan dan bahkan tiap minggu. Biasanya berupa organisasi tetap dan dapat dihubungi sebagai layanan bantuan kesehatan masyarakat.

Memiliki banyak program layanan terpadu seperti posyandu lain tapi lebih intensif memberikannya. Mereka bahkan dapat memberi Dana Sehat dengan standard JPKM.

Pengertian Posyandu Balita

Posyandu memiliki arti sebagai wadah pemeliharaan kesehatan dari dan oleh masyarakat bagi masyarakat. Walaupun begitu, programnya memiliki assist dari pemerintah dengan tujuan mengurangi masalah kekurangan gizi pada anak, turunkan angka kematian ibu dan masalah kesehatan pada lansia.

Posyandu merupakan kepanjangan dari posyandu merupakan kependekan dari pos pelayanan terpadu.

Logo Posyandu PNG

Logo Posyandu PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Logo Posyandu PNG – IfoxSoft.Com
Size : 44 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Logo posyandu selalu berubah dari masa ke masa. Pada bentuk awal, logo ini berbentuk atap rumah (segitiga) yang mengayomi gambar siluet keluarga. Jadi ada bentuk ayah, ibu, anak laki – laki dan perempuan. Arti logo ini sebagai bentuk perlindungan akan kesehatan keluarga.

Logo Posyandu Terbaru

Tentu logo lama tersebut sudah tidak berlaku lagi sekarang karena tersedia upgrade logo posyandu PNG terbaru. Logo baru masih membentuk atap rumah, tapi dengan gambar membulat di bawah.

Di bawah rumah ada siluet keluarga yaitu ayah (gambar orang besar di sebelah kanan), ibu (gambar siluet di sebelah kiri) serta anak yang masih bayi di dekat ibu dan memiliki siluet biru.

Gambar ini menunjukan keluarga sama tapi dengan bentuk segitiga lebih besar. Bentuk segitiga besar ini sebagai tanda bahwa posyandu berusaha meningkatkan kesejahteraan kesehatan keluarga.

Tugas Posyandu

Tugas Posyandu umumnya adalah memeriksa masyarakat sekitar seputar layanan KB, imunisasi dan kesehatan anak serta lansia.

Tujuan Kegiatan Posyandu

Tujuan utama dari Posyandu adalah menunjang kesejahteraan masyarakat dari hal kecil tentang kesehatan.

Tugas Kader Posyandu Remaja

Kader Posyandu Remaja sama seperti Posyandu lain yaitu:

  • Melakukan pendaftaran
  • Menyelenggarakan layanan bantuan kesehatan ibu anak
  • Melakukan bimbingan dan sosialisasi kesehatan
  • Memberikan laporan kesehatan posyandu pada perangkat pemerintah terkait.

Apa Saja Kegiatan Posyandu Remaja

Kegiatan yang umumnya dilakukan adalah layanan KB, imunisasi dan kesehatan anak sampai lansia. Selain itu, kegiatan tambahan seperti pelayanan 17 Agustusan dan bahkan demo sosialisasi kesehatan juga dapat menjadi contoh.

Program Kerja Posyandu

Bentuk program kerja Posyandu umumnya meliputi:

  • Program kesehatan ibu hamil dan menyusui
  • Program kesehatan bayi dan balita
  • KB
  • Imunisasi
  • Pemantauan gizi bagi anak dan lansia
  • Bantuan kesehatan standar seperti tensi dan pengukuran darah tinggi.

Posyandu Merupakan Contoh Kegiatan Pembangunan Sosial Budaya

Jika dilihat, Posyandu merupakan contoh kegiatan masyarakat yang berdasarkan budaya gotong royong dan kesehatan.

Hal Apakah yang Ditawarkan dalam Iklan Posyandu Gelatik

Biasanya pada iklan Posyandu Gelatik ditawarkan layanan kesehatan, KB, Imunisasi dan pemeriksaan gizi demi tercapainya kesehatan masyarakat.

Siapakah Pihak yang Mengiklankan atau Menawarkan Jasa Posyandu

Pendorong program Posyandu adalah masyarakat sendiri. Namun tidak jarang, pemerintah juga mengiklankan dan mensosialisasikan program ini.

Alur Posyandu Balita

Alurnya biasanya mengikuti 5 tahap berikut:

  • Daftar
  • Penimbangan
  • Pengisian buku KMS
  • Penyuluhan
  • Pelayanan kesehatan tambahan oleh petugas.

Cara Membuat Makanan PMT Posyandu

Makanan PMT posyandu dapat dibuat dengan berbagai resep. Anda bisa coba cari informasi caranya di internet. Umumnya ada cara sederhana seperti pudding bubur kacang ijo yang berupa kacang ijo di blender lalu dibuat puding dengan dasar susu.

Namun ada juga resep yang lebih kompleks seperti nugget sayur atau bubur gurih steam sayur. Cob cek di platform seperti Cookpad, untuk inspirasi resep.

Menu Makanan Tambahan Balita di Posyandu

Di Posyandu selalu ada menu makanan tambahan bagi balita. Hal ini berupa makanan yang dibuat dengan pandangan nutrisi sebagai hal utama. Biasanya beda posyandu beda juga penyediaan makannya.

Manfaat Posyandu bagi Balita

Manfaatnya adalah memastikan balita memiliki kondisi kesehatan baik dan orang tua dapat himbauan tentang hal ini. Posyandu juga berikan arahan, bantuan nutrisi dengan PMT dan bahkan rekomendasi penyesuaian gizi  bagi balita.

Apa Saja Kegiatan Posyandu Ibu Hamil

Biasanya kegiatan ini terdiri dari pemantauan kesehatan si ibu, pemantauan kesehatan janin, sosialisasi seputar kesehatan ibu hamil, himbauan seputar ASI dan bahkan persiapan kelahiran.

Dari bahasan artikel ini, Anda sekarang sudah mengenal lebih dekat arti, manfaat dan tentunya bentuk logo posyandu PNG. Terima kasih sudah sempatkan waktu baca artikel ini dan semoga bahasan di atas berguna bagi Anda sekalian!