Salah satu Radio yang sudah ada sejak zaman kemerdekaan hingga saat ini adalah Radio Republik Indonesia. Tentu saja Anda sudah mengetahui hal ini dan mengenal Logo Radio Republik Indonesia yang sangat berciri khas. Berikut adalah fakta tentang Logo Radio Republik Indonesia yang belum Anda ketahui!

Radio Republik Indonesia Resmi Berdiri Pada Tanggal

Radio Republik Indonesia resmi berdiri pada tanggal 11 September, hampir sebulan setelah kemerdekaan Indonesia. Logo Radio Republik Indonesia yang saat ini Anda lihat tentu saja sudah mengalami beberapa kali perubahan.

Saat ini, Radio Republik Indonesia atau RRI menjadi media radio berita yang sudah menggunakan sistem digital sehingga dapat diakses dengan mudah melalui platform mana saja.

Hari Radio Republik Indonesia

Sama halnya dengan tanggal berdiri RRI, Hari Radio Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 11 September. Hal ini membuat Anda akan melihat ucapan-ucapan yang sangat hangat dari pejabat-pejabat dan instansi untuk Radio Republik Indonesia.

RRI sudah menemani masyarakat Indonesia sejak awal sehingga informasi yang ada bisa disampaikan dengan luas dan terpercaya. RRI juga mengikuti perkembangan zaman hingga saat ini.

Logo Radio Republik Indonesia PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Logo Radio Republik Indonesia PNG – IfoxSoft.Com
Size : 
98 Kb
Format : 
PNG
Download :
Google Drive

Radio Republik Indonesia Didirikan pada Tahun

Hal yang juga cukup banyak ditanyakan ketika melihat Logo Radio Republik Indonesia adalah tahun berdiri RRI. RRI berdiri sejak tahun 1945, dimana ketika Indonesia mendapatkan kemerdekaannya.

RRI bisa berdiri dikarenakan tokoh yang sudah aktif dalam mengoperasikan Radio di stasiun Jepang. Dengan adanya RRI, informasi yang ada dan harus diketahui oleh masyarakat Indonesia bisa tersebar secara mudah.

Ucapan Hari Radio Republik Indonesia

Ucapan Hari Radio Republik Indonesia akan Anda lihat ketika menjelang Hari Radio Republik Indonesia, dengan slogan Sekali di Udara, Tetap di Udara.

Slogan ini selalu ada di setiap ucapan Hari Radio Republik Indonesia dan menunjukkan bahwa RRI selalu bertahan di tengah keterbatasan dan juga era yang berubah-ubah.

Tokoh Pers yang Mendukung Pembentukan Radio Republik Indonesia

Tokoh-tokoh Pers pendukung Pembentukan RRI juga menjadi hal yang harus Anda ketahui ketika melihat Logo Radio Republik Indonesia. Pendiri RRI adalah Harto, Maladi, Abdulrahman Saleh, Soehardi, Adang Kadarusman, Soemarmadi, dan Soetarji Hadyolukita.

Kecakapan tokoh Pers tersebut dalam menggunakan alat ketika mengoperasikan radio Jepang membawa kemunculan pada Radio Republik Indonesia.

Sejarah Hari Radio Republik Indonesia

Sejarah RRI dimulai ketika Jepang memiliki stasiun Radio sejumlah 6 stasiun di 6 Kota, tokoh-tokoh yang sudah berkecimpung langsung dengan Radio Jepang mengadakan rapat utusan 6 radio di Rumah Adang Kadarusman di Jalan Menteng Dalam Jakarta.

Setelah rapat, terbentuk keputusan bahwa RRI resmi berdiri dengan ketua Abdulrahman Saleh. Perkembangan radio di Indonesia sendiri sudah ada sejak penjajahan Belanda.

Radio Republik Indonesia Diketuai Oleh

Ketua pertama RRI adalah Abdulrahman Saleh dan saat ini RRI memiliki Direktur Utama Hendrasmo yang dilantik untuk jabatan 2021-2026. RRI saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan transformasi dalam Pers digital.

Alamat Radio Republik Indonesia

Kantor pusat RRI berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 4-5, Gambi, Jakarta Pusat. Hal ini membuat banyak sekali yang mudah mengenali Kantor RRI karena pada ada daerah pusat. Logo Radio Republik Indonesia yang didominasi warna biru tua dengan Tulisan RRI membuat masyarakat mudah mengetahuinya.

Tujuan Utama Didirikannya Radio Republik Indonesia Adalah

Salah satu media komunikasi yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia pada tahun 1940-an hanya Radio. Hal ini tentu saja didukung dengan teknologi yang belum semaju saat ini.

Tujuan RRI didirikan adalah agar seluruh hal yang menjadi kabar baik atau buruk dan memiliki dampak secara langsung pada masyarakat bisa dibagikan atau diinformasikan dengan mudah. Bahkan saat itu, tidak semua masyarakat memiliki radio sehingga satu radio didengar secara bersama-sama.

Informasi di atas berkenaan dengan hal-hal yang harus Anda ketahui tentang Logo Radio Republik Indonesia hingga tujuan utama didirikan RRI akan membuat referensi Anda tentang perkembangan pers radio di Indonesia semakin luas. RRI bersama TVRI memiliki pengaruh yang sangat luas dalam perkembangan informasi dan juga pers, radio, dan broadcasting di Indonesia.