Kampus UGJ Cirebon atau lebih sering dikenal dengan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon merupakan salah satu perguruan tinggi yang terletak di Cirebon yang telah berganti nama.

UGJ berdiri pada tahun 1961 tepatnya pada bulan Januari dengan tujuan membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan sumber daya manusia melalui peran pendidikan.

Hal ini juga untuk meminimalisir masyarakat Cirebon untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang jauh di wilayahnya sehingga bisa lebih menghemat biaya untuk menunjang kehidupan.

Apa itu UGJ

Kampus UGJ Cirebon sebelumnya memiliki gedung kuliah yang tetap yang sebelumnya merupakan sebuah gedungs ekolah bernama SMA Garuda atau SMAN 2 Cirebon yang berada di naungan BAPERKI yang diambil alih oleh pemerintah karena pergerakan G. 30 S PKI.

Pada Saat awal berdiri UGJ hanya terdiri dari 2 fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi yang jumlahnya kurang lebih 300.

Kemudian pada tahun 1979 IKIP PGRI bergabung dengan UGJ sehingga UGJ menambah Fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Seiring berkembangnya waktu UGJ mengalami perkembangan dengan baik hingga saat ini UGJ berhasil menyediakan tingkatan pendidikan hingga S2 sehingga jumlah Fakultas yang ditawarkannya pun bertambah.

Jurusan yang Tersedia di UGJ Cirebon

seiring berjalannya waktu UGJ berhasil meningkatkan fasilitas dan pelayanannya mulai dari 2 Fakultas hingga berkembang menjadi berbagai fakultas dengan jenjang sampai S2.

Adapun jurusan tersebut diantaranya meliputi Prodi Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, Prodi Manajemen, Prodi Pendidikan bahasa dan Sastra, Prodi Agroteknologi dan Agribisnis, Prodi Teknik sipil, Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, dan lain sebagainya.

Jurusan di UGJ

Melalui perkembangan teknologi dan perkembangan digital saat ini Kampus UGJ Cirebon sudah berkembvang dengan pesat. Pasalnya sudah tersedia berbagai fakultas yang mumpuni yang bisa diambil menjadi pilihan bagi calon mahasiswa UGJ. Mulai dari jurusan SOSHUM hingga SAINTEK di UGJ.

Akreditasi Institusi UGJ Cirebon

Sebagai salah satu kampus yang berkembang dengan baik saat ini UGJ Cirebon berhasil meraih akreditasi A. Selain itu saat ini UGJ berhasil meraih peringkat yang cukup memuaskan sebagai Perguruan Tinggi Swasta.

Adapun peringkat tersebut adalah UGJ mendapat peringkat 119 dari 2153 PTN dan PTS, serta mendapatkan cluster 3 pemeringkatan berdasarkan kemendikbud pada 2020.

Portal Mahasiswa UGJ

Dengan adanya pemanfaatan teknologi saat ini Kampus UGJ Cirebon sudah memiliki keunggulan di sistem pendidikan salah staunya adalah e-learning yangs udah terintegrasi di PTS UGJ.

Sehingga Anda bisa melakukan aktivitas kontrak belajar melalui e-learning yang telah disediakan oleh UGJ melalui website

https://register.ugj.ac.id/

Logo UGJ Cirebon

Logo dari UGJ berbentuk segi lima yang berwarna biru muda dilengkapi dengan icon-icon tridharma perguruan tinggi. Diantaranya yaitu Matahari terbit, Padi dan kapas, Gelombang laut, Buku, dan perisai. Setiap icon dan lambing tersebut memiliki maknanya sendiri.

 Logo UGJ PNG – IfoxSoft.Com

File Name : Logo UGJ PNG – IfoxSoft.Com
Size : 833 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Lambang dari UGJ sendiri memiliki maknanya tersendiri mulai dari Matahari terbit yang melambangkan sumber kehidupan, cahaya kebahagiaan, hingga melambangkan pancaran jiwa manusia yang berilmu.

Sementara logo Gunung Jati menggambarkan tokoh terkenal yang menyebarkan agama Islam yaitu Sunan Gunung Djati yang dimakamkan di Astana Gunung Jati Cirebon.

Sementara itu untuk mkana lambing padi dan kapas adalah melambangkan kebutuhan pokok lahiriah manusia mengenai sandang dan pangan yang bermakna ilmu amaliah. Selain itu lambing gelombang laut menggambarkan bahwa laut merupakan bagian dari Cirebon sebagai pendukung berdirinya UGJ di Cirebon.

Kemudian untuk lambing buku memiliki makna pengetahuan tertulis, yang memberikan ciri khas setiap lembaga pendidikan. Sedangkan lambing segi lima melambangakan keutuhan Pancasila yang kuat dengan filsafat Negara dan bangsa.

Biaya Kuliah UGJ Cirebon

Dengan prestasi akreditasi A sebagai kampus Swasta dengan fakultas dan jurusan yang sudah banyak, untuk berkuliah di UGJ Cirebon tersedia biaya kuliah paling tinggi Rp 10 juta.

Biaya Kuliah UGJ

Sebagai PTS dengan Akreditasi A UGJ tidak memberikan UKT dengan biaya yang mahal, karena biaya UKT paling tinggi di UGJ adalah Rp 10 juta.

Biaya Kuliah FK

Untuk mendaftarkan diri di UGJ Cirebon dengan jurusan kedokteran Anda membutuhkan biaya sekitar 500 ribu. Sementara untuk biaya UkT FK di UGJ sekitar 10 Juta.

Alamat FK UGJ

Alamat Lengkap FK UGJ Cirebon di Gedung Kampus 4 Unswagati Jl. Taman Pemuda (Komplek Lapangan Bima), Kec. Kesambi Kota Cirebon.

Website UGJ Cirebon

Sementara untuk alamat website yang Ada Akses untuk mencari informasi UGJ adalah

https://ugj.ac.id/

Kurang lebih demikianlah informasi terkait Kampus UGJ Cirebon.