Saat menyaksikan upacara kemerdekaan, pastinya tidak bisa untuk tidak melihat keberadaan dari anggota TNI yang telah memberikan jasanya untuk menjaga kedaulatan RI.

Oleh karena itu, mengenal seperti apa logo TNI AL vector bisa menjadi sebuah upaya untuk menghargai jasa yang sudah mereka berikan. Simak penjelasan yang lebih dalam mengenai logo yang dimiliki oleh TNI AL (Angkatan Laut) serta apa saja urutan pangkat yang dimiliki seperti di bawah ini.

Tingkatan Pangkat TNI AL

Mungkin sudah banyak atau sering melihat seperti apa bentuk dari logo TNI AL vector yang ada. Selain itu, ada pula pangkat dari TNI AL yang perlu untuk diketahui.

Berikut merupakan tingkatan pangkat dari TNI AL diantaranya:

  1. Laksamana TNI
  2. Laksamana Madya (Laksdya ) TNI
  3. Laksamana Muda (Laksda) TNI
  4. Laksamana Pertama (Laksma) TNI
  5. Kolonel
  6. Letnan Kolonel
  7. Mayor
  8. Kapten
  9. Letnan Satu (Lettu)
  10. Letnan Dua (Letda)
  11. Pembantu Letnan Satu (Peltu)
  12. Pembantu Letnan Dua (Pelda)
  13. Sersan Mayor (Serma)
  14. Sersan Kepala (Serka)
  15. Sersan Satu (Sertu)
  16. Sersan Dua (Serda)
  17. Kopral Kepala (Kopka)
  18. Kopral Satu (Koptu)
  19. Kopral Dua (Kopda)
  20. Kelasi Kepala (KLK)
  21. Kelasi Satu (KLS)
  22. Kelasi Dua (KLD)

Logo TNI AL Vector

Logo TNI AL Vector PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Logo TNI AL Vector PNG – IfoxSoft.Com
Size :
377 Kb
Format : 
PNG
Download :
Google Drive

Mengenal logo TNI AL vector tidak hanya dengan bentuknya saja, tetapi juga mengetahui apa sebenarnya arti yang dimiliki dibalik dari logo satu ini. Perlu dipahami bahwa logo yang dimiliki oleh TNI AL memiliki tulisan Jalesveva Jaya Mahe yang memiliki arti yaitu “Di Laut Kita Jaya” dan slogan ini juga diambil dari bahasa Sanskerta.

Bagian dari lambang yang dimiliki oleh TNI AL berupa Garuda Pancasila, Jangkar, Rantai yang terlihat melilit pada bagian jangkar, padi di antara kapas, serta kapas yang menjadi lanbang dari sandang.

Cara Masuk TNI AL

Perlu untuk dipahami bahwa mengenal logo TNI AL vector ini juga perlu untuk dilakukan terlebih dahulu sebelum akhirnya mengikuti pelaksanaan seleksi untuk bisa masuk ke TNI AL.

Pendaftaran yang dibuka biasanya dilakukan secara online dan bisa untuk menggunakan website dari rekrutmen-tni.mil.id dan nantinya tinggal menyelesaikan proses pengisian formulir pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang sudah diberikan.

Setelah itu, nantinya pelaksanaan dari daftar ulang perlu untuk diselesaikan secara fisik dengan mendatangi secara langsung ke tempat pendaftaran yang tersedia dengan membawa persyaratan dokumen yang diperlukan serta formulir pendaftaran yang sudah diisi.

Baca juga : Logo TNI AU Vector

Syarat TNI AL

Mengetahui logo TNI AL vector menjadi hal penting saat akan mengikuti pendaftaran. Berikut syarat yang perlu untuk dipenuhi diantaranya:

  1. Merupakan seorang Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia paling tua yaitu 22 tahun dan minimal berusia 17 tahun 9 bulan saat dilaksanakannya pembukaan untuk menjalankan pendidikan pertama.
  3. Tidak pernah mengkonsumsi narkoba dan sehat secara jasmani maupun rohani.
  4. Tidak sedang dalam masa kehilangan hak untuk menjadi bagian dari prajurit berdasarkan keputusan yang dikeluarkan oleh pengadilan dengan kekuatan hukum yang tetap.
  5. Memiliki sikap yang baik dan tidak pernah melakukan hal kriminal yang dikeluarkan oleh pihak Polres setempat secara tertulis.
  6. Telah lulus dari pelaksanaan seleksi yang dijalankan oleh tim Panda maupun Panpus yang sudah ditunjuk dari Kasal.

Berapa Tahun Kenaikan Pangkat TNI AL

Perlu untuk dipahami terlebih dahulu bahwa agar bisa naik pangkat, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu diantaranya seperti kenaikan pangkat secara reguler, kenaikan pangkat karena penghargaan, dan kenaikan pangkat luar biasa.

Kenaikan pangkat luar biasa didapatkan oleh anggota TNI bagi mereka yang sudah memberikan jiwa raga dalam bertarung demi bangsa, sementara kenaikan pangkat penghargaan diberikan saat prajurit akan memasuki masa pensiun.

Untuk kenaikan pangkat secara reguler sesuai dengan lini masa masing-masing dan bisa membutuhkan waktu dari 4 sampai 6 tahun serta telah menempuh pendidikan tertentu agar memenuhi kenaikan pangkat ke tingkat yang lebih tinggi.

Itu tadi merupakan penjelasan mengenai logo TNI AL dan juga berbagai informasi lainnya yang berkaitan dengan TNI AL itu sendiri. Semoga informasi yang diberikan di atas bisa memberikan manfaat kepada para pembaca.