Logo STKIP PGRI Sumbar, STKIP menjadi salah satu sekolah tinggi di Sumatera Barat sebagai sekolah keguruan dan pendidikan yang kemudian secara resmi telah beralih menjadi Universitas STKIP PGRI sekarang.

Apakah Anda berencana untuk melanjutkan studi di jurusan pendidikan? Jika iya, STKIP PGRI bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Mengenal STKIP PGRI Sumatera Barat

STKIP merupakan Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan yang ada di Sumatera Barat. Sebagai salah satu jenjang pendidikan yang membuka empat program studi dengan jenjang program Sl/Akta IV yang menyiapkan guru yang berwenang penuh mengajar di tingkat SLTP dan SLTA dengan satu bidang studi.

Untuk alamat STKIP PGRI berada di Jalan Gunung Panggilun, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat 25111.

Selanjutnya pada portal STKIP PGRI Sumbar menjadi website utama dari STKIP PGRI untuk memudahkan setiap mahasiswa/i melakukan akses untuk jadwal kuliah, pendaftaran, maupun informasi penting yang lainnya.

Memahami Logo STKIP PGRI Sumatera Barat

Logo STKIP PGRI Sumbar PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Logo STKIP PGRI Sumbar PNG – IfoxSoft.Com
Size : 195 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Bagi Anda yang berencana melanjutkan pendidikan ke STKIP PGRI di Sumbar sebaiknya mengetahui makna dalam dari logo STKIP PGRI Sumbar ini adalah lambang segi lima yang melambangkan dasar negara Pancasila, dengan warna dasar biru tua yang melambangkan bendera Universitas PGRI Sumatera Barat.

Lalu pada gambar selanjutnya ada obor yang melambangkan penerangan dan semangat yang tidak kunjung padam, gonjong rumah gadang dan masjid melambangkan adat basandi syara’, buku melambangkan sebagai sumber ilmu pengetahuan yang digali dan dikembangkan.

Ada juga tungku tigo sajarangan yang berwarna merah kuning dan hitam melambangkan kesatuan dan persatuan yang kekal diantara tiga kekuatan penghulu, cerdik pandai  dan alim ulama.

Itulah makna dari logo STKIP PGRI yang Anda lihat, dengan perpaduan warna biru, kuning, merah, dan putih yang tegas.

Biaya Kuliah STKIP PGRI Sumatera Barat

Bagi Anda yang akan melakukan pendidikan di STKIP PGRI, harus mengetahui lebih dahulu mengenai biaya kuliah di sekolah tinggi ini, sehingga dapat melakukan persiapan untuk pendaftaran ulang ketika diterima.

Disini ada biaya kuliah dan rincian uang semester STKIP PGRI Sumbar, sesuai dengan jurusan masing-masing.

1. Prodi S1 Pendidikan Biologi, Fisika, dan informatika

SPP Rp 2.650.000/semester, dengan uang pengembangan Rp 2.000.000, orientasi dan jaket Rp 500.000, serta kemahasiswaan Rp 50.000.

2. Prodi S1 Pendidikan Sejarah, Bahasa Dan Sastra Indonesia, Ekonomi, Sosiologi, Bimbingan Konseling, Matematika, Geografi, IPS, PKN, serta Akuntansi

SPP Rp 2.550.000/semester, dengan uang pengembangan Rp 2.000.000, orientasi dan jaket Rp 500.000, serta kemahasiswaan Rp 50.000.

Untuk akreditasi STKIP PGRI Sumatera Barat di semua prodi Pendidikan tahun 2022/2023 adalah B, kecuali pada pendidikan sejarah yang sudah terakreditasi A. Selain itu, ada berbagai jurusan pendidikan yang dapat Anda pilih adalah sebagai berikut :

Jurusan Di STKIP PGRI Sumatera Barat

  1. Jurusan Ilmu Pendidikan

  • Program Studi Bimbingan dan Konseling
  1. Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Pendidikan)

  • Program Studi Pendidikan Matematika
  • Program Studi Pendidikan Biologi
  • Program Studi Pendidikan Fisika D. III/A IlI dan S1/A IV
  • Program Studi Kimia D.III/A lIl dan S1/A IV (Pendidikan)
  1. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Program Studi Pendidikan Sejarah
  • Program Studi Pendidikan Geografi
  • Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni
  • Program Studi Pendidikan Bahasa lnggris.

Berdasarkan izin Penyelenggaraan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi  No.1579/D/T/2008, tanggal 31 Desember 2008  STKIP PGRI Sumatera Barat mendapatkan izin membuka Program Studi baru yaitu :

Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang sampai sekarang sudah terakreditasi B.

Mengetahui Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat

Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat, dengan masa jabatan 2021-2025, menggantikan Dr. Hj Zusmelia, M.Si yang telah selesai dalam menjabat. Untuk itu, ketua STKIP PGRI Sumatera Barat saat ini adalah Prof Dr. H. Ansofino MSi.

Memiliki perencanaan kerja yang berfokus pada  perubahan bentuk STKIP PGRI Sumatera Barat untuk menuju ke  Universitas PGRI Sumatera Barat,  dengan meningkatkan akreditasi setiap program studi (prodi).