Setiap logo memiliki filosofi yang bermakna bagi lembaga, instansi, organisasi dan lain sebagainya. Begitu pula logo PPNI yang merupakan organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia. Logo mereka dilambangkan dengan lingkaran berisi segi lima, lampu lidah api lima cabang serta tulisan Persatuan Perawat Nasional Indonesia PPNI.

Apa itu PPNI?

PPNI didirikan pada 17 Maret 1974. Pencetusnya menyatakan bahwa tenaga keperawatan harus berada dalam organisasi profesi perawat Indonesia. Sebelumnya sudah ada beberapa organisasi keperawatan yang kemudian digabung menjadi PPNI. Organisasi ini berkomitmen memberikan perlindungan bagi masyarakat dan profesi keperawatan dengan menyusun RUU keperawatan.

Mereka telah tumbuh dalam organisasi yang mandi dan semakin mencapai kematangan sehingga memperkecil kesenjangan pelayanan kesehatan agar memudahkan masyarakat mendapatkan akses layanan kesehatan. Masyarakat juga diharap mendapatkan layanan kesehatan berkualitas.

Komposisi Warna Lambang PPNI

Lingkaran yang terdapat pada logo PPNI diwarnai dengan warna merah. Lalu dasar warna logo yang ada dalam lingkaran diwarnai dengan warna kuning emas. Dasar segi lima diwarnai dengan warna hijau tua. Sementara sisi segi lima diwarnai dengan warna putih.

Badan lampu berundak lima diwarnai dengan warna putih. Lidah api yang ada pada ujung lampu berundak diwarnai dengan warna merah. Terakhir warna huruf-hurufnya juga diwarnai putih agar lebih kontras. Seluruh warna tersebut tentu memiliki maknanya masing-masing sehingga berhasil melambangkan organisasi PPNI.

Logo PPNI PNG IfoxSoftCom

File Name : Logo PPNI PNG IfoxSoftCom
Size : 516 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Makna Komponen Lambang PPNI

Lingkaran lambang PPNI yang diwarnai dengan warna merah menunjukkan semangat persatuan dalam organisasi tersebut. Dasarnya yang berwarna kuning mas menunjukkan keluhuran jiwa dan cinta kasih. Segi lima sendiri menunjukkan anggota PPNI memiliki kepribadian pancasila.

Warna hijau tuanya bermakna kesejahteraan dalam organisasi. Lampu yang diberi warna putih menunjukkan identitas perawat. Lidah api yang bercabang lima dengan warna merah menunjukkan semangat pengabdian yang berlandaskan pancasila. Warna putih, baik pada tulisan dan sisi segi lima melambangkan kesucian.

Makna yang terkandung dalam logo PPNI atau Persatuan Perawat Nasional Indonesia adalah perawat yang hidup di Negara Republik Indonesia berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Mereka mengabdikan dirinya dalam lingkungan dan bidang keperawatan atau kesehatan bersama itikad dan kesadaran pengabdian yang suci.

Selain itu perawat yang telah bergabung dalam lingkungan keperawatan juga harus memiliki keluhuran jiwa dan cinta kasih. Mereka bersedia menunaikan dharma baktinya bagi negara, nusa dan bangsa Indonesia sekaligus kemaslahatan umat dunia.

Cara Mengecek Iuran PPNI

Sebagai anggota organisasi, Anda tentu sudah memiliki akses ke web resmi PPNI yakni www.ppni-inna.org.

  1. Kemudian klik Membership untuk langkah selanjutnya.
  2. Lalu login dengan NIRA dan Password Anda
  3. Jika belum mengetahuinya maka silakan hubungi pengurus DPK atau DPD sesuai wilayah masing-masing.
  4. Anda akan dibawa ke Halaman Utama Private Anggota.

Pilih Account Settings, lalu isi email yang benar dan masih aktif. Piluh Curriculum Vitae untuk mengisi data dengan benar dan lengkap. Apabila Anda sudah pernah melakukan langkah tersebut maka bisa dilewatkan saja. Pilih menu Data Virtual Account yang ada pada sebelah kiri. Selanjutnya pilih Tahun Iuran dan tekan tombol Create VA.

Lanjut periksa email yang Anda masukkan sebelumnya karena mereka akan mengirimkan virtual akun dan info penting lainnya. Lakukan pembayaran virtual account yang bisa melalui bank apapun dan ditujukan ke Bank BNI.

Daftar Anggota PPNI

Jika Anda belum terdaftar sebagai anggota PPNI, ikuti langkah pendaftaran berikut.

  1. Buka web resmi PPNi di ppni-inna.org lalu pilih Registrasi.
  2. Isilah semua data yang diminta sesuai format yang tersedia.
  3. Jika sudah diisi dengan benar maka lakukan konfirmasi pendaftaran tersebut melalui email aktif.
  4. Setelah diverifikasi, Anda akan memperoleh informasi terkait Verifikasi Pendaftaran dan Rincian Nomor Virtual Account Pembayaran via email.
  5. Pembayaran Virtual Account dapat dilakukan melalui bank apapun dengan tujuan ke Bank BNI.

Bagi anggota organisasi yang ingin memiliki SKP PPNI maka harus melakukan beberapa kegiatan, yakni praktik profesional, kegiatan ilmiah, pengembangan ilmu pengetahuan dan pengabdian kepada masyarakat. Ikuti seluruh aturan SKP PPNI agar prosesnya lebih cepat selesai.

Itulah penjelasan singkat seputar logo PPNI dan beberapa informasi organisasi tersebut. Semoga bermanfaat.