Kampus UPN Jogja atau juga sering disebut dengan Universitas Pembangunan Nasional jogja merupakan salah satu Universitas ternama di Jogjakarta karena kualitasnya memang sangat memuaskan.

Kampus ini terletak di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman Yogyakarta, pada saat awal didirikan UPN hanya memiliki 3 jurusan saja melalui perkembangan zaman hingga saat ini UPN berkembang dengan baik dan berhasil mendirikan 5 Fakultas yang terdiri dari 1 Program Studi D3, tersedia sebanyak 21 Prodi S1, tersedia juga 8 Prodi untuk S2, hingga saat ini UPN berhasil menyediakan 1 Prodi untuk tingkat S3.

Kampus UPN Jogja

Seperti yang kita ketahui bahwasanya Kampus UPN Jogja berawal dari suatu lembaga pendidikan tinggi yang didirikan atas prakarsa dari pahlawan pejuang kemerdekaan RI dengan nama akademik APN (Akademi Pembangunan Nasional) Veteran pada tanggal 2 Oktober 1958.

Hingga akhirnya APN berubah nama menjadi UPN Veteran pada tangan 30 Juli 1965.

Logo UPN Jogja

Adapun logo dari UPN Jogjakarta berbentuk segi lima cembung dengan warna dasar kuning yang menggunakan logo warna 255-255-0. Warna dan logo tersebut bermakna “Senantiasa berkembang mengikuti perkembangan tuntutan zaman dalam kiprah di dunia pendidikan”

Logo UPN Jogja PNG - IfoxSoft_Com

File Name : Logo UPN Jogja PNG – IfoxSoftCom
Size : 243 Kb
Format : PNG
Download : Google Drive

Kemudian makna dari lambang Bunga Melati dengan kode warna 255-255-255, mengandung makna kepribadian bangsa yang suci, bersih dan agung serta harum semerbak.

Sementara lima kelopak pada bunga Melati melambangkan kejiwaan pancasila, dan dua kelopak yang membuka pada Bunga Melati menandakan penuntutan ilmu serta membaktikan diri kepada masyarakat.

Nyala api yang berkobar melambangkan semangat yang tinggi dan pantang menyerah. Tumpuan nyala api melambangkan Tri Dharma perguruan tinggi dengan kode warna 0-0-0.

Semnetara pita dengan warna putih bermakna “menuntu ilmu unutk didarma bakti bagi pembangunan bakngsa”. Topi berwarna hijau melambangkan perwujudan Kampus UPN Jogja sebagai monument veteran

Baca juga : Logo UPN Veteran Yogyakarta

Universitas UPN Jogja

Saat ini Kampus UPN Jogja sudah berada di berbagai wilayah seperti Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, dan Jakarta. SEMENTARA ITU Jogjakarta menjadi kampus Utama dari UPN sementara UPN dengan wilayah yang berbeda merupakan cabang dari UPN Veteran

Akreditasi Institusi UPN Jogja

Berdasarkan Institusi saat ini Kampus UPN Jogja telah mendapatkan tingkat akreditasi B. Hal ini tentunya telah sesuai dengan ketentuan SK No 3614/SK BAN-PT/Akred/PT/X 2017 yang telah diterbitkan pada tahun 2017 dan berlaku hingga 10 Oktober tahun 2022.

Peringkat UPN Jogja

Kampus UPN Jogja memiliki tingkat peringkat yang cukup membanggakan, pasalnya UPN masuk daftar kampus terbaik di Jogjakarta bahkan hampir mencapai peringkat kampus terbaik di Indonesia hingga luar Negeri.

Hal ini tentunya patut menjadi kebanggaan karena sudah banyak cabang dari UPN di berbagai wilayah di Indonesia, itu Artinya UPN sudah dikenal baik dan berkualitas bagi Masyarakat Indonesia khususnya di bidang pendidikan

Website UPN Jogja

Melalui pemanfaatan teknologi saat ini Kampus UPN Jogja sudah memiliki keunggulan di bidang teknologi khususnya dalam hal untuk mengakses portal jurusan ataupun portal kampus. Karena Anda bisa melakukan aktivitas kontrak belajar melalui e-learning yang disediakan oleh UPN melalui website www.upnyk.ac.id

Syarat Masuk UPN Jogja

Pada dasarnya Kampus UPN Jogja memiliki persyaratan yang sama seperti kampus pada umumnya mulai dari Siswa lulusan dari SLTA hingga Setara dengan paket C. Wajib memiliki ijazah asal sekolah minimal dengan keterangan SKL yang telah disediakan oleh sekolah.

Biaya UPN Jogja

Sebagai Universita Swasta yang berkualitas terbaik Kampus UPN Jogja memiliki UKT termahal sekitar 10 jutaan. Namun demikian dengan UKT tersebut merupakan UKT dengan biaya murah daripada dengan kampus swasta lainnya.

Daya tampung UPN Jogja

Daya tampung mahasiswa Kampus UPN Jogja cenderung banyak karena untuk tingkatan SAINTEK daya tampung hampir sekitar rata-rata 75 hingga 120 untuk daya tampung 14 jurusan. Sementara untuk SOSHUM memiliki daya tampung 100 hingga 250 untuk 7 jurusan yang tersedia di UPN Jogjakarta.

Prospek Kerja Teknik Lingkungan UPN Jogja

Prospek kerja dari Alumni Kampus UPN Jogja memiliki sejarah yang menarik karena beberapa lulusan bisa memperoleh prospek kerja dengan baik.

Mulai dari BUMN, CPN hingga Company lokal yang sudah memiliki nama dengan pencapaian dan popularitas terbaik. Selain itu alumni dari UPN juga bisa bekerja sama di PT Unilever dengan kualitas dan gaji yang memuaskan.

Demikianlah mengenai informasi Kampus UPN Jogja, dengan mengenal UPN maka Anda lebih mantap untuk perimbangan dimana Anda akan melanjutkan pendidikan jenjang yang lebih tinggi lagi.